Cara Membuat Tautan ke Slide Tertentu di Google Slide

Jika Anda pernah membuat presentasi PowerPoint, Anda sudah tahu bahwa Anda dapat menambahkan hyperlink ke slide Anda. Google Slides membawa penautan ke tingkat yang sama sekali baru, memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan ke slide tertentu dalam presentasi Anda. Dengan fitur praktis ini, Anda dapat melompat dari satu slide ke slide lain tanpa perlu menjeda tayangan slide hanya untuk menemukan sesuatu.

Lanjutkan membaca untuk mengetahui cara menambahkan tautan ke slide tertentu di Google Slide. Panduan ini juga akan menjelaskan cara menambahkan tautan ke presentasi yang berbeda di Google Slides.

Cara Menambahkan Tautan ke Slide Tertentu di Google Slides

Mengetahui cara menambahkan tautan ke slide tertentu di Google Slide bisa sangat berguna. Misalnya, dengan fitur ini, Anda dapat membuat tautan di akhir presentasi yang bertuliskan “Kembali ke slide pertama” atau semacamnya. Jika Anda membuat presentasi besar dengan lebih dari 50 slide, memiliki tautan yang membawa Anda bolak-balik ke poin tertentu dalam presentasi akan menghemat banyak waktu. Meskipun penulis presentasi dapat menggunakan alat penautan ini dalam banyak cara, alat ini juga berguna bagi audiens, karena alat ini akan membantu mereka menyelesaikan presentasi dengan lebih mudah.

Anda tidak hanya dapat menambahkan tautan ke slide tertentu di Google Slide, tetapi Anda juga dapat menyisipkan tautan yang akan membawa Anda ke presentasi Google Slide lainnya. Tidak ada batasan berapa banyak tautan yang dapat Anda tambahkan, dan Anda bahkan dapat mengeditnya.

Fitur ini memungkinkan Anda membuat koneksi antara slide yang berbeda dalam presentasi Google Slide yang sama. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menambahkan tautan ke slide tertentu di Google Slides:
Buka Google Slides di browser pilihan Anda. Masuk ke akun Google Anda. Arahkan ke “Presentasi terbaru” untuk menemukan presentasi yang ingin Anda edit atau buat presentasi baru. Temukan slide tempat tautan akan disisipkan. Sorot kata atau teks yang akan ditautkan. Buka “Sisipkan.” Pilih “Tautan” dari daftar opsi. Pilih slide mana tautan akan membawa Anda. Jika Anda tidak melihat nomor slide, pilih “Slide dalam presentasi ini.” Pilih slide dari daftar opsi. Klik tombol “Terapkan”.
Kata atau teks yang ditautkan akan segera berubah menjadi biru. Anda dapat langsung mengkliknya untuk memastikan Anda berhasil menambahkan tautan. Saat Anda mengeklik tautan, Anda akan melihat kotak dengan pratinjau ke mana tautan akan membawa Anda. Cukup pilih tautan di dalam kotak, dan Anda akan dibawa ke slide yang Anda pilih.

Karena platform presentasi online ini adalah bagian dari rangkaian Editor Google Documents, Anda tidak perlu menyimpan presentasi. Semua jenis perubahan yang dibuat di Google Slide akan disimpan secara otomatis.

Cara yang jauh lebih cepat untuk menambahkan tautan ke slide tertentu adalah dengan menyorot teks dan mengeklik kanannya. Anda akan melihat opsi “Tautan” di suatu tempat di menu tarik-turun. Ikuti langkah yang sama dari petunjuk di atas untuk menyelesaikan proses penautan. Cara yang lebih cepat untuk menyisipkan tautan adalah dengan menggunakan pintasan “Ctrl + K.”

Tergantung pada slide yang Anda buka saat ini, Google Slide akan memberi Anda beberapa saran. Misalnya, jika Anda berada di slide pertama, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan tautan untuk slide kedua. Demikian pula, jika Anda ingin menambahkan tautan ke slide ketiga atau keempat, Anda juga akan memiliki beberapa rekomendasi. Jika Anda tidak dapat menemukan slide yang ingin Anda tambahkan tautannya, langsung buka “Slide dalam presentasi ini” di bawah opsi.

Setelah tautan ditambahkan, relatif mudah untuk menyesuaikannya. Katakanlah Anda menautkan slide yang salah, dan Anda ingin menghapus tautan tersebut sama sekali. Cukup klik tautan yang baru saja Anda buat dan pilih ikon “Hapus tautan” pada menu pop-up. Pilihan lain yang Anda miliki adalah menyalin tautan tanpa harus menggunakan kombinasi tombol “Ctrl + C” dan “Ctrl + V” standar. Sebagai gantinya, cukup klik tautan dan pilih ikon “Salin tautan”. Pintasan ini menghemat banyak waktu, memungkinkan Anda untuk fokus pada presentasi Anda.

Jika Anda telah membuat kesalahan, atau jika Anda ingin mengubah slide mana yang akan dibawa oleh tautan, Anda dapat mengeditnya dalam waktu singkat. Ini dilakukan dengan memilih ikon pena pada menu pop-up. Dari titik ini, Anda dapat mengedit teks yang dilampirkan tautan dan slide mana yang ditautkan. Jika Anda ingin menyisipkan tautan baru, jangan lupa untuk mengklik tombol “Terapkan”.

Google Slide memungkinkan Anda berkreasi dengan tautan Anda. Misalnya, Anda juga dapat melampirkan tautan ke gambar, diagram, bentuk, atau stiker di presentasi Anda, yang bisa sangat berguna untuk presentasi pendidikan yang dibuat untuk pelajar muda.

Cara Menambahkan Tautan ke Presentasi Berbeda di Google Slide  

Seperti yang disebutkan sebelumnya , Anda juga memiliki opsi untuk menyisipkan tautan ke presentasi yang sama sekali berbeda di Google Slide. Ini adalah alat yang hebat untuk dua presentasi yang mencakup topik serupa atau yang terhubung dengan cara lain. Ini adalah bagaimana Anda dapat menambahkan tautan ke presentasi yang berbeda di Google Slides:
Luncurkan Google Slides di browser Anda.Buat presentasi baru atau buka presentasi lama dari bagian “Presentasi terbaru”. Temukan slide tempat tautan akan disisipkan. Sorot kata atau teks dan klik kanan padanya. Pilih “Tautan” pada menu yang muncul. Pilih presentasi yang akan dibawa oleh tautan. Klik tombol “Terapkan”.
Jika Anda telah melihat atau mengedit presentasi lain, itu akan muncul di menu “saran”. Jika tidak ada, Anda harus menambahkan tautan ke presentasi itu secara manual. Jika Anda tertarik dengan cara melakukannya, ikuti petunjuk berikut:
Buka presentasi Google Slide kedua di tab baru.Salin tautan presentasi.Kembali ke presentasi pertama.Temukan slide tempat tautan akan berada ditambahkan.Klik kanan pada teks dan pilih “Tautan.” Tempelkan tautan dari presentasi kedua di dalam kotak. Pilih “Terapkan”.
Itu saja. Metode ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama, tetapi jika Anda melihat atau mengedit presentasi di mana tautan harus diarahkan, itu akan muncul di menu “saran”. Anda dapat melakukan ini dengan semua presentasi Anda di Google Slide, bahkan yang dibagikan dengan Anda oleh pengguna Google lainnya.

Tingkatkan Presentasi Google Slide Anda dengan Alat Tautan 

Kemampuan untuk menambahkan tautan yang akan membawa Anda ke slide tertentu di Google Slide sangat berguna, dan menghemat banyak waktu saat Anda mempresentasikannya. Dengan alat ini, Anda dapat menambahkan tautan ke kata atau teks dan bahkan menggunakannya untuk gambar, diagram, animasi, dan berbagai konten visual lainnya. Anda dapat berkreasi dan sekreatif mungkin dengan presentasi Google Slide Anda.

Apakah Anda mencoba menambahkan tautan untuk slide tertentu di Google Slide? Bagaimana Anda berhasil melakukannya? Beri tahu kami tentang pengalaman Anda dengan Google Slide di komentar.