Cara Membuat Pecahan di Microsoft Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda dapat memformat pecahan umum secara otomatis menggunakan Koreksi Otomatis, atau membuka Penampil Simbol atau Karakter untuk memilih pecahan yang akan disisipkan. Alat Persamaan di Word juga akan memungkinkan Anda memilih gaya pecahan dan memasukkan pembilang dan penyebut tertentu.

Jika Anda membuat makalah sekolah, laporan keuangan, atau dokumen lain yang membutuhkan pecahan, mudah untuk menulisnya di Microsoft Word dokter. Bahkan, Anda memiliki beberapa opsi untuk menyisipkan pecahan di Word, termasuk menggunakan KoreksiOtomatis dan menyisipkan simbol dan persamaan.

Menulis Pecahan Menggunakan KoreksiOtomatis

Microsoft Word di Windows dan Mac memberi Anda opsi untuk secara otomatis mengubah pecahan biasa menjadi simbolnya seperti satu setengah dan seperempat. Setelah Anda mengaktifkan opsi KoreksiOtomatis, cukup ketikkan angka dengan garis miring antara dan Anda akan melihat konversi pecahan.

Windows

Pada Windows, buka Word dan pilih File > Opsi. Pilih “Proofing” di sebelah kiri dan klik “AutoCorrect Options” di sebelah kanan.

Pilih tab Format Otomatis Saat Anda Mengetik dan centang kotak untuk Pecahan Dengan Karakter Pecahan. Anda juga dapat melihat contoh tampilan transformasi.

Mac

Untuk mengaktifkan KoreksiOtomatis di komputer Mac, buka Word dan pilih Word > Preferensi dari bilah menu. Kemudian, pilih “KoreksiOtomatis.”

Pilih tab Format Otomatis Saat Anda Mengetik dan centang kotak Pecahan Dengan Karakter Pecahan. Seperti pada Windows, Anda juga dapat melihat contoh pecahan yang dikonversi.

Setelah Anda mengaktifkan fitur KoreksiOtomatis untuk pecahan, Anda dapat mengetik sesuatu seperti 1/2 dan mengubahnya menjadi simbol pecahan secara otomatis.

Sisipkan Pecahan Menggunakan Simbol

Karena fitur KoreksiOtomatis di atas hanya berfungsi untuk pecahan umum, Anda dapat menggunakan simbol di Word di Windows atau karakter khusus di Mac untuk yang kurang umum seperti dua pertiga atau tiga perlima.

Windows

Di komputer Windows, tempatkan kursor di tempat yang Anda inginkan untuk pecahan di Word dokumen dan buka tab Sisipkan. Buka menu tarik-turun Simbol dan pilih “Simbol Lainnya”.

Di jendela Simbol, buka tab Simbol dan pilih “Formulir Angka” di daftar tarik-turun Subset. Anda kemudian akan melihat beberapa pecahan biasa pada bagian di bawah.

Klik dua kali pecahan atau pilih dan klik “Sisipkan” untuk meletakkannya di dokumen Anda. Klik “Tutup” untuk menutup jendela Simbol saat Anda selesai. Namun Anda dapat menggunakan Penampil Karakter atau papan ketik emoji di Mac untuk memasukkan pecahan yang tidak biasa dengan mudah.

Tekan Command+Control+Spasi, gunakan tombol globe di papan ketik, atau pilih Edit > Emoji & Simbol di bilah menu untuk membuka penampil.

Enter “Fraction” ke dalam kotak pencarian di bagian atas jendela pop-up. Anda kemudian akan melihat banyak pecahan untuk dipilih.

Klik salah satu yang ingin Anda tempatkan di posisi kursor atau seret pecahan ke dalam dokumen Word di tempat yang Anda inginkan. karakter memiliki pecahan yang Anda butuhkan, Anda dapat menyisipkan persamaan. Fitur ini berfungsi sama di Word pada Windows dan Mac.

Buka tab Sisipkan dan pilih “Persamaan” di bagian Simbol pada pita. Klik tombol itu sendiri atau pilih “Sisipkan Persamaan Baru” di menu tarik-turun.

Saat editor persamaan ditampilkan di dokumen Anda, pilih tab Persamaan yang muncul bersamanya. Buka kotak tarik-turun Pecahan dan pilih gaya di bagian atas dari empat opsi.

Setelah gaya pecahan muncul di editor persamaan, pilih setiap kotak untuk memasukkan pembilang dan penyebut yang Anda perlukan.

Anda kemudian dapat menggunakan panah di sebelah kanan sisi editor persamaan untuk mengubah perataannya dalam dokumen atau memindahkannya sejajar dengan teks Anda.

Memasukkan pecahan di Microsoft Word itu mudah setelah Anda mengetahui tiga metode di atas. Untuk selengkapnya, lihat cara memformat teks superskrip atau subskrip di Word.

Disadur dari HowToGeek.com.