Cara Membuat Gradien di Canva

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
ChromebookMacWindowsDevice Missing?
Gradien warna memungkinkan Anda untuk secara bertahap memadukan satu warna ke warna lain untuk membuat transisi yang membuat latar belakang dan bentuk lebih menarik secara visual. Mereka sering digunakan untuk transisi antara dua nada yang berbeda, meskipun Anda dapat membuat gradien yang menampilkan banyak warna.

Gradien menambah kedalaman pada gambar, selain membantu menciptakan kesan jarak dan kedekatan. Canva memungkinkan Anda membuat gradien warna dalam beberapa cara, memungkinkan Anda memberi gambar lebih dalam dan menonjol. Teruslah membaca untuk mempelajari cara membuat gradien di Canva untuk latar belakang, teks, dan bentuk.

Cara Membuat Latar Belakang Gradien

Membuat latar belakang gradien memungkinkan Anda membandingkan desain latar depan sederhana dengan gambar latar belakang yang menarik.

Proses untuk membuat latar belakang gradien berbeda tergantung pada apakah Anda menggunakan Canva di PC atau perangkat seluler.

PC

Lebih mudah membuat latar belakang gradien di PC karena layar yang lebih besar dan akses yang lebih mudah ke alat pengeditan. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat latar belakang Anda. Buka halaman beranda canva dan masuk ke akun Anda. Klik “Buat Desain” Gulir ke bawah semua opsi dan klik yang ingin Anda terapkan. Pilih “Unggah” di sisi kiri kontrol editor panel.Klik “Unggah Media” dan Unggah gambar yang ingin Anda desain. Setelah mengunggah gambar, Klik “Elemen” di atas Unggahan. Ketik “gradien” ke dalam pencarian dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Navigasi melalui opsi gradien Canva dan klik salah satu yang ingin Anda terapkan. Dengan gradien yang diterapkan, seret sudutnya sehingga mengisi bagian yang relevan dari gambar Anda.Klik edit panel Imagine di kanan atas dan Jika Anda tidak melihat Panel, Klik tombol “••• More”. Turunkan Transparency untuk menyesuaikan warna solid gradien. Pilih gradien dan klik “Position” di menu kanan atas .Setel kembali gradien sebanyak yang diperlukan untuk menempatkannya di belakang gambar lainnya.Klik gradien untuk melihat warnanya muncul di kanan atas jendela Canva Anda. Pilih kombinasi warna yang Anda inginkan. Kemudian Anda dapat “Berbagi” desain Anda di kanan atas.
Mobile

Sementara pengaturan latar belakang gradien pada perangkat seluler cukup sederhana, perlu beberapa gesekan bolak-balik untuk melihat efek perubahan pada gambar Anda.
Tap tombol + di sudut bawah editor gambar. Gesek hingga Anda mencapai ikon “Latar Belakang” dan ketuk. Jika Anda tidak melihat ikon, geser untuk menemukan “••• Lainnya” dan Anda akan menemukan “Latar Belakang” di sana. Pilih ubin warna, yang terletak di bawah bilah pencarian, dan ketuk untuk menerapkan. Geser panel editor kembali ke bawah untuk kembali ke desain Anda.
Ikuti langkah-langkah ini jika Anda ingin memilih warna berbeda untuk latar belakang gradien Anda.
Ketuk ikon “Palette”.Pilih opsi “+ Tambahkan warna baru”.Pilih warna baru Anda.
Cara Membuat Gradien di Text

Menambahkan gradien ke teks memungkinkannya muncul dengan latar belakang warna datar, menciptakan kesan kedalaman yang membuat teks menonjol. Sekali lagi, prosesnya bervariasi tergantung pada apakah Anda menggunakan PC atau aplikasi seluler Canva.

PC

Ada dua cara untuk membuat teks gradien di PC. Yang pertama adalah solusi yang memungkinkan Anda membuat teks ini pada versi gratis perangkat lunak. Yang kedua menggunakan beberapa fitur berbayar untuk mempercepat proses.
Metode Gratis
Metode gratis mengharuskan Anda membuat gradien khusus di dalam Canva sebelum Anda dapat menerapkannya ke teks.
Buat Desain baru.Klik opsi “Elemen” di sebelah kiri sidebar.Cari “Gradien” dan pilih desain gratis. Temukan dua opsi warna di sudut kiri atas dan pilih warna yang Anda inginkan.Simpan dan unduh file baru Anda sebagai PNG.
Sekarang Anda memiliki gradien, Anda siap untuk menggunakannya untuk membuat efek teks.
Buka halaman baru.Pilih “Elemen.”Ketik dan klik opsi “Bingkai huruf”.Pilih huruf yang Anda butuhkan dan seret ke posisinya.Ulangi proses ini untuk setiap huruf yang diperlukan.Temukan gradien file PNG dan seret ke setiap huruf.Klik dua kali setiap huruf dan ubah ukuran gambar gradien Anda untuk menutupi semua tepi halaman Anda.Pilih gradien dan klik “Posisi” ke Mundur di menu kanan atas.
Metode Berbayar

Metode berbayar menggunakan alat penghapus latar belakang Canva untuk mempercepat proses.
Buka halaman baru.Klik opsi “Elemen” dan tambahkan gradien ke latar belakang Anda.Pilih “Elemen” lagi dan klik “Bingkai huruf.”Seret pilihan Anda huruf ke halaman.Pilih semua huruf dan atur transparansi menjadi 35%.Unduh seluruh gambar sebagai PNG.Unggah PNG baru ke Canva.Klik “Tambah Halaman”.Seret halaman baru Anda ke dalam file PNG yang diunggah.Klik “Edit Gambar” di bagian atas blok. Pilih “Penghilang Latar Belakang” dan tunggu sekitar lima detik. Klik “Terapkan.”
Anda sekarang harus memiliki teks gradien tanpa harus berulang kali menyeret file PNG ke setiap huruf.

Mobile

Membuat teks gradien menggunakan aplikasi seluler Canva sedikit lebih sulit daripada melakukannya menggunakan PC. Ini juga mengharuskan Anda untuk menyimpan beberapa gambar gradien di foto perangkat seluler Anda. Mulailah dengan membuat latar belakang gradien baru.
Buka dasbor Canva Anda dan klik ikon + di kanan bawah layar.Ketuk template “Postingan Facebook”. Pilih ikon + lagi dan navigasikan ke foto.Telusuri “Gradien.” Ketuk gambar gradien yang Anda inginkan. Seret tepinya sehingga gambar gradien menutupi seluruh template.
Sekarang, Anda perlu menambahkan teks yang ingin Anda terapkan gradiennya.
Ketuk ikon +. Pilih ikon “Teks”. Jika tidak terlihat, ketuk “••• More” untuk menemukannya. Pilih heading, subheading, atau body text dan pilih font. Sisipkan teks ke dalam gambar Anda. Seret tepi teks untuk membuat ukuran yang diinginkan .Ketuk kotak teks dan masukkan kata-kata yang Anda inginkan.
Anda sekarang memiliki gradien dan font. Selanjutnya, saatnya untuk menerapkan gradien ke teks Anda.
Ubah warna teks menjadi putih.Pilih kotak teks dan gunakan bilah geser transparansi untuk mengatur transparansi teks menjadi 40%.Unduh gambar sebagai file PNG.Masukkan kembali Canva dan geser ke seberang untuk membuka template kosong. Ketuk ikon +. Buka “Unggahan” dan pilih PNG yang baru Anda buat. Ubah ukuran PNG sehingga memenuhi template. Pilih “Efek” dari alat di bagian bawah layar. Ketuk “Penghapus Latar Belakang ” dan wait.
Anda sekarang seharusnya memiliki teks gradien dengan latar belakang putih. Langkah terakhir melibatkan menyesuaikan teks sehingga gradien lebih jelas.
Potong teks dalam gambar PNG Anda.Pilih “Sesuaikan” dari toolbar.Gunakan penggeser untuk menyesuaikan warna dalam teks Anda.
Cara Membuat Gradien dalam Bentuk

Menambahkan a gradien ke bentuk bekerja mirip dengan menambahkan satu ke teks. Anda harus terlebih dahulu membuat gambar gradien sebelum dapat menerapkannya ke bentuk.
Buat Desain Baru dan Ukuran Kustom.Pilih ikon “Elemen”. Temukan “Gradien” dan klik desain. Seret tepi gradien untuk menutupi seluruh halaman Anda. Pilih opsi warna Anda.Simpan dan unduh gambar Anda sebagai PNG.
Selanjutnya, Anda perlu membuat bentuk yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan gambar gradien yang disimpan.
Buka template Canva baru. Arahkan ke “Elemen.” Klik “Bingkai” dan pilih bentuk Anda.Ubah ukuran gambar sesuai kebutuhan.Unggah file PNG yang Anda buat ke dalam template baru dan seret ke atas bentuk.Gunakan sudut bulat gambar untuk menyesuaikan ukurannya.Klik dua kali gambar dan potong agar sesuai dengan bentuk.Klik “ Selesai” ketika Anda selesai.
Mobile

Serupa dengan PC, Anda harus membuat gambar gradien di ponsel Anda sebelum Anda dapat menambahkannya ke bentuk. Sekali lagi, yang terbaik adalah melakukan ini dengan beberapa foto gradien yang disimpan ke perangkat Anda. Mulailah dengan membuat latar belakang gradien.
Buka Canva dan pilih ikon +.Pilih template kosong.Ketuk ikon + lagi dan temukan foto Anda.Telusuri “Gradien.”Pilih gambar gradien untuk disisipkan ke template Anda.Seret tepi gambar sehingga memenuhi template.Simpan template sebagai file PNG.
Selanjutnya, Anda akan membuat bentuk dan menambahkan gambar gradien ke dalamnya.
Buka template Canva baru.Klik ikon +.Ketuk “Elemen”.Gulir ke “Bingkai ” dan pilih bentuk yang Anda inginkan. Klik panah untuk melihat semua bentuk yang tersedia. Ketuk bingkai dan sesuaikan ukurannya menggunakan ikon sudut bulat. Pilih bingkai dan klik ikon +. Ketuk “Folder” dan arahkan ke file PNG yang Anda simpan. Seret PNG yang diunggah ke tengah dari bingkai. Gambar akan otomatis terpotong agar sesuai dengan bingkai.
Gradien untuk Semua Acara

Meskipun perlu sedikit kerja ekstra, gradien dalam teks dan bentuk dapat dibuat menggunakan Canva. Ini memungkinkan Anda membuat gambar menarik yang memiliki kedalaman lebih dan menonjolkannya.

Pernahkah Anda menggunakan gradien di Canva sebelumnya? Tahukah Anda bahwa mungkin menggunakan gradien untuk bentuk dan teks, serta latar belakang? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.