Cara Memblokir Negara di CloudFlare

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

lalu lintas
As adalah kekuatan pendorong di belakang situs web apa pun, pemiliknya biasanya menyambut lonjakan jumlah pengunjungnya. Namun, lonjakan ini terkadang dapat disebabkan oleh peretas dan bot. Sebagai administrator situs web, Anda biasanya dapat melacak serangan ini kembali ke negara tertentu. Jika lalu lintas dari negara-negara ini tidak relevan dengan operasi situs web Anda, memblokirnya adalah pilihan terbaik. Dengan cara ini, Anda akan melindungi situs web Anda dan melindungi pengunjung dari bahaya.

Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Teruslah membaca untuk mempelajari cara memblokir negara menggunakan Cloudflare.

Mengapa Memblokir Negara Dari Situs Web Anda

Keamanan adalah alasan paling umum untuk memblokir pengguna agar tidak mengunjungi situs web Anda. Setiap situs web agak rentan terhadap lalu lintas berbahaya dan serangan keamanan. Serangan yang paling sering adalah: serangan
XSS, yang dapat membahayakan informasi pribadi pengguna situs web. Serangan DDoS, yang membuat situs web offline sementara atau permanen. Serangan phishing, yang dapat membahayakan informasi sensitif pengguna situs web. Serangan injeksi, yang menargetkan database server secara langsung dan mengungkapkan input pengguna dan data tersembunyi.Serangan traversal direktori, yang dapat membahayakan akses situs web, database, dan file konfigurasi.
Jika sebagian besar serangan ini berasal dari satu atau beberapa negara tertentu, memblokirnya akan menyelamatkan Anda dan situs web Anda banyak masalah.

Alasan lain untuk pemblokiran geografis adalah memiliki situs web khusus negara. Katakanlah Anda memiliki toko online yang hanya melayani orang yang tinggal di satu negara. Jika demikian, memblokir negara lain dapat melindungi sumber daya server Anda agar tidak terkuras oleh lalu lintas yang tidak memiliki tujuan.

Terakhir, hak cipta, persyaratan lisensi, dan kewajiban hukum lainnya mungkin mengharuskan negara tertentu memblokir akses konten di situs web Anda.

Cara Mengetahui Negara Mana yang Harus Diblokir

Meskipun percakapan tentang serangan cyber sebagian besar berkisar di Cina dan Rusia, setiap situs web berbeda. Tidak perlu menebak-nebak, karena Anda dapat dengan cepat memeriksa analitik situs untuk menentukan dari mana ancaman itu berasal.
Login ke akun Cloudflare Anda.Pilih domain yang analitiknya ingin Anda periksa di bagian atas halaman Anda.Ketuk tombol “ Analytics” dari daftar ikon biru di bagian atas halaman.Buka tab “Keamanan”.Navigasi ke panel “Ancaman menurut Negara”.
Panel ini adalah peta interaktif yang menyoroti negara-negara tempat ancaman situs web Anda berasal. Cloudflare Firewall menyediakan sebagian besar metrik untuk tab ini.

Untuk melihat dari mana sebagian besar serangan berasal, periksa tabel data “Negara/Wilayah Ancaman Teratas”.

Cloudflare Cara Memblokir Negara

Ada beberapa cara untuk memblokir negara dari situs web Anda, termasuk menggunakan file ModSecurity atau .htaccess. Namun, jika Anda tidak memiliki akses ke server web Anda, menggunakan Cloudflare Firewall mungkin berguna.

Agar metode ini berfungsi, Anda harus memiliki akun Cloudflare. Selain itu, akun harus diaktifkan untuk domain yang lalu lintasnya ingin Anda blokir. Terakhir, fitur pemblokiran geografis berfungsi paling baik jika Anda menggunakan paket Enterprise.

Setelah Anda siap, memblokir negara di Cloudflare menggunakan fitur Firewall terintegrasi relatif sederhana:
Masuk ke akun Cloudflare Anda.Jika Anda memiliki beberapa domain , pilih domain tempat Anda ingin menerapkan aturan ini di bagian paling atas halaman. Klik ikon “Keamanan” dari daftar di bagian atas halaman Anda. Ketuk tab “Aturan Firewall”. Tekan tombol “Buat a Tombol Aturan Firewall”. Ketikkan nama deskriptif di bidang “Nama Aturan”, misalnya, “Blokir Negara Buruk.” Arahkan ke bagian “Saat permintaan masuk cocok…”. Di bawah “Bidang,” pilih “Negara.” Setelah sisanya bidang di bagian tidak lagi berwarna abu-abu, setel bidang “Operator” ke “ada.” Ketuk tab “Nilai” untuk menampilkan daftar negara. Pilih setiap negara yang ingin Anda blokir untuk mengakses situs web Anda. Klik tombol ” Atau” di sebelah daftar negara. Buka bagian “Lalu …”. Di bawah “Pilih tindakan”, pilih “Blokir”. telah mengatur semua negara, tekan tombol “Deploy”.
Aturan Firewall sekarang telah dibuat. Lalu lintas apa pun yang berasal dari negara yang Anda pilih akan diblokir.

Namun, aturan yang ditetapkan tidak terbatas. Anda selalu dapat mengeditnya untuk menambah atau menghapus negara. Inilah yang harus dilakukan:
Buka tab “Aturan Firewall”. Gulir ke bawah ke daftar aturan. Ketuk ikon kunci inggris di sebelah kanan aturan yang ingin Anda edit. Buka bidang “Nilai” di bawah “Saat permintaan masuk cocok…” section.
Untuk memblokir negara baru, ketuk bidang “Nilai” dan pilih negara dari daftar tarik-turun. Jika Anda ingin membuka blokir suatu negara, cukup ketuk tanda “x” di sebelah namanya.

Setelah Anda puas dengan daftar yang diperbarui, tekan “Simpan” di sudut kanan bawah layar Anda.

Jika Anda mau ingin memblokir lalu lintas dari negara tertentu secara berkala, Anda dapat membuat aturan terpisah untuk mereka. Kemudian, kapan pun Anda ingin membuka blokir negara, Anda dapat menonaktifkan tombol di sebelah ikon kunci inggris. Ini menonaktifkan aturan Firewall hingga Anda memilih untuk mengaktifkannya kembali.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus aturan sama sekali jika Anda tidak membutuhkannya lagi. Cukup tekan tombol “x” di ujung kanan nama aturan.

Cara Memastikan Firewall Berfungsi

Jika Anda tidak yakin apakah Anda telah menyetel aturan Firewall dengan benar, Anda dapat memeriksa statistik Firewall secara berkala. Inilah yang harus dilakukan:
Ketuk ikon “Keamanan” dari daftar di bagian atas halaman Anda. Buka tab “Ikhtisar”. Gulir ke bawah ke “Log aktivitas.”
Di bawah “Log aktivitas”, Anda dapat melihat yang berikut tabs:
DateTindakan yang diambilAlamat IP NegaraLayananNbspAnda dapat mencari negara yang telah Anda blokir di bawah tab “Negara”. Jika Anda berhasil memblokir negara itu, tab “Tindakan yang diambil” di sebelahnya akan menampilkan “Blokir”. Apakah Anda mencari pemblokiran geografis untuk alasan yang sama atau tidak, Cloudflare menawarkan cara sederhana untuk mencapai tujuan Anda. cara. Ini hanya memblokir permintaan yang datang dari negara yang tidak diinginkan sebelum mereka dapat menyebabkan masalah.

Apakah Anda memiliki masalah dengan serangan cyber di situs web Anda? Bagaimana Anda berurusan dengan mereka? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.