Cara Membuat Layanan Streaming Musik Anda Sendiri dengan Plex

Di era streaming, mempertahankan koleksi musik pribadi sering kali menjadi sia-sia. Membuka Spotify lebih mudah daripada mentransfer file antar perangkat atau berurusan dengan pemutar musik yang jelek atau dihentikan. Tetapi Anda tidak perlu meninggalkan koleksi musik Anda di zaman batu, karena Anda dapat membangun layanan streaming musik Anda sendiri dengan Plex.

Apakah Menggunakan Plex untuk Musik?

Plex paling dikenal sebagai platform streaming film. Ini memungkinkan Anda mengalirkan koleksi video Anda ke perangkat apa pun di dalam atau di luar rumah Anda, dan antarmuka fantastisnya secara otomatis mengisi kekosongan dengan menyediakan sampul, ringkasan, dan informasi lain untuk file video Anda.

Tapi Plex tidak hanya untuk film. Anda juga dapat menggunakan layanan untuk audio, baik itu musik atau buku audio. Dan karena Plex gratis, Anda dapat secara efektif membangun layanan streaming musik Anda sendiri tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Simple.

Plex mendukung pemutaran hampir semua format file, bahkan format lossless seperti FLAC. Dan tidak seperti layanan streaming “nyata” itu, ia memiliki visualisator bawaan, pengaturan EQ yang dalam, opsi kenyaringan, dan kontrol fading.

Tentu saja, Plex juga dapat menambahkan banyak data ke koleksi musik Anda. Ini secara otomatis menerapkan seni sampul ke album, mengatur artis dengan foto dan bios, dan bahkan menampilkan lirik untuk musik. Plus, Plex dapat memberi tahu Anda tentang konser yang akan datang, dan jika Anda tidak keberatan dengan kritik, itu dapat menunjukkan kepada Anda ulasan album.

Plex bahkan dapat menggunakan “sidik jari audio” untuk membantu mengidentifikasi trek yang salah nama, yang sangat membantu jika Anda memiliki banyak , perpustakaan musik yang sedikit tidak teratur. Meskipun demikian, fitur ini berfungsi paling baik dengan lagu-lagu terkenal, bukan bajakan atau hal-hal yang tidak jelas.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Server Plex?

Anda dapat mengubah komputer lama menjadi server media Plex. Itu hanya membutuhkan jumlah ruang penyimpanan yang wajar dan koneksi internet yang stabil, lebih disukai melalui kabel Ethernet. Tapi seperti biasa, saya sarankan menggunakan stik TV NVIDIA Shield atau komputer mikro Raspberry Pi 4.

NVIDIA Shield TV dan Raspberry Pi 4 jauh lebih hemat daya daripada komputer berukuran penuh, sehingga berdampak minimal pada tagihan listrik Anda . Dan meskipun produk ini tidak sangat kuat, produk ini cukup baik untuk streaming video 4K, sehingga tidak akan mengalami masalah saat streaming audio. (Perhatikan bahwa kedua solusi ini memerlukan penyimpanan eksternal.)

Jika Anda menginginkan sesuatu dengan sedikit lebih banyak fleksibilitas atau kekuatan, Anda harus menggunakan komputer atau perangkat NAS untuk server Plex Anda. Jika Anda menggunakan rute PC, saya sarankan menggunakan sesuatu yang kecil dan efisien seperti Intel NUC, meskipun Anda juga dapat mengeluarkan Acer atau Dell lama dari lemari Anda. Untuk perangkat NAS—yah, mereka benar-benar dibuat untuk menjadi server dan seringkali merupakan pilihan terbaik untuk build Plex hardcore.

Semua solusi Plex di atas dapat secara otomatis mencadangkan data, meskipun PC atau NAS adalah pilihan terbaik jika redundansi data adalah prioritas.

Sekarang, jika Anda ingin menguji Plex sebelum membeli perangkat keras apa pun, Anda selalu dapat menjalankan server media dari komputer desktop atau laptop utama Anda. Ini tidak akan memengaruhi fungsi normal komputer Anda, karena Plex pada dasarnya hanyalah perangkat lunak yang mengalirkan file dari komputer Anda ke internet. (Saya tidak akan menyebut ini solusi jangka panjang, karena Plex dapat memperlambat komputer Anda saat aktif dan akan menghabiskan drive penyimpanan Anda dengan penggunaan yang berat.)

Setelah Anda memilih perangkat untuk server media Plex Anda, ikuti petunjuk mulai cepat platform untuk menyiapkan semuanya. Sekali lagi, proses ini benar-benar gratis; Anda hanya perlu membuat akun Plex dan dengan sabar mengikuti instruksi Plex.

Tambahkan Koleksi Musik Anda ke Plex

Karena Anda sedang membangun layanan streaming, Anda perlu memburu beberapa MP3, WAV, FLAC, dan file musik lainnya . Itu berarti menyalin CD Anda, membeli musik bebas DRM melalui platform seperti Amazon atau Bandcamp, dan menghapus DRM dari musik yang Anda beli di iTunes.

Setelah Anda memiliki koleksi musik digital, Anda perlu mengaturnya untuk Plex. Jika tidak, layanan hanya akan menampilkan trek acak yang berantakan. Mengatur musik Anda sangat mudah, dan jika Anda sudah memiliki koleksi musik untuk iTunes atau pemutar musik lain, maka pekerjaan Anda selesai. kenyamanan Anda:

Buat folder berjudul “Musik.” Ini adalah direktori yang akan digunakan Plex untuk musik. Folder “Musik” Anda harus berisi folder unik untuk setiap artis. Setiap folder artis harus berisi musik mereka. Tapi jangan mencampur file-file itu bersama-sama; pisahkan setiap album ke dalam foldernya sendiri. Beri nama setiap lagu dalam album, letakkan nomor trek di depan namanya. Tambahkan metadata ke setiap lagu di perpustakaan Anda. Metadata ini memberi tahu Plex dari artis dan album mana lagu itu berasal, ditambah penempatannya di album. (Anda dapat menggunakan alat seperti MusicBrainz Picard untuk mempercepat proses ini, atau cukup klik kanan setiap trek dan edit propertinya.)

Saya harus menjelaskan bahwa Plex secara otomatis mengatur dan menambahkan metadata ke perpustakaan Anda. Bahkan jika beberapa trek dalam koleksi Anda tidak memiliki informasi, seperti metadata daftar lagu, trek tersebut dapat berfungsi dengan baik dengan layanan tersebut. Tapi saya tidak berjanji.

Sekarang musik Anda diatur untuk Plex, Anda perlu menyalin folder “Musik” ke drive penyimpanan server Plex Anda. Kemudian, Anda perlu memberi tahu Plex di mana menemukan direktori musik Anda.

Buka klien web Plex dan buka Pengaturan (ikon alat). Kemudian, temukan bagian “Kelola” dan pilih “Perpustakaan.” Klik tombol “Tambah Perpustakaan” dan pilih “Musik” sebagai jenis perpustakaan Anda. Sekarang, pilih  direktori musik yang Anda buat sebelumnya sebagai folder sumber. Konfirmasikan pilihan Anda dengan mengklik “Tambah Perpustakaan.”

Koleksi musik Anda sekarang akan memenuhi server Plex Anda. Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama tergantung pada ukuran perpustakaan Anda, terutama karena Plex mencari gambar dan informasi untuk setiap artis, album, dan trek.

Gunakan Aplikasi Plexamp atau Prism untuk Streaming

Meskipun Anda dapat mengalirkan audio dari aplikasi atau browser Plex normal klien, pengalamannya tidak bagus di perangkat seluler. Itu sebabnya saya sarankan menggunakan Plexamp atau Prism. Aplikasi ini terlihat sangat apik dan terasa seperti pemutar musik “nyata”, jadi aplikasi ini merupakan bagian integral dari pengalaman streaming musik yang bagus.

Plexamp adalah aplikasi resmi, dan cukup menarik. Ini menawarkan beberapa opsi tema, daftar putar otomatis berdasarkan perpustakaan Anda, pemutaran tanpa celah, pengaturan EQ dan amplifier yang dapat disesuaikan, dan mendengarkan offline. Selain itu, Anda dan teman yang sama-sama kerennya dapat memasangkan pustaka Plex Anda bersama-sama melalui Plexamp untuk berbagi musik!

Sayangnya, Plexamp memerlukan Plex Pass. Itu adalah langganan bulanan $6, atau jika Anda menginginkan keanggotaan seumur hidup, biaya satu kali $120. Mereka yang baru mengenal Plex dan tidak ingin membayar $6 harus mencoba Prism sebagai gantinya — ingatlah bahwa itu hanya tersedia untuk iOS.

Aplikasi Prism gratis dan cukup disempurnakan, meskipun tidak membuat daftar putar otomatis. Fitur yang menentukan di sini, selain streaming Plex gratis, adalah kemampuan untuk menarik musik dan daftar putar dari perpustakaan iCloud Anda. Jika Anda mencoba Prism dan menganggapnya layak, saya sarankan untuk meningkatkan ke Plexamp.

Plex Pass

Plex Pass membuka kunci pemutar media Plexamp, ditambah fitur premium seperti unduhan offline dan pembatasan konten untuk keluarga.

Itulah berita seputar Cara Membuat Layanan Streaming Musik Anda Sendiri dengan Plex, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.