Cara Memblokir Seseorang di Instagram

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda bosan melihat konten sensitif, menerima pesan yang tidak diinginkan, atau mendapatkan spam di Instagram, Anda dapat memblokir akun pelakunya. Dengan memblokir akun, pengguna tidak akan dapat menghubungi Anda dan tidak akan muncul di feed Anda. Berikut cara melakukannya.

Blocking vs. Restricting

Instagram memiliki beberapa fitur privasi dan keamanan berbeda yang tersedia untuk penggunanya. Dua dari fitur ini termasuk memblokir dan membatasi akun lain. Ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya.

Ketika Anda membatasi akun seseorang, mereka masih dapat mengirimi Anda pesan atau komentar pada posting Anda, tetapi Anda tidak akan menerima pemberitahuan ketika tindakan ini terjadi.

Instagram memblokir komentar tetapi memungkinkan Anda untuk melihatnya jika kamu mau. Anda juga dapat menyetujui komentar jika ingin terlihat oleh orang lain. Jika tidak, tidak ada yang akan melihat komentar kecuali pengguna yang meninggalkannya.

Ketika Anda memblokir pengguna Instagram, mereka tidak dapat lagi menghubungi Anda dengan akun itu. Akun mereka tidak akan muncul lagi di umpan Anda, dan akun Anda tidak akan muncul lagi di umpan mereka.

Selain itu, suka dan komentar apa pun yang ditinggalkan pengguna di pos Anda akan dihapus secara permanen. Pesan pribadi yang dibagikan antara Anda dan pengguna akan tetap muncul di kotak masuk, tetapi Anda tidak dapat lagi saling menghubungi.

Jika Anda tidak ingin menghapus akun secara permanen, Anda dapat mempertimbangkan untuk membatasinya. Namun, jika Anda merasa akun tersebut melecehkan Anda, Anda dapat memilih untuk memblokirnya.

Cara Memblokir Pengguna Instagram di Seluler

Anda dapat memblokir pengguna Instagram menggunakan aplikasi seluler iPhone atau Android. Luncurkan aplikasi dan buka profil akun yang ingin Anda blokir. Ketuk menu tiga titik di sudut layar Anda.

Selanjutnya, ketuk “Blokir” di menu yang muncul.

Pada layar berikutnya, Anda dapat memblokir pengguna dan akun lain yang mungkin mereka miliki atau buat di masa mendatang. Selain itu, Anda dapat memilih untuk memblokir satu akun.

Pilih metode dengan mengetuk gelembung di sebelah opsi. Kemudian, ketuk tombol “Blokir” berwarna biru. Anda juga dapat melaporkan akun jika pengguna melanggar pedoman komunitas Instagram. Dalam hal ini, ketuk “Blokir dan Laporkan” untuk melalui proses pelaporan.

Akun sekarang diblokir.

Cara Memblokir Pengguna Instagram di Desktop

Anda juga dapat memblokir pengguna Instagram dari situs web Instagram di desktop. Namun, tidak seperti versi seluler, Anda hanya dapat memblokir satu akun oleh pengguna menggunakan metode ini. Anda tidak akan memiliki opsi untuk memblokir akun pengguna lain.

Buka situs web di browser pilihan Anda, lalu navigasikan ke profil pengguna yang ingin Anda blokir. Kemudian, pilih menu tiga titik.

Selanjutnya, klik “Blokir” dari menu yang muncul.

Anda kemudian harus mengonfirmasi bahwa Anda ingin memblokir akun. Klik “Blokir” lagi untuk melakukannya.

Akun sekarang diblokir.

Anda sekarang dapat menjelajahi Instagram tanpa mengkhawatirkan pengguna itu. Namun, ini hanya mencegah mereka menghubungi Anda di Instagram—bukan di platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Anda harus melalui proses pemblokiran pengguna di setiap situs.

Itulah berita seputar Cara Memblokir Seseorang di Instagram, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.