Cara Membuat Bagan Kombo di Google Sheets

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Buat dua kolom dengan seri data primer Anda di kolom kiri dan data sekunder di kanan. Lalu, klik Sisipkan > Bagan dan sisipkan Bagan Kombo. Google mungkin menyarankan Bagan Kombo, atau Anda mungkin harus memilih “Bagan Kombo” dari kotak “Jenis Bagan” di Editor Bagan. Memilih bagan terbaik untuk menampilkan data terkait secara efektif tidak selalu mudah. Dengan menggunakan bagan kombo di Google Sheets, Anda dapat memanfaatkan dua bagan yang digabungkan untuk visual yang ideal.Bagan kombo visual.

menggabungkan grafik kolom dan garis ke dalam satu bagan. Hasilnya adalah cara sederhana bagi Anda dan audiens Anda untuk melihat setiap seri data dengan cara baru.

Menyiapkan Data

Bagan kombo berguna saat Anda ingin memperlihatkan hubungan antara dua atau lebih kumpulan data yang diukur secara berbeda. Misalnya, Anda dapat menggunakan bagan kombo untuk menunjukkan penjualan yang diproyeksikan dan penjualan aktual, suhu dengan jumlah curah hujan, atau pendapatan dan pendapatan dengan margin keuntungan. Anda akan menyiapkan rangkaian data utama di kolom sebelah kiri dan data sekunder di kolom sebelah kanan.

Sebagai contoh dasar, kami akan menggunakan data yang Anda lihat di bawah, yaitu lalu lintas bulanan ke situs web dengan total penjualan yang dihasilkan dari lalu lintas tersebut.

Data lalu lintas adalah seri utama kami di sebelah kiri, dan data penjualan adalah seri kedua di sebelah kanan. Hasilnya adalah bagan kombo yang menampilkan lalu lintas melalui bagan kolom dan penjualan melalui bagan garis.

Jika kami ingin menunjukkan kebalikannya, kami akan mengganti kolom, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah data Anda siap, saatnya untuk membuat bagan kombo Anda.

Buat Bagan Kombo

Pilih data yang ingin Anda sertakan dalam bagan Anda. Buka tab Sisipkan dan klik “Bagan”.

Google Spreadsheet menampilkan jenis bagan yang menurutnya paling sesuai dengan data Anda. Jadi, Anda dapat melihat bagan kombo langsung dari bat.

Jika tidak, buka tab Penyiapan di sidebar Editor Bagan yang terbuka pada saat yang bersamaan. Gunakan menu tarik-turun Jenis Bagan untuk memilih Bagan Kombo di bagian Garis.

Setelah Anda memiliki bagan kombo, Anda dapat menggunakan pengaturan tambahan pada tab Penyiapan di Editor Bagan sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan hal-hal seperti menambahkan label ke rangkaian dan menggunakan baris pertama data sebagai header.

Menyesuaikan Bagan Kombo

Setelah menyiapkan data sesuai keinginan, Anda dapat menyesuaikan tampilan bagan dengan menyesuaikan judul, mengubah font, dan memilih warna yang berbeda.

Buka tab Kustomisasi di sidebar Editor Bagan. Jika Anda sudah menutupnya, klik dua kali bagan Anda atau klik tiga titik di kanan atas. Kemudian, klik “Edit Bagan.”

Anda akan melihat beberapa bagian yang dapat Anda perluas pada tab Kustomisasi:

Gaya Bagan: Menyesuaikan warna latar belakang, warna batas, dan font.Judul Bagan & Sumbu: Mengedit atau menambahkan judul bagan, subjudul, atau judul sumbu dan pilih gaya font, warna, dan ukuran. Seri: Memformat setiap rangkaian pada bagan, termasuk warna isian dan garis. Tambahkan bilah kesalahan, label data, atau garis tren.Legenda: Mengubah posisi legenda, menghapusnya, atau menyesuaikan font.Sumbu Horizontal: Memilih font dan warna untuk label.Sumbu Vertikal: Pilih font dan warna untuk label, tambahkan minimum atau maksimum, dan pilih format angka.Garis Kisi dan Kutu: Format garis kisi dan warna, atau tambahkan tanda centang.

Jika Anda melihat elemen pada bagan yang ingin Anda sesuaikan tetapi tidak yakin ke bagian mana, cukup klik bagian bagan itu. Bagian terkait terbuka di sidebar Editor Bagan untuk Anda buat penyesuaian.

Jika Anda memiliki data relasional yang ingin ditampilkan secara visual, pertimbangkan untuk membuat bagan kombo di Google Spreadsheet. Untuk selengkapnya, lihat cara membuat diagram lingkaran atau cara membuat grafik batang di Sheets.

Disadur dari HowToGeek.com.