Cara Membuat Tabel di Markdown

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Markdown membuatnya sangat mudah untuk mengedit teks secara online. Tetapi tautan dan elemen yang dicetak tebal hanyalah sebagian dari fitur-fiturnya yang keren. Anda juga dapat membuat tabel tanpa banyak kesulitan. Jika Anda sudah mencoba melakukannya tetapi tidak berhasil, jangan khawatir. Banyak pemrogram penurunan harga pemula pernah mengalami hal yang sama.

Untungnya, kami membantu Anda. Artikel ini membagikan semua yang perlu Anda ketahui tentang membuat tabel di Markdown.

Membuat Tabel dengan Markdown

Sebagai bahasa markup yang ringan untuk posting konten online di web, Markdown memiliki sintaks yang relatif sederhana. Anda dapat membuat HTML terorganisir menggunakan script Perl sederhana.

Sejak Perl muncul, Penurunan harga telah melihat munculnya banyak fitur yang berbeda. Meskipun tabel bukan bagian dari konfigurasi asli, sebagian besar editor sekarang memiliki dukungan terintegrasi untuk tabel tersebut.

Berikut cara membuat tabel dalam Penurunan harga dan sumber daya apa yang dapat Anda gunakan untuk membuat proses berjalan lebih lancar.

Spesifikasi

Tabel penurunan harga memiliki dua bagian: header dan baris dengan data di dalam tabel. Berikut adalah perbedaan spesifikasi terkait tabel di Markdown:
A tanda hubung (—) pembatas baris ke header yang berbeda dari bodyA titik dua (:) membuat konten sel menjadi selarasKarakter pipa (|) berfungsi sebagai pemisah kolom individual
Headers

A header dalam sebuah tabel dapat terdiri dari dua baris. Pipa dan spasi memisahkan header dari header lain di baris pertama (atau header kolom). Tujuan dari baris kedua, atau baris pembatas, adalah untuk menentukan perataan horizontal teks.

Setiap kolom di baris header setidaknya harus memiliki tiga tanda hubung. Pengguna dapat menambah jumlah spasi atau tanda hubung demi keterbacaan.

Jika Anda ingin menyelaraskan kolom ke salah satu sisi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Menyejajarkan Kolom ke Kiri
Letakkan titik dua di sisi kiri kolom tanda hubung (:—) badan tabel di Penurunan harga dapat memiliki beberapa baris dibagi dengan jeda baris. Sama seperti dengan header, sel-sel dipisahkan oleh pipa. Pengguna dapat mengisi setiap sel tabel dengan sintaks Markdown yang berbeda untuk pemformatan seperti huruf tebal, miring, gambar, tautan, blok kode sebaris, dll.

Untuk menyisipkan pipa ke dalam sel, cukup awali sel dengan garis miring terbalik. Anda juga dapat memiliki rentang sel di beberapa baris dengan menggunakan “” tag.

Table Generators

Table Penciptaan di Markdown dilengkapi dengan sintaks sederhana. Namun, itu juga bisa menjadi proses yang memakan waktu dan membosankan. Itu sebabnya Anda dapat menggunakan generator tabel.

Tables Generator adalah salah satu situs web paling mudah yang dapat Anda gunakan untuk tujuan ini. Cukup buka situs web dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Pilih sebanyak mungkin baris dan kolom yang Anda inginkan dari kotak dialog. Tekan tombol “Buat”. Tambahkan konten dengan mengklik dua kali pada bidang tersebut. Tekan “Tab” untuk menavigasi antar bidang. (Opsional) Sejajarkan tabel dengan alat perataan yang terletak di sudut atas. Tekan tombol “Hasilkan” untuk melihat hasil Anda. Tekan “Salin ke papan klip.” Tempel tabel yang baru saja Anda buat ke dalam dokumen Anda. Ringkaskan tabel Anda atau hemat ruang dengan mencentang pengaturan “Mode ringkas”.
Aplikasi Markdown

Anda tidak hanya harus bergantung pada situs web untuk membuat tabel di Markdown. Baru-baru ini, ada peningkatan aplikasi tangguh yang memungkinkan Anda memformat tabel dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dengan program seperti Word.
Typora
Typora membuatnya sangat mudah untuk membuat tabel. Cukup buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Tekan “Paragraf”, lalu “Tabel”, lalu “Sisipkan tabel”. Kotak dialog baru akan muncul. Masukkan jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan untuk tabel Anda. Klik kanan pada sel di tabel. Pilih “Tabel,” lalu “Tambahkan Baris Di Bawah,” atau “Tambahkan Kolom Sebelum atau Setelah.”
Typora juga memungkinkan Anda mengubah ukuran dan menyelaraskan tabel dan konten di dalamnya, menyusun ulang kolom dan baris, dan banyak lagi.

Membuat Tabel dengan Penurunan Harga – Dijelaskan

Sintaks penurunan harga relatif mudah, tetapi dapat memakan waktu saat membuat tabel. Perputaran yang mudah adalah menggunakan generator tabel online, membuat tabel di sana, dan menempelkannya ke dokumen Penurunan harga Anda. Dengan cara ini, Anda akan menghemat waktu dan dapat melakukan tugas lain yang lebih penting.

Apakah Anda tahu metode kreatif lain untuk membuat tabel di Penurunan harga? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.