Cara Membuat Kabel Ethernet Lebih Panjang

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Ingin memperpanjang kabel Ethernet yang ada atau ingin melewati batas panjang maksimum tanpa mengorbankan kinerja? Anda akan senang mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk membuat kabel Ethernet lebih panjang.

Panjang Maksimum Kabel Ethernet

Kabel Ethernet standar menggunakan kabel tembaga untuk mengirim sinyal data dari satu ujung ke ujung lainnya. Tetapi semakin jauh sinyal listrik bergerak, semakin terdegradasi. Akibatnya, semua kabel Ethernet memiliki panjang maksimum, di luar itu Anda berisiko mengalami kinerja di bawah standar atau kehilangan koneksi total.

Panjang maksimum ditetapkan pada 100 meter untuk hampir semua kategori kabel Ethernet, kecuali beberapa pengecualian. Misalnya, kabel Kategori 6 (Cat-6) hanya dapat mempertahankan kecepatan 10Gbps untuk jarak sekitar 55 meter. Mereka masih akan bekerja hingga 100 meter, tetapi Anda hanya akan mendapatkan kecepatan 1Gbps di luar batas 55 meter. Demikian pula, kabel Cat-8 memiliki panjang maksimum hanya 30 meter.

Tetapi Anda tidak dibatasi oleh batas panjang ini. Anda dapat menggunakan perangkat seperti sakelar jaringan dan pengonversi media untuk melampaui panjang 100 meter.

Sakelar Jaringan: Bertenaga dan Dapat Diandalkan

Sakelar jaringan adalah salah satu cara yang lebih baik dan lebih andal untuk menyambungkan kabel Ethernet atau memotong 100 meter batas panjang. Meskipun sakelar terutama digunakan untuk menyediakan koneksi Ethernet tambahan pada jaringan, Anda juga dapat menggunakannya untuk memperpanjang panjang kabel saat sakelar tersebut meregenerasi sinyal data.

Switch jaringan tingkat konsumen sangat sederhana untuk dioperasikan. Anda cukup mencolokkan kabel Ethernet masuk di satu port dan kabel keluar di port lain. Satu-satunya downside adalah bahwa sakelar memerlukan sumber daya, jadi Anda akan memerlukan stopkontak tempat Anda memasangnya.

Dengan setiap sakelar, Anda dapat memperpanjang panjang kabel Ethernet hingga batas maksimumnya, yang, seperti disebutkan, adalah 100 meter dalam banyak kasus. Jadi hanya dengan satu sakelar, Anda dapat memiliki koneksi Ethernet sepanjang 200 meter. Namun, Anda harus memastikan bahwa sakelar jaringan memiliki kecepatan transfer data yang sama dengan kabel Ethernet Anda.

Media Converters

Perangkat lain yang dapat Anda gunakan untuk memperluas koneksi Ethernet adalah konverter media. Biasanya memiliki dua port—satu untuk kabel Ethernet dan satu lagi untuk kabel serat optik. Perangkat mengubah sinyal Ethernet menjadi sinyal fiber di satu sisi dan mengembalikan sinyal fiber ke sinyal Ethernet di sisi lain.

Konverter media Ethernet over Fiber sangat berguna dalam memperluas koneksi Ethernet untuk jarak jauh . Kabel serat multimode memiliki jangkauan sekitar 550 meter, dan serat mode tunggal dapat menempuh jarak bermil-mil.

Ethernet Coupler

Meskipun switch jaringan dan konverter media sangat bagus untuk melewati batas 100 meter, hanya sebuah Ethernet coupler yang Anda butuhkan jika Anda hanya ingin memperpanjang kabel pendek. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menggabungkan dua kabel Ethernet dan mendapatkan kabel yang lebih panjang secara keseluruhan. Seperti namanya, coupler Ethernet adalah perangkat sederhana dengan dua konektor RJ45 perempuan untuk menyambungkan salah satu ujung setiap kabel.

Sayangnya, coupler hanya membantu bila panjang gabungan kedua kabel Ethernet kurang dari 100 meter . Anda berisiko menurunkan kinerja atau kehilangan koneksi total jika Anda melampaui 100 meter.

Meskipun Anda dapat menggunakan lebih dari satu coupler Ethernet untuk menggabungkan beberapa kabel Ethernet pendek, itu bukan ide yang baik. Dengan meningkatkan jumlah coupler dalam koneksi Ethernet, ada kemungkinan kegagalan atau kehilangan kecepatan yang lebih besar.

Detail penting lainnya yang perlu diingat sebelum mengambil coupler Ethernet adalah jenis kabel yang Anda sambungkan. Yang terbaik adalah menggabungkan kabel Ethernet dari kategori yang sama. Selain itu, jika kabel terlindung, Anda harus mendapatkan coupler berpelindung. Jika tidak, Anda akan menghadapi masalah kinerja karena kehilangan pelindung.

Persyaratan jaringan setiap orang berbeda, dan terkadang, Anda mungkin mendapati diri Anda menjalankan koneksi Ethernet lebih dari 100 meter. Dalam kasus seperti itu, sebaiknya pilih sakelar jaringan atau konverter media untuk mendapatkan koneksi yang aman dan andal. Atau, jika Anda hanya perlu memperpanjang kabel yang relatif pendek, Anda selalu dapat menggunakan coupler Ethernet.

Itulah berita seputar Cara Membuat Kabel Ethernet Lebih Panjang, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.