Cara Membuat Kode QR di Google Spreadsheet

A kode QR nyaman untuk menangkap informasi dengan kamera perangkat seluler. Anda dapat memindai kode untuk mengunjungi situs web dan mendapatkan detail kontak. Untuk mempermudah berbagi, berikut cara membuat kode QR di Google Sheets.

Setelah membuat dan memasukkan kode QR ke Google Spreadsheet, Anda atau audiens Anda dapat memindainya untuk mendapatkan informasi tambahan yang mereka butuhkan. Ada dua metode efektif untuk membuat kode itu. Anda dapat menggunakan fungsi dan rumus atau add-on Google Spreadsheet. Mari kita lihat keduanya.

Membuat Kode QR Menggunakan Fungsi Gambar

Google menawarkan tautan yang dapat Anda masukkan ke dalam rumus fungsi Gambar untuk membuat kode QR. Ini mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya sangat mudah. Dengan itu, Anda dapat menggunakan kode untuk menautkan ke situs web, detail kontak, dan teks.

Pilih sel tempat Anda ingin memasukkan kode QR. Berikut adalah rumus dasar yang menautkan ke situs web di sel A1. Kami akan menguraikan rumus dan menjelaskan opsi yang dapat Anda gunakan.

=image("https://chart.googleapis.com/chart?chs=300x300&cht=qr&chl="&ENCODEURL(A1))

Berikut adalah bagian untuk rumus:

  • https://chart.googleapis.com/chart?: Ini adalah tautan situs yang harus Anda sertakan untuk membuat kode QR.
  • chs=300×300: Ini menentukan ukuran kode QR dalam piksel sebagai lebar dan tinggi. Milik kami adalah 300 kali 300 piksel.
  • cht=qr: Ini menentukan jenis kode QR.
  • chl=”&ENCODEURL(A1): Ini menentukan data yang akan dikodekan. Di sini, kami mengkodekan tautan di sel A1.

Operator ampersand di antara masing-masing dari potongan-potongan ini menghubungkan string. Karena Anda dapat menggunakan rumus untuk membuat kode QR yang lebih dari sekadar menautkan ke situs web, mari kita lihat contoh lain.

Dengan rumus ini, kode kami menyediakan nomor telepon perusahaan kami di sel A2. Kode QR adalah lebar 500 piksel dan tinggi 400 piksel.

=image("https://chart.googleapis.com/chart?chs=500x400&cht=qr&chl="&ENCODEURL(A2))

Catatan: Tergantung pada ukuran yang Anda masukkan untuk kode, Anda mungkin perlu menyesuaikan ukuran kolom atau baris di lembar Anda untuk mengakomodasi kode QR.

Anda dapat menyertakan beberapa bagian opsional dalam rumus:

choe=(output_encoding): Ini menentukan cara mengkodekan data dalam kode QR. Standarnya, jika dihilangkan, adalah UTF-8, tetapi Anda juga dapat menggunakan Shift_JIS atau ISO-8859-1.

spchild=(error_correction_level)(margin): Kode QR menawarkan empat tingkat koreksi kesalahan untuk memulihkan data yang salah dibaca atau disembunyikan. Anda dapat menggunakan ini untuk memilih level.

Di atas adalah milik Google Charts > situs Infografis. Anda dapat mengunjungi situs untuk detail tentang opsi formula dan informasi tambahan tentang cara kerja kode QR.

Membuat Kode QR Menggunakan Add-On

Jika Anda mencari di Google Workspace Marketplace, Anda akan menemukan beberapa pembuat kode QR. Misalnya, Anda mungkin ingin membuat kode secara massal. Tetapi untuk pengaya kode QR sederhana yang berfungsi dengan baik, lihat Pembuat Kode QR ini.

Perhatikan bahwa memasang pengaya pihak ketiga dari Marketplace berarti Anda harus memberikan akses ke item tertentu untuk Akun Google Anda. Pastikan bahwa Anda dan organisasi Anda merasa nyaman dengan risiko keamanan yang terlibat. Jika Anda memutuskan untuk memeriksa pengaya ini, berikut cara kerjanya.

  • Untuk membuat kode, buka Ekstensi > Pembuat Kode QR > Sisipkan Kode QR.
  • Ini membuka bilah sisi untuk pengaya. Masukkan teks atau tautan untuk kode ke dalam kotak di bagian atas. Kemudian, klik “Hasilkan.”
  • Anda akan melihat kode QR ditampilkan sehingga Anda dapat mengambil perangkat seluler dan memindai kode untuk mengujinya dengan cepat.
  • Untuk menambahkan kode ke lembar, pilih “Sisipkan”. Kode kemudian ditampilkan sebagai gambar besar yang dapat Anda pindahkan dan ubah ukurannya sesuka Anda.

 

Saat berikutnya Anda menginginkan cara mudah untuk berbagi informasi langsung dari Google Sheet Anda, pertimbangkan untuk membuat kode QR menggunakan salah satu opsi ini.

Itulah berita seputar Cara Membuat Kode QR di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.