Cara Memblokir YouTube di Perangkat Roku

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak rumah tangga memilih Roku sebagai perangkat streaming default mereka. Modern dan unik, Roku jauh dari perangkat tradisional. Oleh karena itu, kontrol orang tua bekerja sedikit berbeda. Memblokir saluran itu mudah, tetapi tidak seintuitif yang Anda harapkan.

Untuk alasan itu, Anda dapat membaca tentang langkah-langkah terperinci yang perlu Anda ambil untuk memblokir saluran seperti YouTube di perangkat Roku di artikel ini.

Dapatkah Anda Memblokir YouTube di Roku ?

Sayangnya, Roku tidak menawarkan solusi sederhana untuk memblokir saluran yang bukan milik Roku. Ini berarti Anda harus kreatif untuk menerapkan pembatasan.

Tentu saja, Anda dapat mengatur kontrol orang tua di akun YouTube anak Anda, tetapi mereka masih dapat mengakses aplikasi di Roku. Jika ini adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan, kami memiliki tutorial lengkapnya di sini.

Namun, untuk tujuan artikel kami, kami akan memandu Anda melalui apa yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol aktivitas di perangkat Roku Anda.

Menyiapkan PIN di a Perangkat Roku

Meskipun Anda tidak dapat secara khusus memblokir YouTube, Anda dapat menghapus aplikasi dan mengatur kode pin untuk memastikan bahwa itu tidak diinstal lagi. Pertama, Anda akan membuat pin untuk akun Roku Anda.

Anda dapat melakukannya dari situs web Roku dan selama Anda masuk ke akun tersebut di perangkat Roku, perangkat Anda akan secara otomatis mendeteksi fitur keamanan. Untuk menginstal ulang aplikasi YouTube, pengguna harus memasukkan nomor empat digit untuk mengunduh saluran apa pun. Termasuk YouTube.

Berikut cara menambahkan PIN ke akun Roku Anda:
Kunjungi situs web resmi Roku di browser web seluler atau komputer. Masuk dengan kredensial Anda.Klik Preferensi Pin dan pilih Perbarui.Pilih opsi untuk Selalu Memerlukan PIN untuk melakukan pembelian dan menambahkan Item dari Toko Saluran. Ketik kombo empat digit untuk PIN dan klik Verifikasi PIN. Terakhir, Simpan Perubahan.
Anda juga dapat melakukan ini dari Perangkat Roku. Cukup ikuti langkah-langkah ini:
Klik tombol beranda pada remote Roku Anda dan klik Pengaturan.Klik Kontrol orang tua.Masukkan kode empat digit Anda dua kali. Kemudian, klik OK. Pin Anda sekarang telah disetel.
Setelah Anda menyiapkan PIN untuk perangkat Roku, Anda dapat menghapus saluran (seperti YouTube). Anda juga dapat menyembunyikan tab Berita, Toko TV, dan Toko Film dari layar utama di Roku.

Menghapus Saluran di Perangkat Roku

Akhirnya, Anda dapat menghapus YouTube dari daftar saluran di perangkat Roku. Ikuti langkah-langkah ini:
Di layar utama Roku Anda, pilih opsi Saluran Saya dengan remote Roku Anda. Navigasikan ke YouTube, dan ketuk tombol bintang (opsi) pada remote Roku Anda. Pilih Hapus saluran dan tekan OK. Konfirmasikan bahwa Anda ingin YouTube dihapus dengan menekan OK lagi. Selain itu, Anda dapat menyembunyikan sesuatu dari layar beranda Roku. Buka Pengaturan, lalu Layar Beranda dan ketuk Sembunyikan (berita, film, atau toko TV).
Anda selalu dapat mengembalikan perubahan ini menggunakan langkah yang sama yang Anda lakukan sebelumnya. Tidak ada batasan jumlah saluran yang dapat Anda blokir, jadi jangan ragu untuk memblokir semua yang Anda anggap tidak pantas.

Menyiapkan Kontrol Orang Tua

Kontrol orang tua Roku hanya berlaku untuk apa yang dapat Anda lakukan di perangkat Roku (seperti menambahkan saluran) atau konten yang tersedia di saluran Roku. Jadi sementara, ini tidak akan membantu Anda memblokir YouTube secara langsung, Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk memastikan YouTube tidak ditambahkan kembali tanpa pin Anda. menggunakan Situs Web Roku.

Masuk ke akun Roku Anda, dan ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon profil di sudut kanan atas. Kemudian, pilih Akun saya. Di bawah preferensi Pin klik Perbarui. Sekarang, pilih Selalu minta PIN untuk melakukan pembelian dan menambahkan item dari Toko Saluran.
Cukup membuat PIN bukan satu-satunya tugas yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa YouTube tidak ditambahkan kembali. Anda juga harus menyetel kontrol orang tua ini untuk mengaktifkan fungsi.

Setel Kontrol Orang Tua YouTube

Jika Anda ingin menyimpan aplikasi YouTube di perangkat Roku tetapi Anda masih ingin memblokir konten, bagian ini adalah untuk Anda.

Beberapa layanan streaming seperti YouTube, Netflix, dan Hulu memiliki kontrol orang tua sendiri. Untuk YouTube, Anda dapat mengaktifkan mode terbatas yang hanya akan menampilkan konten yang sesuai. Begini caranya:
Masuk ke aplikasi YouTube di perangkat Roku Anda dan buka Pengaturan. Gulir sampai Anda melihat Mode Terbatas dan aktifkan.
Sekarang YouTube hanya akan menampilkan konten yang sesuai, tetapi opsi ini tidak sempurna. Parameter untuk “konten yang sesuai” bisa salah. Selain itu, anak-anak Anda dapat dengan mudah menonaktifkan mode terbatas jika mereka lebih tua dan mengetahui jalan di sekitar perangkat Roku Anda.

Pertanyaan Umum
Dapatkah saya memblokir aplikasi di Roku saya?

Sayangnya, tidak. Anda dapat menghapus aplikasi seluruhnya dan menambahkan PIN untuk memastikan aplikasi tidak diinstal ulang, atau menggunakan kontrol orang tua asli aplikasi untuk mengelola izin konten.
Dapatkah saya menyiapkan beberapa profil di Roku?

Banyak layanan streaming memungkinkan kami menyiapkan profil untuk anak-anak, dan untuk diri kita sendiri. Sayangnya, Roku tidak memberi kami opsi ini. Satu-satunya pilihan Anda di jalan ini adalah mengatur profil individu dalam layanan streaming yang Anda coba kelola dan menggunakan filter kontrol orang tua yang tersedia di sana juga.

Tidak Lagi YouTube

Ini dia. Sekarang Anda tahu semua kemungkinan cara membatasi dan memblokir YouTube di perangkat Roku. Kontrol orang tua biasanya tidak berguna tanpa PIN, jadi ingatlah itu. Sebagian besar anak-anak saat ini tahu cara menonaktifkannya.

PIN adalah satu-satunya cara Anda memblokir saluran seperti YouTube sepenuhnya. Apakah Anda memiliki pertanyaan atau masalah? Bagikan dengan kami di bagian komentar di bawah.