Cara Membuat Komputer Mengisi Layar TV Saat Menghubungkan Melalui HDMI

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Dengan fungsi plug-and-play TV modern, Anda akan berpikir bahwa menghubungkan PC atau laptop Anda akan secara otomatis menyesuaikan diri agar sesuai dengan layar. Sayangnya, lebih sering daripada tidak, ini tidak terjadi, jadi Anda harus menemukan solusi yang sesuai.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara paling umum untuk membuat komputer mengisi layar TV saat menghubungkan melalui HDMI. Kami juga akan memberikan beberapa FAQ singkat tentang menyesuaikan rasio aspek TV Anda.

Mengapa TV Saya Gagal Menyesuaikan Layar?

Alasan umum untuk TV dan komputer yang tidak sesuai dengan layar adalah perbedaan rasio aspek. Meskipun rasio aspek yang paling umum untuk HDTV adalah 16:9, tidak semua televisi mengikuti standar ini. Monitor PC dan laptop umum memiliki rasio 16:9 yang sama, tetapi diberi label sebagai 1920 x 1080, atau hanya 1080p. 1600 x 900 juga merupakan rasio 16:9 tetapi diberi label sebagai 900p.

Perbedaan seperti ini dapat menyebabkan gambar tidak ditampilkan dengan benar di TV layar lebar, terutama jika TV memiliki resolusi lebih tinggi seperti 4K. Agar layar TV dapat menampilkan seluruh gambar dengan benar seperti yang Anda lihat di monitor, pengaturan tampilan pada komputer dan TV harus sesuai.

Cara Memastikan Komputer Mengisi Layar TV

Setelah tersambung melalui HDMI, pastikan Anda telah memilih sumber input yang benar di TV Anda. Secara umum, ini dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
Pada remote TV Anda, pilih “Menu” atau “Pengaturan.” Temukan menu “Input” atau tekan tombol “Input” pada remote Anda. Dari pilihan, pilih input HDMI tempat Anda menyambungkan komputer. Jika TV Anda memiliki lebih dari satu port HDMI, port ini akan diberi label sebagai HDMI 1, HDMI 2, dan seterusnya. Pada menu “Pengaturan”, cari “Pengaturan tampilan”. rasio dari pilihan. Rasio aspek normal harus 16:9.
Atau, Anda dapat menyesuaikan tampilan di komputer Anda dengan melakukan hal berikut:

Pada Windows:
Di desktop Anda, klik kanan untuk membuka menu tampilan.Klik “Pengaturan Tampilan.” yakin bahwa Anda berada di tab “Tampilan” di menu sebelah kiri. Temukan “Resolusi Tampilan” di bawah “Skala dan Tata Letak.” Normal 16:9 harus 1920 x 1080. Ini adalah resolusi 1080p dan harus memiliki kualitas tampilan yang baik.Jika TV Anda tidak menampilkan resolusi yang tepat, sesuaikan ke 1600 x 900 atau 900p. Komputer Anda akan memberikan peringatan yang menanyakan apakah Anda menerima pengaturan yang diubah. Pilih “Yes.”
On Mac:
Pilih menu Apple.Pilih “System Preferences.”Klik “Displays.”Pilih “Scaled.”Pilih 1920 x 1080. Jika TV Anda gagal menampilkan resolusi yang tepat, pilih 1600 x 900.
Other Rasio Aspek

Seperti yang disebutkan, 16:9 atau 1920 x 1080 adalah rasio aspek standar televisi modern saat ini, tetapi tidak semua orang mengikutinya. Beberapa merek mungkin menawarkan resolusi yang lebih tinggi terutama jika TV dalam 4K. Periksa manual TV Anda untuk menemukan resolusi yang tepat sehingga Anda dapat menampilkan komputer Anda dengan benar untuk mengisi layar TV. Berikut adalah beberapa resolusi paling umum yang tersedia: TV
nHD menampilkan 16:9 tetapi pada 640 x 360pqHD TV menampilkan 16:9 tetapi pada 960 x 540pHD TV adalah standar lama pada 16:9 dan 1280 x 720pHD+ juga 16: 9 tetapi tampilan pada 1600 x 900pFHD adalah standar saat ini pada 16:9 dan 1920 x 1080pDCI 2K adalah TV 2K dan tampilan pada 16:9 dan 2048 x 1080pQHD biasanya ditemukan pada perangkat seluler dan layar Apple Cinema. Ini memiliki rasio aspek 16:9 dan pada 2560 x 1440p.4K UHD adalah resolusi TV 4K saat ini dan semakin populer di pasar. Ini menampilkan 16:9 pada 3840 x 2160.
Masalah Overscaling

Terkadang, masalah sebaliknya terjadi ketika Anda ingin menampilkan komputer Anda di TV. Overscaling adalah ketika gambar yang ditampilkan lebih besar dari yang dapat ditangani oleh TV Anda. Ini adalah masalah ketika bilah tugas Anda berada di bagian bawah layar, dan itu tersembunyi karena gambar komputer terlalu besar. Ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan menyesuaikan resolusi melalui driver video Anda. Instruksi berbeda tergantung pada apakah Anda menggunakan AMD atau NVIDIA, tetapi kami akan memberikan keduanya di sini.

Untuk komputer yang menggunakan NVIDIA

Panel Kontrol NVIDIA memiliki pengaturan kontrol yang memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan dan penskalaan. Itu dapat diakses dengan melakukan hal berikut:
Pada bilah tugas Anda, klik “Tampilkan ikon tersembunyi” di sisi kanan PC Anda. Klik kanan pada ikon Pengaturan NVIDIA. Pilih “Panel Kontrol NVIDIA.” Atau, jika ikon tidak ada di bilah tugas, Anda dapat mengetik “Panel Kontrol NVIDIA” di bilah pencarian. Di menu sebelah kiri, pilih “Tampilan”. Klik “Sesuaikan Ukuran dan Posisi Desktop”. Di bawah “Terapkan yang berikut ini” Pengaturan,” klik pada tab “Ukuran”. Pastikan sakelar “Aktifkan pengubahan ukuran desktop” telah dicentang. Klik “Ubah ukuran.” Slider akan muncul memungkinkan Anda untuk menyesuaikan lebar dan tinggi tampilan Anda saat ini. Jika komputer Anda terhubung melalui HDMI, Anda dapat menyesuaikan ini secara langsung untuk melihat bagaimana tampilan pas di TV Anda. Klik “OK.” Sebuah jendela akan muncul menanyakan apakah Anda ingin mengonfirmasi pengaturan tampilan saat ini. Pilih “Ya.” PC dan TV Anda sekarang harus diskalakan dengan benar.
Untuk komputer yang menggunakan AMD

AMD memiliki opsi penskalaan yang serupa. Anda dapat menyesuaikan rasio aspek dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Klik panah ikon tersembunyi di sebelah kanan bilah tugas. Pilih “Pengaturan Radeon”. Atau, Anda dapat mengetik “Pengaturan AMD” ke dalam bilah pencarian. Pada menu, klik tab “Tampilan” di bagian atas jendela. Cari penggeser “Penskalaan HDMI”. Ini harus berada di bawah tab “Tampilan” di mana Anda menghubungkan komputer Anda melalui HDMI. Geser bilah ke kanan untuk menyesuaikan penskalaan. Anda akan melihat penyesuaian yang terjadi di TV Anda jika sudah tersambung dengan benar. Setelah selesai, cukup keluar dari menu Pengaturan Radeon.
Yang Perlu Diingat Saat Menggunakan TV sebagai Monitor

Sekarang Anda telah menghubungkan komputer ke TV dengan benar dan menampilkan gambar dengan benar, ada beberapa hal yang perlu diingat. Ada alasan bagus mengapa kebanyakan orang tidak menggunakan TV sebagai monitor komputer, dan biasanya berkaitan dengan kinerja.

Jika poin-poin ini tidak mengganggu Anda, maka selamat, Anda memiliki monitor komputer yang lumayan. Namun, jika alasan Anda menggunakan TV sebagai monitor adalah untuk bermain game, Anda mungkin perlu memperhatikan hal berikut:

Lag Masukan: Monitor komputer dirancang untuk memastikan bahwa kelambatan masukan serendah mungkin. Ini mengacu pada waktu antara Anda menggerakkan mouse atau menggunakan pengontrol dan tindakan yang ditampilkan di layar. HDTV tidak dirancang untuk ini, karena memprioritaskan pemrosesan video.

Kebanyakan input lag dapat diukur dalam milidetik, dan meskipun 10 hingga 20 milidetik mungkin tampak terlalu cepat, saat Anda bermain secara kompetitif, jeda tersebut dapat memengaruhi game Anda.

Response Time: Jangan disamakan dengan input lag, response time mengacu pada kecepatan di mana tampilan berubah warna saat pemandangan berubah. Karena TV memprioritaskan pemrosesan video, mereka memiliki waktu respons yang lebih lambat untuk menampilkan warna yang lebih kaya dan kontras yang lebih tajam. Monitor komputer cenderung mengurangi pemrosesan gambar demi waktu respons yang cepat, terutama selama bermain game.

Beberapa TV akan memiliki mode permainan yang menyetel pemrosesan gambar lebih rendah untuk mengikuti tampilan game berkecepatan tinggi dan mencegah ghosting. Jika TV Anda tidak memiliki fitur ini, Anda mungkin mulai melihat gambar ganda saat memainkan game cepat.

Rasio Penyegaran: Sebagian besar TV akan memiliki kecepatan penyegaran 60Hz, yang baik untuk menonton film, karena sebagian besar video direkam pada 24, 30, atau 60 frame per detik. Banyak game modern memiliki kecepatan refresh 120Hz ke atas. Jika kecepatan refresh game dan tampilan tidak sinkron, Anda mungkin mengalami kegagapan dalam game.

A Monitor Sementara

Dalam keadaan darurat, TV dapat digunakan sebagai monitor darurat. Namun, jika Anda tidak tahu cara membuat komputer sesuai dengan layar TV saat menghubungkan melalui HDMI, pengalaman tersebut dapat mengganggu. Untungnya, ada solusi mudah untuk masalah itu tergantung pada resolusi komputer dan TV Anda saat ini.

Apakah Anda tahu cara lain untuk menyesuaikan komputer ke layar TV melalui HDMI? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.