Cara Membuat Teks Mengisi Sel di Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
ChromebookMacWindowsDevice Missing?
Google Sheets adalah alat pengorganisasian yang hebat, tetapi kelemahan paling menonjol yang dilaporkan banyak pengguna adalah ukuran sel yang telah ditentukan. Jika Anda mengetik beberapa kata di dalam sel, ini bukan masalah karena konten akan tetap berada di dalam batas sel. Namun, jika Anda bekerja dengan lebih banyak data, teks bisa tumpah dan dikaburkan oleh sel tetangga. Anda dapat mengubah ukuran sel yang berdekatan dan berisiko mengganggu daya tarik visual sel dan kolom Anda.

Jadi, apa solusinya? Pembungkus teks.

Teruskan membaca untuk mempelajari cara kerja pembungkusan teks di Google Spreadsheet pada PC, perangkat seluler, dan iPad.

Pembungkusan Teks di Google Sheets

Spreadsheet dalam program Google Spreadsheet berbentuk kisi sel. Google Spreadsheet menyembunyikan konten apa pun yang melampaui batas sel. Akibatnya, Anda tidak akan dapat melihat semua data. Jangan khawatir- masih ada, hanya disembunyikan.

Fitur pemformatan program adalah cara paling sederhana untuk mencegah Google Sheets memotong teks. Jika string teks atau angka tidak muat di dalam sel, pengguna tidak perlu menggunakan singkatan untuk mengubah ukuran konten. Sebagai gantinya, mereka dapat menggunakan fitur pembungkusan teks dan memastikan semua data mereka tetap terlihat.

Sebelum menyesuaikan spreadsheet, Anda harus terbiasa dengan opsi pemformatan teks program. Mereka termasuk “Wrap,” “Clip,” dan “Overflow.”

“Overflow” memungkinkan konten sel melampaui batas sel, sementara “Wrap” mengubah ukuran sel untuk sementara, menempatkan data ke baris baru.

Di sisi lain tangan, “Klip” memotong konten yang terlihat saat mencapai batas sel.

Ketiga opsi sangat membantu, tetapi sebagian besar pengguna lebih suka menggunakan pembungkusan teks. Mereka mempertahankan tampilan rapi lembar dan mempertahankan akses ke data berharga.

Cara Membuat Teks Mengisi Sel di Google Spreadsheet di PC

Ada dua cara untuk mengaktifkan pembungkusan teks di Google Spreadsheet dari browser web.

Yang pertama melibatkan mengakses menu “Format” . Inilah yang harus Anda lakukan:
Buka spreadsheet Google Sheets yang ingin Anda sesuaikan. Pilih sel yang ingin Anda format. Arahkan ke menu dan pilih tab “Format”. Tekan opsi “Membungkus” dan ketuk “Bungkus.”
Jika Anda putuskan bahwa pembungkusan teks bukanlah solusi terbaik untuk spreadsheet Anda, menonaktifkannya hanya membutuhkan beberapa klik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Ketuk “Format” dan tekan “Pembungkus.” Pilih “Overflow” atau “Klip.”
Cara kedua Anda dapat mengaktifkan opsi “Bungkus” adalah langsung dari bilah tugas. Pilih sel atau sel Anda dan tekan tombol “Pembungkusan Teks”. Dan hanya itu.

Yang harus Anda lakukan untuk menonaktifkan solusi pemformatan ini adalah memilih tombol “Pembungkusan Teks” dan memilih “Meluap” atau “Klip.”

Cara Membuat Teks Mengisi Sel di Google Spreadsheet di Perangkat Seluler

Google Spreadsheet berfungsi dengan baik di perangkat seluler, dan Anda dapat menyesuaikan pemformatan spreadsheet dari ponsel Android atau iOS.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membungkus teks di perangkat Android:
Luncurkan aplikasi Google Spreadsheet dan pilih spreadsheet yang ingin Anda ubah.Ketuk sel atau sel yang ingin Anda format dan tekan “Memformat.” Pilih “Sel” dari daftar opsi. Tekan penggeser di sebelah “Bungkus Teks.” Pilih ikon “Simpan” di bagian kiri atas aplikasi untuk menyimpan perubahan. Pengguna
iPhone juga dapat memastikan teks memenuhi sel tanpa mengganggu seluruh baris atau kolom. Prosesnya relatif cepat dan mudah.
Buka Google Spreadsheet dari layar beranda dan pilih spreadsheet yang sesuai. Ketuk sel atau sel yang akan Anda format dan tekan “Memformat.” Pilih opsi “Sel” dan tekan penggeser di samping “Bungkus Teks .”Klik “Simpan” di kiri atas antarmuka untuk merekam perubahan.
Cara Membuat Teks Mengisi Sel di Google Spreadsheet di iPad

Jika Anda lebih suka mengatur spreadsheet melalui iPad, berikut cara mengisi sel dengan teks tanpa mengubah struktur kisinya yang rapi.
Luncurkan aplikasi Google Spreadsheet dan buka spreadsheet yang sesuai.Pilih sel yang ingin Anda format ulang.Pilih “Memformat” dan pilih “Sel” dari menu opsi.Ketuk penggeser di sebelah “Bungkus Teks ” dan navigasikan ke kiri atas aplikasi.Klik “Simpan” untuk menerapkan perubahan.
Manfaatkan Opsi Pemformatan yang Kuat di Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah program yang mudah digunakan tetapi memiliki banyak kelemahan dengan aplikasi serupa seperti Excel. Kecuali Anda memangkas teks Anda, tepi sel yang berdekatan akan menyembunyikannya. Untungnya, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan opsi pembungkusan teks program. Setelah diaktifkan, ini membantu teks mengisi sel tanpa mendorong batas sel.

Google Spreadsheet kompatibel dengan beberapa perangkat, sehingga Anda dapat membungkus teks dari browser web, ponsel cerdas, atau iPad.

Apakah Anda pernah menggunakan fitur pemformatan program sebelumnya? Di perangkat mana Anda biasanya mengedit lembar? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.