Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Android

Saat ini, sebagian besar browser desktop biasanya memblokir pop-up dan iklan yang tidak diinginkan, tetapi bagaimana dengan memblokir di Android? Bahkan jika Anda menggunakan ponsel cerdas, ada cara untuk memblokir iklan pop-up yang mengganggu dan terkadang berbahaya.

Memblokir iklan itu mudah jika Anda tahu caranya. Ada sedikit perbedaan tergantung pada browser web yang Anda gunakan, jadi inilah panduan langkah demi langkah untuk masing-masing browser.

Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Browser Android

Ada banyak cara untuk memblokir pop-up di perangkat Android Anda . Anda dapat memblokirnya di browser web favorit Anda atau di ponsel itu sendiri. Di bagian ini, kami akan menunjukkan cara memblokir pop-up di browser Android asli perangkat Anda.
Buka browser web Android. Catatan: Jika Anda tidak yakin yang mana browser Android, gunakan bilah pencarian di laci aplikasi Anda dan ketik ‘Internet’. Buka pengaturan aplikasi. Ini biasanya dengan tombol menu “tiga titik” (⋮) tetapi akan bervariasi menurut produsen. Tekan “Lanjutan.” Centang kotak berlabel “Blokir pop-up.”
Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Chrome untuk Android

Peramban Chrome Google adalah mungkin browser web paling populer untuk pengguna Android. Tentu saja, ini bukan tanpa pop-up. Jika Anda menggunakan browser Chrome di perangkat Android, ikuti langkah berikut:
Buka Chrome di Android.Buka pengaturan Chrome dengan mengetuk ikon “tiga titik” (⋮) di kanan atas, lalu mengetuk “pengaturan”. Di layar yang terbuka, gulir ke bawah ke “Pengaturan situs” dan tekan. Gulir ke bawah ke “Pop-up” dan tekan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pop-up.
Atau, Opera untuk Android dilengkapi dengan pemblokiran pop-up bawaan dan diaktifkan aktif sebagai default. Tapi, itu juga memiliki cara yang agak pintar untuk mengompresi halaman untuk memastikan penyisihan data Anda tidak terpotong saat keluar dan sekitar. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Cara Memblokir Iklan di Mozilla

Mungkin Anda lebih menyukai Mozilla Firefox daripada beberapa opsi lainnya. Anda juga dapat memblokir iklan di sini.

Prosesnya sederhana:
Buka aplikasi Firefox dan ketuk tiga garis vertikal di sudut kiri bawah. Ketuk ‘Pengaturan.’ Arahkan ke Perlindungan Pelacakan yang Ditingkatkan dan pilih ‘Ketat.’
Memilih opsi Ketat daripada Standar berarti lebih banyak iklan akan diblokir, tetapi mungkin memengaruhi beberapa fungsi di dalam browser.

Aplikasi Pihak Ketiga

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada membuka artikel yang ingin Anda baca, dan munculan yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah memenangkan beberapa hadiah yang megah. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan mundur sepenuhnya dari halaman web dan mencari artikel lain.

Untungnya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga tepercaya yang dapat Anda unduh secara gratis dari Google Play Store yang akan membantu meminimalkan jumlah iklan pop-up.

Adblock Plus

Adblock Plus adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk menyesuaikan pengalaman online Anda sehubungan dengan iklan dan pop-up. Dengan ulasan yang beragam, aplikasi ini tampaknya berhasil memblokir iklan berbahaya, dan memungkinkan Anda menonaktifkan opsi untuk mengizinkan beberapa iklan yang tidak mengganggu.

Setelah diunduh dari Google Play Store, Anda harus mengikuti langkah-langkah untuk menambahkan ini sebagai ekstensi ke aplikasi Internet Samsung Anda. Pilih (dan jenis) situs web mana yang ingin Anda hentikan untuk menampilkan iklan.

AdBlock untuk Android

AdBlock untuk Android tersedia gratis di Google Play Store dan merupakan aplikasi tepercaya yang membantu mencegah iklan pop-up di berbagai situs dan sosial platform media.

Cukup unduh aplikasi dan ikuti petunjuk untuk memulai. Aplikasi ini akan bertindak sebagai ekstensi untuk browser web ponsel Anda, mirip dengan yang ada di komputer desktop.

Ini juga memiliki opsi penyesuaian di mana Anda dapat memblokir bahkan iklan yang tidak mengganggu. Anda juga dapat mengizinkan iklan dari situs web tertentu sambil memblokir semua yang lain.

Iklan di Layar Beranda Anda

Beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store akan mengirim spam ke ponsel Anda. Sehingga menyulitkan untuk menjawab panggilan atau menggunakan aplikasi lain, unduhan ini perlu dihapus.

Ini sepenuhnya terpisah dari iklan yang disebutkan di atas karena hanya muncul saat Anda menjelajah internet. Iklan yang kita bicarakan di bagian ini akan muncul terlepas dari apa yang Anda lakukan di ponsel Anda.

Iklan ini mulai muncul saat Anda mengunduh aplikasi dan mengizinkan izin tertentu untuk mengirim spam ke ponsel Anda. Indikator utama bahwa ini adalah masalah Anda terdiri dari perubahan tata letak layar beranda, iklan yang muncul saat Anda bernavigasi melalui ponsel, atau bahkan menggunakan aplikasi tepercaya (seperti Facebook).

Sering kali, tidak ada opsi untuk memblokirnya iklan; Anda perlu menghapus aplikasi yang buruk dari ponsel Anda.

Untuk melakukannya, pertama-tama persempit aplikasi mana yang menyebabkan masalah dengan:
Meninjau aplikasi mana yang baru saja Anda unduh. Anda dapat mengunjungi Google Play Store dan mengklik tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Klik ‘Game & Aplikasi Saya’ untuk melihat daftar kronologis aplikasi yang telah Anda unduh. Tinjau aplikasi yang bukan dari pengembang tepercaya. Lebih khusus lagi, cari aplikasi utilitas (kalkulator, senter, dan bahkan aplikasi pemblokiran panggilan). Cari “Peluncur” yang mungkin telah Anda unduh. Peluncur bisa sangat bagus untuk menyesuaikan ponsel Anda, tetapi sering kali dipenuhi dengan iklan.
Tergantung pada apa yang mengirim spam ke ponsel Anda, Anda harus mengambil pendekatan berbeda untuk menghapusnya.

Cara Menghapus Aplikasi Spamming
Geser ke bawah dari atas ponsel Anda dan akses roda gigi ‘Pengaturan’. Gulir ke bawah dan ketuk ‘Aplikasi’ Gulir daftar aplikasi dan ketuk yang ingin Anda hapus Ketuk ‘Copot pemasangan’ untuk masing-masing problem app
Terkadang hal ini sangat sulit dilakukan karena iklan memperlambat ponsel Anda, atau terus muncul saat Anda mengetuk. Untuk menghindarinya, letakkan ponsel Anda dalam Safe Mode dengan menahan tombol daya fisik, lalu tekan lama opsi Daya di layar ponsel Anda. Opsi akan muncul untuk Safe Mode, memungkinkan Anda untuk melakukan langkah-langkah yang tercantum di atas tanpa gangguan.

Cara Menghapus Peluncur

Jika tata letak layar beranda Anda telah berubah secara drastis, kemungkinan itu bukan pembaruan Android; Anda telah mengunduh peluncur. Dengan asumsi inilah yang menyebabkan masalah Anda, Anda harus melakukan ini sebelum mencopot pemasangan:
Arahkan ke Pengaturan ponsel Anda dan ketuk Aplikasi seperti yang kami lakukan di atas. Di sudut kanan atas, ketuk tiga titik vertikal dan pilih ‘Default Aplikasi’Pilih ‘Layar Beranda’ dan klik layar beranda asli perangkat Anda.
Setelah melakukan ini, kembalilah ke bagian ‘Aplikasi’ di Setelan dan hapus peluncur.

Mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan iklan dan munculan bisa jadi sulit. Aplikasi ini biasanya peluncur, aplikasi utilitas seperti senter, dan aplikasi pemblokiran panggilan. Menghapus jenis aplikasi ini tidak hanya akan menghapus pop-up yang mengganggu, tetapi Anda mungkin melihat ponsel Anda berjalan lebih cepat dengan masa pakai baterai yang lebih lama.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Setelah Anda mempelajari dunia iklan online, Anda akan menyadari bahwa ada banyak sekali untuk belajar tentang mereka. Kami memiliki beberapa informasi lebih lanjut tentang pop-up dan iklan Android di bawah ini.
Apakah iklan berbahaya?

Kami sering menyatakan bahwa elemen terbaik dalam keamanan online sebenarnya adalah elemen manusia. Ini berarti Anda adalah aset terbaik atau terburuk dalam melindungi data Anda.

Kami mengatakan ini karena salah satu cara paling umum untuk mendapatkan masalah dengan iklan ini adalah dengan mengeklik dan berinteraksi dengan iklan yang tidak Anda kenal.

Misalnya, banyak pengguna menerima iklan peringatan bahwa komputer atau ponsel mereka telah disusupi. Iklan ini menciptakan rasa urgensi dan memainkan ketakutan pengguna, membuat mereka lebih cenderung membuka iklan, memberikan detail perbankan, dan bahkan akses jarak jauh untuk memperbaiki masalah yang sebenarnya tidak ada.

Demi keamanan, iklan tersebut sendiri kemungkinan tidak akan melakukan apa pun selain memperlambat halaman web. Disarankan untuk tidak mengkliknya untuk mencegah masalah apa pun.
Bagaimana cara mengidentifikasi aplikasi spam?

Untungnya, Google Play Store memiliki fitur rapi yang dikenal sebagai “Google Play Protect.” Menggunakan fungsi ini akan memungkinkan Anda untuk memindai ponsel Anda untuk mencari aplikasi dari pengembang tidak tepercaya atau aplikasi yang dapat menyebabkan masalah.

Klik tiga garis horizontal di sudut kanan atas Google Play Store dan ketuk ‘Play Protect’ untuk menjalankan pemindaian dari aplikasi unduhan ponsel Anda.

Anda juga dapat mengatur Play Protect untuk menjalankan pemindaian secara otomatis dengan membuka Play Protect dan mengetuk roda pengaturan di sudut kanan atas. Aktifkan opsi, dan Google Play Store akan terus memindai aplikasi yang Anda unduh.