Cara Membuat Vektor Gambar di Illustrator

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tidak peduli seberapa tinggi kualitas gambar raster, itu tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan Anda. Mungkin ada saatnya, terutama di bidang desain, ketika Anda membutuhkan sesuatu yang sangat skalabel yang tidak akan kehilangan kualitasnya saat diperbesar. Dan jawabannya adalah vectors.

Grafis vektor bekerja sangat berbeda dari gambar raster, tetapi hanya dengan mengklik “Simpan sebagai …” tidak akan cukup untuk memanfaatkan semua potensinya. Sebagai gantinya, Anda harus membuat vektor gambar Anda di Illustrator. Baca terus untuk mempelajari cara melakukannya di beberapa platform.

Sebelum Anda Mulai

Sebelum kita membuka Illustrator dan memulai proses vektorisasi, mari kita bahas pentingnya jenis gambar yang tepat untuk kesuksesan. Meskipun Anda dapat mengonversi gambar apa pun menjadi vektor menggunakan Illustrator, tidak semua gambar akan menghasilkan hasil yang sama profesionalnya. Gambar vektor biasanya digunakan untuk logo dan grafik sederhana lainnya. Oleh karena itu, Anda akan lebih beruntung jika memulai dengan gambar raster yang cukup sederhana. Memfokuskan upaya Anda pada satu subjek daripada lanskap terperinci adalah ide yang bagus.

A PNG dengan latar belakang transparan adalah kandidat sempurna untuk vektorisasi, tetapi JPG dengan satu subjek dan latar belakang putih juga berkinerja baik. Jika gambar yang ingin Anda konversi tidak sesuai dengan profil ini, mempersiapkannya terlebih dahulu akan memudahkan pekerjaan Anda dan komputer nantinya. Pangkas gambar Anda sehingga hanya bagian yang ingin Anda vektorkan saja yang disertakan. Ketika gambar Anda sudah siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Vektor Gambar di Illustrator di PC

Illustrator dilengkapi dengan fitur Jejak Gambar yang memudahkan mengubah gambar raster menjadi vektor. Opsi ini akan bekerja dengan baik dalam banyak kasus, dengan sedikit penyesuaian yang diperlukan. Jika mengutak-atik pengaturan Image Trace tidak menghasilkan grafik vektor yang sempurna, Anda dapat melacak gambar Anda secara manual.

Berikut ini cara menggunakan Image Trace di Adobe Illustrator di PC:
Luncurkan aplikasi Illustrator PC Anda dan buat file baru.Impor atau tempel gambar yang ingin Anda vektorisasi. Pilih gambar untuk menampilkan opsi gambar di bagian atas. Klik tombol “Jejak Gambar” untuk mengonversi gambar raster ke vektor secara instan. Setelah gambar dikonversi, klik tombol “Perluas” untuk mengakses pegangan jalur untuk mengubah bentuk grafik vektor Anda.
Mengklik tombol “Jejak Gambar” menerapkan pengaturan default ke gambar vektor Anda. Pengaturan default bekerja dengan baik untuk gambar hitam putih sederhana. Jika Anda hanya mengonversi logo, Anda mungkin tidak perlu mengubah apa pun dan akan tetap menghasilkan grafik vektor yang sempurna. Namun, ini hanya menggores permukaan ketika datang ke kemampuan fungsi Image Trace Illustrator.

Jika Anda mengonversi gambar berwarna atau hanya perlu sedikit lebih banyak kontrol atas preset, aktifkan panel Image Trace.
Pastikan gambar Anda dipilih.Tekan “Jendela” di bilah menu. Periksa “Jejak Gambar”.
Anda akan melihat banyak sekali pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan proses vektorisasi di panel ini. Yang pertama dan paling penting adalah Preset. Memilih preset yang sesuai secara instan menyesuaikan pengaturan vektor dengan sifat gambar Anda. Misalnya, gambar detail akan mendapat manfaat dari opsi High Fidelity Photo, sementara Anda dapat menggunakan pengaturan warna terbatas untuk grafik sederhana. Setiap gambar berbeda, jadi Anda harus bermain-main dengan pengaturan untuk menemukan yang paling cocok.

Jika tidak ada preset yang memberi Anda hasil yang diinginkan, opsi lanjutan lebih lanjut di panel Jejak Gambar memberi Anda kontrol lebih besar atas detailnya. Menyesuaikan ambang batas, jumlah warna, jalur, sudut, dll. dapat membuat perbedaan yang signifikan tergantung pada gambar dan preset. Menghapus latar belakang putih dari gambar juga mudah dengan mencentang “Abaikan Putih” di opsi lanjutan ini. Untuk mengubah jalur secara manual, klik tombol “Perluas” yang disebutkan di atas. Jejak Gambar

Illustrator adalah lanjutan, tetapi jika pelacakan otomatis tidak cocok untuk foto Anda, Anda harus melacak gambar secara manual.
Tambahkan lapisan baru di atas lapisan gambar.Pilih alat Pen dan lacak gambar pada lapisan baru.
Catatan: Anda dapat menggunakan alat apa pun yang Anda inginkan untuk melacak gambar Anda, tetapi alat Pena akan memberi Anda garis terbersih dan paling mudah disesuaikan.

Ketika Anda selesai membuat vektor gambar Anda, simpan file Anda sebagai AI, SVG, atau EPS.

Cara Membuat Vektor Gambar di Illustrator di iPad

Jika Anda menggunakan Illustrator di iPad, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa opsi Jejak Gambar yang biasanya Anda gunakan untuk membuat vektor gambar hilang. Meskipun aplikasi ini agak berbeda dari versi desktop, itu masih memungkinkan Anda untuk membuat vektor gambar dengan cara yang sederhana. Sebelum Anda mulai, periksa apakah Anda memiliki setidaknya versi 2.0 aplikasi.
Buka aplikasi Adobe Illustrator untuk iPad dan buat kanvas baru.Ketuk ikon Foto di bilah alat sisi kiri dan impor foto yang ingin Anda vektorkan.Pastikan gambar dipilih dan ketuk ikon Objek (persegi panjang dengan pegangan di keempat sudut) di bilah alat sisi kanan. Pilih “Vektorisasi” dari menu dan aplikasi akan langsung mengonversi gambar Anda menjadi file vektor. Perbaiki hasilnya di jendela Properti yang terbuka secara otomatis saat konversi:Pilih gambar sumber sehingga aplikasi memiliki lebih banyak informasi tentang cara mendekati konversi.Ubah mode warna di menu tarik-turun.Sesuaikan jumlah warna dalam kasus gambar vektor berwarna.Sesuaikan ambang batas untuk grafik hitam dan putih. Untuk mengedit elemen individual, ketuk ikon Objek lagi dan tekan “Perluas vektorisasi.” Pilih elemen dan edit sesuai keinginan. Saat grafik vektor Anda siap, ekspor file dalam format vektor seperti AI, SVG, atau EPS.
Ucapkan selamat tinggal pada Pixels

Piksel yang tidak fleksibel tidak selalu memotongnya. Ketika PNG berkualitas rendah menyebabkan masalah bagi Anda, Anda dapat membuat vektor gambar di Illustrator dengan beberapa klik. Tweak pengaturan sampai Anda puas dengan hasilnya, dan Anda akan memiliki grafik vektor yang dapat Anda ubah ukurannya sesuai keinginan Anda.

Pernahkah Anda membuat vektor gambar di Illustrator? Apakah Anda memiliki kiat yang mungkin berguna bagi pengguna lain dalam prosesnya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.