Cara Membuat Titik Pemulihan Sistem di Windows 10 atau Windows 11

System Restore memungkinkan Anda memulihkan file sistem Windows utama dan pengaturan Registri ke status yang diketahui baik. Windows secara otomatis membuatnya dalam situasi tertentu, tetapi Anda mungkin ingin membuatnya secara manual sebelum menginstal driver perangkat keras atau membuat perubahan sistem utama lainnya. Begini caranya.

Apa Itu Titik Pemulihan Sistem (System Recovery Point)?

Windows 10 dan 11 menyertakan utilitas yang disebut Pemulihan Sistem yang dapat memperbaiki instalasi Windows yang tidak berfungsi dengan mengembalikan file sistem tertentu dan pengaturan Windows Registry ke keadaan sebelumnya. Ini dilakukan dengan menggunakan titik pemulihan, yang merupakan snapshot dari file sistem dan registri yang dibuat secara otomatis atau manual sebelum masalah muncul.

Titik pemulihan disimpan dalam folder tersembunyi bernama “ System Volume Information” yang terletak di root setiap drive. Membuat titik pemulihan tidak membuat perubahan apa pun pada sistem Anda, tetapi memulihkannya nanti. Kami akan membahas Windows 10 dan 11, karena petunjuknya sama di setiap versi.

Catatan: Windows akan secara otomatis membuat titik Pemulihan Sistem dalam situasi tertentu, sehingga Anda mungkin dapat memulihkan ke status sistem sebelumnya meskipun Anda telah tidak pernah dibuat secara manual. Namun, Anda mungkin ingin membuat titik Pemulihan Sistem secara manual sebelum membuat perubahan besar pada pengaturan komputer, menginstal drive, atau menginstal aplikasi besar.Cara Membuat Titik Pemulihan Sistem di Windows

Sangat mudah membuat titik Pemulihan Sistem secara manual di Windows 10 atau Windows 11. Untuk memulai, buka Start Menu dan ketik “Restore Point.” Pada hasil yang muncul, pilih “Buat Titik Pemulihan”.

Jendela Properti Sistem akan terbuka dengan tab “Perlindungan Sistem” dipilih. Ini adalah antarmuka utama untuk mengelola titik pemulihan dalam Windows. Klik tombol “Buat” di bagian bawah jendela.

 

Di jendela yang muncul, ketik nama untuk titik pemulihan. Aturan praktis yang baik adalah menggunakan nama yang mengidentifikasi mengapa Anda membuat titik pemulihan, seperti sebelum instalasi besar atau peningkatan. Misalnya “Sebelum Upgrade Versi,” atau “Sebelum Instalasi Dropbox.”

Ketika Anda siap, klik “Buat.”

Anda akan melihat bilah kemajuan, lalu jika semuanya berjalan dengan baik, pesan yang mengatakan “Titik pemulihan telah dibuat berhasil.” Klik “Tutup”.

Setelah itu, Anda selesai membuat titik pemulihan.

Jika Anda ingin membuat titik pemulihan secara otomatis di masa mendatang, Anda dapat menggunakan tab “Perlindungan Sistem” yang sama di “Properti Sistem”. Pilih drive yang ingin Anda lindungi, lalu klik “Konfigurasi.” Di jendela yang muncul, pilih “Turn on System Protection,” lalu klik “OK.” Setelah selesai, klik “OK” atau tutup jendela System Properties.

Cara Mengembalikan Titik Pemulihan Sistem di Windows

Untuk memulihkan titik Pemulihan Sistem di Windows 10 atau 11, kami akan menggunakan tab Perlindungan Sistem yang sama dalam petunjuk di atas. Pertama, buka Start Menu dan ketik “Restore Point”, lalu klik “Create a Restore Point” di hasil.

Pada jendela “System Properties” yang muncul, klik “System Restore.”

Di jendela “System Restore” yang muncul up, klik “Next” ketika Anda melihat informasi pengantar. Pada layar berikut, Anda akan melihat daftar titik pemulihan sistem yang tersedia di PC Anda. Pilih yang ingin Anda pulihkan dan klik “Berikutnya.”

Tip: Pada layar yang sama ini, Anda dapat memilih titik pemulihan dan klik “Pindai Program yang Terkena Dampak” untuk melihat daftar aplikasi terinstal yang akan terpengaruh oleh proses pemulihan. Ini mungkin membantu Anda membuat keputusan tentang titik pemulihan mana yang harus dipilih.

Selanjutnya, Anda akan melihat layar ringkasan. Klik “Selesai.”

Peringatan: Dengan mengklik “Ya” pada langkah berikutnya, Anda akan membuat perubahan permanen pada sistem Anda yang dapat membuat aplikasi Anda tidak berfungsi dengan benar. Pemulihan sistem menggantikan file sistem Anda dengan versi yang lebih lama, dan itu berpotensi merusak banyak hal. Gunakan hanya jika Anda pulih dari kesalahan serius. Selain itu, Anda tidak akan dapat menggunakan PC Anda saat proses pemulihan sistem sedang berlangsung. Jika Anda siap untuk memulai pemulihan sistem, klik “Ya” pada layar peringatan terakhir. proses akan dimulai. Setelah selesai, jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan dapat masuk ke Windows dan menggunakan PC Anda seperti biasa. Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Cara Membuat Titik Pemulihan Sistem di Windows 10 atau Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.