Cara Membuat Kabel HDMI Lebih Panjang

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Kabel HDMI standar, juga dikenal sebagai kabel HDMI pasif, memiliki batasan panjang. Mereka hanya bisa sejauh beberapa kaki sebelum mempertaruhkan masalah kinerja. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang panjang koneksi HDMI Anda?

HDMI Cable Length Limitations

High Definition Multimedia Interface (HDMI) sangat membantu dalam mengurangi kekacauan kabel dengan memungkinkan perangkat mengirim sinyal audio dan video melalui satu kabel. Akibatnya, telah banyak diadopsi oleh televisi, komputer, proyektor, signage digital, dan berbagai perangkat lainnya. Namun karena kemampuan standar telah berkembang selama bertahun-tahun, demikian juga permintaan akan kabel HDMI yang lebih panjang.

Tetapi seperti kabel USB dan Ethernet, kabel HDMI standar memiliki batasan panjang praktis. Misalnya, kabel HDMI Kecepatan Ultra Tinggi pasif hanya bisa sekitar lima meter. Demikian pula, kabel HDMI Kecepatan Tinggi Premium pasif memiliki panjang maksimum sekitar 25 meter.

Untungnya bagi Anda, ada cara untuk melewati batasan panjang kabel ini dan memperpanjang koneksi HDMI dengan jarak yang jauh lebih jauh tanpa masalah kinerja.

TERKAIT:HDMI 2.1: Apa `s Baru, dan Apakah Anda Perlu Meng-upgrade?

HDMI Extenders

HDMI extender adalah cara paling umum untuk memperpanjang panjang koneksi HDMI tanpa kehilangan kualitas audio atau video. Extender memiliki tiga bagian utama: pemancar, penerima, dan kabel. Banyak extender menggunakan kabel Ethernet Kategori 5 atau 6, sedangkan yang lain menggunakan kabel serat optik.

HDMI melalui Ethernet extender biasanya dapat mendukung bandwidth hingga HDMI 2.0 (18Gbps) dan panjang hingga 100 meter. Tetapi jika Anda ingin melangkah lebih jauh, HDMI over fiber optic extender adalah pilihan terbaik Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperpanjang koneksi HDMI Anda hingga 1000 meter atau bahkan lebih dalam beberapa kasus, meskipun itu akan berlebihan bagi kebanyakan orang.

HDMI Repeater

HDMI repeater atau booster paling membantu dalam memperluas koneksi HDMI saat Anda membutuhkan sedikit tambahan panjang tetapi bukan panjang lapangan sepak bola. Repeater memperkuat sinyal HDMI untuk mengimbangi peningkatan panjang koneksi. Ini adalah perangkat kecil dengan dua port HDMI perempuan yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan dua kabel HDMI untuk memperpanjang koneksi HDMI secara keseluruhan.

Pengulang HDMI biasanya ditempatkan sekitar setengah jalan, dan membantu hampir dua kali lipat panjang koneksi mungkin dengan kabel HDMI pasif . Namun, beberapa repeater mungkin memerlukan daya eksternal untuk meningkatkan sinyal HDMI.

Wireless HDMI Extenders

A extender HDMI nirkabel adalah cara yang relatif kurang populer untuk menambah panjang sambungan HDMI, tetapi ini membantu saat menjalankan kabel antara sumber dan layar yang menantang. Ini mencakup dua bagian—satu menghubungkan ke sumber dan yang lainnya ke layar. Kedua bagian berkomunikasi melalui sinyal gelombang radio, biasanya pada pita 5GHz atau 60GHz.

Sayangnya, sebagian besar extender HDMI nirkabel di pasaran hanya mampu membawa sinyal 1080p 60Hz dengan sukses. Ada beberapa opsi langka, seperti Monoprice Blackbird Pro, yang dapat memperluas sinyal 4K 30Hz ke seluruh ruangan.

HDMI extender dan repeater sangat bagus untuk menambah panjang kabel HDMI yang sudah Anda miliki. Tetapi jika Anda tidak ingin memperpanjang kabel yang ada dan lebih suka membeli yang baru tetapi lebih panjang dari kabel HDMI standar, Anda memiliki dua opsi: Kabel HDMI aktif dan optik.

Kabel aktif dan optik berbeda dari kabel HDMI pasif biasa yang Anda temukan di pasar. Kabel aktif menggunakan sirkuit elektronik untuk meningkatkan sinyal HDMI agar dapat menempuh jarak yang lebih jauh, sedangkan kabel serat optik atau optik sepenuhnya mengubah media transmisi data.

Tidak seperti kabel HDMI pasif dan aktif, yang menggunakan kabel tembaga, kabel optik menggunakan untaian kaca untuk mentransfer data menggunakan lampu. Cahaya kurang rentan terhadap resistensi dan degradasi sinyal, sehingga kabel HDMI optik dapat secara signifikan lebih panjang daripada kabel HDMI aktif dan pasif.

Anda dapat menemukan kabel HDMI aktif dengan panjang hingga 25 meter dan kabel HDMI serat optik sepanjang 50 meter. kabel di pasaran. Namun, ingat bahwa kabel yang mendukung fitur HDMI generasi terbaru, seperti kabel HDMI Kecepatan Ultra Tinggi, biasanya tersedia dalam panjang yang lebih pendek daripada kabel HDMI generasi lama.

Berbagai Cara untuk Mengatasi Batas Panjang Kabel

HDMI lebih populer dari sebelumnya. Ini ada di hampir semua perangkat hiburan rumah populer akhir-akhir ini dan juga telah diadopsi secara luas di bagian depan PC. Jadi, meskipun kabel HDMI pasif mungkin memiliki panjang yang terbatas, Anda memiliki beberapa cara untuk melewati batas tersebut. Anda dapat memilih repeater HDMI sambil memperluas koneksi di seluruh ruangan atau menggunakan extender untuk menyambungkan seluruh rumah Anda. Terakhir, Anda juga dapat menggunakan kit HDMI nirkabel saat Anda tidak perlu mendorong sinyal 4K.

Jika Anda menggunakan extender atau repeater, penting bagi Anda untuk memulai dengan kabel HDMI yang andal dan berkualitas tinggi sebagai baseline.

 

Itulah berita seputar Cara Membuat Kabel HDMI Lebih Panjang, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.