Cara Membuat Penampil Foto Windows sebagai Penampil Gambar Default Anda di Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Windows Photo Viewer pertama kali dirilis dengan Windows XP. Meskipun kuno dalam hal perangkat lunak, itu masih bertahan cukup baik di Windows 11. Jika Anda ingin terus menggunakannya, Anda bisa — itu bahkan tidak sulit. Inilah cara Anda dapat mengaktifkan Windows Photo Viewer.

Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 11

Biasanya tidak ada cara untuk menggunakan Windows Photo viewer di Windows 11. Perangkat lunak ini masih disertakan dalam sistem operasi, tetapi sepenuhnya dinonaktifkan. Untungnya bagi kami, ada solusi. Di Windows 10, Windows Photo Viewer dapat diaktifkan kembali menggunakan peretasan registri —- ternyata peretasan registri yang sama juga berfungsi di Windows 11. di bawah ini, lalu buka arsip ZIP di program pengarsipan favorit Anda. File Explorer akan berfungsi dengan baik jika Anda tidak memiliki program pihak ketiga, karena program ini sangat mampu mengekstrak file ZIP.

Klik dua kali file ZIP bernama “Activate Windows Photo Viewer 11″ untuk membukanya, lalu cari kunci REG bernama “Aktifkan Windows Photo Viewer di Windows 11.reg.”

Klik dua kali tombol REG, dan Anda akan mendapatkan popup yang memperingatkan Anda tentang risiko keamanan menambahkan kunci registri.

Anda harus berhati-hati dengan file REG, terutama jika file tersebut tidak berasal dari sumber tepercaya, karena dapat digunakan secara jahat. Jika Anda skeptis terhadap file REG — dan biasanya Anda seharusnya begitu — Anda dapat memeriksa sendiri apa yang dilakukannya. Buka saja di editor teks biasa, seperti Notepad, dan lihat entri registri yang diubahnya. Jika tidak segera jelas apa yang dilakukan file REG, dan biasanya tidak, Anda selalu dapat mencari kunci yang relevan di internet. Registry Windows didokumentasikan dengan baik, jadi seharusnya tidak terlalu sulit untuk mengetahui apa yang dilakukan entri dalam file REG.

Dalam hal ini, file REG berasal dari kami dan telah diuji secara ekstensif selama bertahun-tahun, jadi Anda dapat yakin itu tidak berbahaya. Silakan saja dan klik “Ya.”

Windows Photo Viewer sekarang telah diaktifkan. Ini akan muncul di semua tempat biasa di mana Anda akan menemukan aplikasi melihat foto, seperti daftar Klik kanan “Buka Dengan” dan menu Program Default.

Cara Mengatur Windows Photo Viewer sebagai Penampil Foto Default di Windows 11

Windows 11 hadir dengan aplikasi Foto sebagai aplikasi default untuk hampir semua format gambar. Jika Anda ingin mengubahnya ke Windows Photo Viewer, ada beberapa cara mudah untuk melakukannya.

Klik Kanan File Gambar untuk Mengubah Program Default

Anda tidak perlu menelusuri aplikasi Pengaturan untuk mengubah aplikasi apa yang digunakan untuk membuka semua jenis file yang diberikan. Opsi dibangun ke dalam menu konteks klik kanan.

Klik kanan file PNG, buka “Buka dengan,” lalu klik “Pilih Aplikasi Lain.”

Gulir daftar aplikasi sampai Anda melihat Windows Photo Viewer pada daftar . Anda mungkin perlu mengeklik “Aplikasi Lainnya” untuk membuatnya muncul. Klik Windows Photo Viewer sekali untuk memilihnya, centang kotak di bagian bawah yang bertuliskan “Always Use This App To Open .png Files,” lalu klik “OK.”

PNG apa pun yang Anda buka setelah itu akan dibuka di Windows Photo Viewer kecuali Anda tentukan sebaliknya. Anda harus mengulangi langkah-langkah ini untuk setiap format gambar (seperti JPG atau BMP) yang ingin Anda buka di Windows Photo Viewer. Untungnya, tidak terlalu banyak yang umum, jadi tidak terlalu banyak pekerjaan.

Gunakan Jendela Aplikasi Default

Windows 11 memiliki cara terpusat untuk mengelola format file yang terkait dengan aplikasi. Ini adalah cara yang sangat nyaman untuk mengatur aplikasi default Anda. Buka aplikasi Pengaturan, buka “Aplikasi,” lalu klik “Aplikasi default”. format gambar apa pun yang Anda inginkan ke dalam bilah pencarian di bagian atas jendela, seperti “.jpg,” lalu tekan ikon persegi di sisi kanan.

Jendela “Buka Dengan” yang biasa akan muncul. Gulir ke bawah, klik “Aplikasi Lainnya,” dan terus gulir hingga Anda mencapai Windows Photo Viewer. Klik sekali untuk memilihnya, lalu tekan “OK.”

Anda harus melakukan ini untuk setiap format gambar yang ingin Anda kaitkan dengan Windows Photo Viewer, tetapi tidak seperti cara lain untuk mengubah asosiasi format aplikasi, Anda sebenarnya tidak perlu gambar untuk diklik kanan.

Ingat, hanya karena Windows Photo Viewer disertakan dalam Windows 11 tidak berarti itu didukung sepenuhnya. Ini adalah perangkat lunak yang lebih lama, dan Anda mungkin mengalami masalah dengannya di masa mendatang. Ada kemungkinan itu akan sepenuhnya dihapus di pembaruan mendatang.

Itulah berita seputar Cara Membuat Penampil Foto Windows sebagai Penampil Gambar Default Anda di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.