Cara Membersihkan Plastik Tua yang Menguning pada Komputer Retro dan Sistem Game

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernah memperhatikan bagaimana gadget lama Anda berubah warna menjadi kuning jelek sejak Anda membelinya? Mac lama, Commodores, sistem Nintendo, dan mesin lainnya terlihat mengerikan 30 tahun kemudian—tetapi ada cara untuk mencerahkannya kembali.

Mengapa Plastik Lama Menjadi Kuning (dan Bagaimana Anda Dapat Membuatnya Putih Kembali)

Penguningan ini terjadi karena nyala api penghambat yang disebut bromin dalam plastik ABS tua itu. Saat terkena sinar UV, molekul bromin tersebut dapat mengganggu kestabilan dan lintah ke permukaan, menyebabkan plastik menjadi kuning (atau bahkan coklat jika dibiarkan cukup lama). Plastik modern telah meningkatkan kimianya sehingga proses ini tidak terjadi, tetapi mesin lama dari tahun 80-an tidak begitu beruntung.

Mesin retro yang berbeda akan menguning dengan kecepatan yang berbeda dari yang lain, bahkan dari lini produk yang sama. Super Nintendo Anda mungkin jauh lebih kuning daripada milik teman Anda, hanya karena mereka berasal dari kelompok plastik yang berbeda. Inilah yang lebih aneh: terkadang, dua potong plastik di mesin yang sama bisa memiliki tingkat kuning yang berbeda. Super Nintendo yang akan kita gunakan sebagai contoh hari ini, terlihat di bawah, memiliki dasar yang jauh lebih kuning daripada bagian atas.

Slot kartrid menunjukkan warna SNES asli. Anda dapat melihat casing atas di sekitarnya telah menguning, dan casing bawah telah banyak menguning.

Beberapa tahun yang lalu, beberapa pengguna forum yang giat dan paham kimia menemukan bahwa hidrogen peroksida dapat membantu menghilangkan bromida bebas ini dari plastik, memulihkan aslinya warna putih. Sayangnya, ini tidak permanen, karena masih ada bromida bebas jauh di dalam plastik yang dapat muncul kembali setelah beberapa tahun. Selain itu, sebagian orang menganggap proses tersebut membuat plastik menjadi lebih rapuh dan rapuh. Tetapi jika Anda bersedia menerima gangguan itu, ini adalah cara yang bagus untuk membuat gadget retro Anda layak ditampilkan sekali lagi. Mereka membuat resep bahan dan menjuluki formula Retr0bright. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang itu di halaman Retr0bright asli, dan lebih banyak tentang sains di posting blog yang bagus tentang subjek ini.

Ada banyak panduan di luar sana, tetapi setelah mencobanya sendiri beberapa kali, kami menemukan bahwa—sementara sebagian besar panduan cukup baik (termasuk yang ditautkan di atas, dan video fantastis dari The 8-Bit Guy di YouTube)—mereka mengabaikan beberapa detail penting untuk membuat prosesnya semulus mungkin. Jadi hari ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghilangkan warna kuning pada gadget lama tersebut, menggunakan solusi super murah yang dapat Anda beli dalam botol.

Sejak pembuatan Retr0bright, banyak orang telah menemukan berbagai metode untuk meretr0brighting sistem mereka, dengan cara yang berbeda. keuntungan dan kerugian. Resep asli Retr0bright menggunakan larutan hidrogen peroksida 10% yang dicampur dengan beberapa bahan lain untuk memberikan konsistensi yang lebih lembut. Tetapi setelah beberapa saat, beberapa orang menemukan bahwa “resep” ini tidak diperlukan: Anda sudah dapat membeli larutan hidrogen peroksida krim dalam bentuk pengembang rambut (Orang 8-Bit menyebutnya “Retr0bright in a bottle”). Pergilah ke toko perlengkapan kecantikan mana pun dan mintalah 40 Volume Creme Developer dan Anda berbisnis cairan hidrogen peroksida alih-alih menggunakan krim (tidak lebih tinggi, atau Anda akan meningkatkan kemungkinan mekar dan goresan). Memang, ini lebih mudah (dan sedikit lebih kecil kemungkinannya menyebabkan goresan), tetapi lebih berbahaya, belum lagi mahal. Plus, itu tidak memberi Anda banyak kendali, karena semuanya akan tercakup — Anda tidak dapat menghindari label atau huruf lainnya. Selama Anda mengikuti instruksi kami untuk surat itu, krim akan bekerja dengan baik, dengan goresan minimal.

Selain dari Retr0bright pilihan Anda, Anda hanya memerlukan beberapa hal lain:

Sarung tangan karet: Saya sangat merekomendasikan semacam penutup tangan, karena Anda tidak benar-benar ingin mendapatkan barang ini di kulit Anda, karena akan memberi Anda luka bakar kimia yang bagus. Anda bisa mendapatkannya dari toko peralatan kecantikan juga jika Anda belum memilikinya. Kacamata pengaman: Anda harus benar-benar memakai semacam penutup mata pelindung, karena Anda pasti tidak ingin benda ini masuk ke mata Anda, karena itu bisa membutakanmu. (Serius, jangan lewati ini!) Kuas cat atau kuas warna: Anda juga membutuhkan kuas untuk mengaplikasikan krim. Kuas cat lama bisa digunakan, tetapi Anda juga bisa membeli kuas cat warna seharga satu atau dua dolar bersama dengan pengembang di toko perlengkapan kecantikan—itulah yang saya lakukan. Bungkus lekat: Anda memerlukan ini untuk mencegah krim menguap, yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang rata. Alkohol gosok: Anda harus membersihkan plastik sebelum Anda mencerahkannya kembali. Perangkat yang relatif bersih mungkin hanya membutuhkan air dan lap, tetapi alkohol yang didenaturasi atau isopropil agak berguna untuk menghilangkan bekas goresan dan kotoran yang lebih keras. Obeng (dan alat lain yang diperlukan): Terakhir, Anda mungkin memerlukan obeng untuk membongkar gadget Anda, bersama dengan alat lain yang diperlukan (misalnya, beberapa sistem Nintendo memerlukan sedikit khusus untuk membukanya). Saya juga menggunakan nampan sekrup magnetik untuk mengatur semua sekrup kecil itu, tapi itu opsional. Bola lampu UV (opsional): Jika Anda memiliki ruang, dan tidak ingin meninggalkannya di bawah sinar matahari (yang membutuhkan lebih banyak perhatian untuk menghindari goresan), Anda dapat menggunakan sinar UV di ruangan terpisah. Saya sendiri tidak memilih metode ini, tetapi saya telah mendengar banyak hal baik tentangnya.

Setelah Anda mendapatkan semuanya di satu tempat, bacalah petunjuk di bawah ini dengan cermat sebelum Anda memulai.

Langkah Pertama: Bongkar Perangkat Keras Anda

Jika sama sekali mungkin, kami sangat menyarankan untuk membongkar perangkat yang bersangkutan sebelum Anda mulai membersihkan dan Retr0brighting. Idealnya, Anda akan memecahnya menjadi hanya bagian plastik yang ingin Anda bersihkan, dengan semua bagian logam dan sirkuit disisihkan. Ini akan membuat pembersihan lebih mudah (karena Anda dapat menyemprotnya), dan menghindari masalah dengan Retr0bright yang merusak internal.

Proses ini akan berbeda tergantung pada apa yang Anda bongkar, jadi buka YouTube untuk video “teardown” dari gadget spesifik Anda—kemungkinan besar, mungkin ada beberapa di luar sana. Sisihkan bagian dalam dan pastikan Anda tidak kehilangan sekrup apa pun (sekali lagi, di sinilah tempat sekrup magnetik berguna). Setelah Anda hanya memiliki potongan plastik yang tersisa, Anda siap untuk mulai membersihkan.

Langkah Kedua: Bersihkan Plastik Secara Menyeluruh

Sekali lagi, langkah ini akan sedikit berbeda tergantung pada apa yang Anda bersihkan, tetapi secara umum, saya menemukan bahwa pembersihan plastik secara menyeluruh terdiri dari dua atau tiga langkah.

Pertama, bersihkan debu, rambut, dan kotoran dari plastik dengan air biasa. Saya suka memberikan semprotan yang bagus dengan selang, yang membantu memasukkan semua celah kecil, alur, dan ventilasi. Keringkan dengan lap setelah selesai. (Anda juga dapat menyekanya dengan lap basah jika Anda memilih untuk tidak menyemprotnya dengan selang—seperti jika ada bagian dalam yang tidak dapat dibongkar).

Setelah plastik kering, Anda mungkin akan menemukannya di sana. masih banyak kotorannya, belum lagi bekas lecet dan noda lainnya. Untuk membersihkannya, saya sarankan mengambil lap dan beberapa alkohol yang didenaturasi atau isopropil dan memasukkan sedikit minyak siku ke dalamnya. Banyak kotoran dan lecet harus segera hilang, sementara yang lain mungkin perlu digosok dengan serius. Pastikan Anda menjauh dari tulisan dan gambar yang dilukis lainnya, karena alkohol akan merusaknya! (Misalnya, huruf merah di bagian depan sistem Nintendo asli akan langsung terhapus dengan alkohol.)

Anda mungkin menemukan, bahkan setelah lengan Anda sakit karena digosok dengan alkohol, beberapa bekas lecet tidak hilang. Dalam hal ini, saya sering beralih ke Mr. Clean Magic Eraser. Ini hampir selalu akan menghilangkan bekas lecet, tetapi perhatikan bahwa ini adalah abrasif—yang berarti dapat menghapus beberapa tekstur dan lapisan akhir dari gadget. Jika itu membuat Anda khawatir, Anda dapat melewati langkah ini. Saya sendiri, lebih suka mengambil risiko tempat yang sedikit lebih berkilau pada plastik daripada melihat tanda lecet hitam. Terserah kamu. Pastikan untuk memulai dengan ringan, dan gosok lebih keras hanya jika Anda perlu.

Langkah Tiga: Terapkan Retr0bright

Setelah perangkat Anda bersih dari semua kotoran dan kotoran lainnya, saatnya untuk mengalihkan perhatian kita ke Bromida yang mengganggu itu. Masukkan Retr0bright. Anda akan membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk bagian proses ini, jadi saya sarankan untuk memulai di pagi hari sehingga Anda bisa mendapatkan waktu di bawah sinar matahari sebanyak mungkin—jika tidak, Anda mungkin harus melakukannya di hari kedua. Namun, Anda mungkin ingin melakukan bagian pertama ini di garasi Anda atau area tertutup lainnya, sehingga angin tidak meniup cling wrap saat Anda mencoba bekerja.

Pertama, saya suka menutupi label apa pun dengan selotip untuk melindungi mereka (terutama yang kertas, yang akan hancur saat direndam dalam cairan atau krim). Jika ada huruf yang dicat, Anda mungkin ingin menghindari bagian itu, karena Retr0bright dapat memudar atau merusaknya. Secara umum, saya sarankan hanya Mencerahkan kembali potongan plastik yang sangat ringan—kancing yang lebih kecil atau plastik berwarna lebih gelap mungkin tidak masalah. gadget itu besar, karena harus menutupinya sepenuhnya—dan menuangkan sebagian Retr0bright ke cling wrap. Sebarkan dengan kuas Anda, lalu tuangkan Retr0bright pada plastik. Sikat di sekitar juga. Jangan takut untuk menggunakan banyak krim, karena Anda ingin menutupi setiap inci plastik yang menguning dengan bebas. (Bahkan bagian dalamnya bisa juga, jika sudah menguning, meskipun itu mungkin tidak perlu di beberapa bagian.)

Kemudian, letakkan potongan plastik di atas cling wrap dan bungkus. Idenya adalah untuk menutupnya dengan baik sehingga Anda dapat menjaga agar Retr0bright tidak menguap, yang akan menyebabkan goresan. Sekali lagi, cakupan bungkus plastik penuh itu penting.

Ulangi proses ini dengan potongan plastik Anda yang lain.

Langkah Empat: Biarkan Di Bawah Sinar Matahari, Putar dan Aplikasikan Kembali Secara Teratur

Setelah semua bagian plastik Anda dibungkus, letakkan di bawah sinar matahari langsung (atau di bawah lampu UV Anda). Paparan UV mungkin telah menyebabkan kekacauan ini, tetapi itu juga merupakan bahan rahasia yang akan membantu kita membersihkannya. Anda akan ingin meninggalkannya di luar sana selama beberapa jam, jadi carilah tempat yang mendapat sinar matahari langsung hampir sepanjang hari jika Anda bisa.

Inilah bagian pentingnya: cobalah untuk mengeluarkan gelembung udara sebanyak mungkin dan oleskan krim secara merata. Kemudian, setiap setengah jam, putar potongan 90 derajat, dan (dengan sarung tangan Anda) pijat Retr0bright di sekitar plastik dari luar cling wrap. Ini membuatnya terus bergerak dan menghentikan gelembung udara agar tidak berada di satu tempat terlalu lama, itulah cara Anda mendapatkan hasil akhir yang bernoda dan bergaris. Jika Anda tidak melakukan ini, Anda akan mendapatkan hasil yang buruk!

Terakhir, yang terbaik adalah membilas bagian-bagiannya (lihat langkah berikutnya) dan aplikasikan kembali lapisan baru setelah creme mulai terlihat lebih seperti busa, biasanya setelah dua sampai tiga jam tergantung pada seberapa panas dan cerahnya. Hal ini membuat Retr0bright tidak mengering dan menyebabkan mekar/bercak.

Kedengarannya membosankan, tetapi ini sepadan dengan usaha. Setelah enam hingga sembilan jam, Anda akan melihat peningkatan yang nyata, meskipun Anda mungkin bisa bertahan lebih sedikit jika plastik Anda hanya sedikit kuning.

Langkah Kelima: Bilas, dan Ulangi Jika Perlu

Setelah plastik terlihat putih berkilau lagi (atau jika Anda kehabisan sinar matahari), buka bungkusnya dan bilas, baik dengan selang atau di wastafel (jauh dari makanan). Anda mungkin perlu menggosok sisa Retr0bright dari plastik, karena plastik akan cukup tebal dan berbusa dan menempel di sana, jadi kenakan sarung tangan Anda dan berikan pijatan panjang yang baik di bawah air. Pastikan untuk memasukkan semua celah dan celah kecil, karena Retr0bright pasti akan tersangkut di area tersebut dan Anda harus menggosoknya.

Anda dapat mengeringkan plastik dengan lap jika Anda mau sekarang, atau biarkan di menetes kering. Setelah kering, Anda akan menemukan bahwa itu terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya!

Jika, bagaimanapun, Anda menemukan bahwa itu masih lebih kuning dari yang Anda inginkan, jangan ragu untuk mengulangi prosesnya pada hari berikutnya. Beberapa plastik yang benar-benar kuning mungkin perlu beberapa hari di bawah sinar matahari untuk memutih. Super Nintendo saya, misalnya, terlihat lebih baik setelah tujuh jam:

Anda dapat melihat casing atas sekarang cocok dengan slot kartrid, tetapi sementara bagian bawah telah diperbaiki, masih ada cara untuk melakukannya.

Tetapi bagian bawah membutuhkan waktu 24 jam. matahari untuk benar-benar kembali ke tempat yang seharusnya. Itu banyak pekerjaan, dan saya mendapatkan beberapa noda di bagian bawah karena tidak cukup sering mendaftar ulang. Ini tidak sempurna, tetapi secara keseluruhan terlihat jauh lebih baik daripada sebelumnya:

Seperti tahun 1992!

Jadi terus lakukan sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah Anda membilas dan mengeringkan plastik secara menyeluruh, dan Anda senang dengan hasilnya, Anda sudah selesai! Pasang kembali gadget Anda dan itu akan menjadi seperti hari Anda membelinya, segar dan putih dari pabrik. Ingat, itu akan kembali menguning setelah beberapa waktu — bahkan jika disimpan di tempat yang gelap, karena bromida bebas itu sudah lepas jauh di dalam plastik — tetapi Anda selalu dapat melalui proses ini lagi jika terlalu kuning untuk Anda.

Itulah berita seputar Cara Membersihkan Plastik Tua yang Menguning pada Komputer Retro dan Sistem Game, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.