Cara Membuka Blokir YouTube

YouTube mungkin diblokir karena berbagai alasan. Video individual terkadang diblokir wilayah di beberapa negara, sementara seluruh situs web YouTube diblokir di beberapa negara—atau di beberapa jaringan tempat kerja. Kami akan membahas cara mengatasi semua blok ini.

Jawaban Singkat: Gunakan VPN atau Proxy

Jawaban singkatnya adalah Anda dapat menggunakan proxy atau jaringan pribadi virtual untuk mengatasi blok YouTube—atau blok lainnya, dalam hal ini . Untuk proxy, kami menyukai proxy HideMyAss atau proxy

Hide.me Untuk VPN, lihat panduan kami untuk VPN terbaik di pasar. Namun, untuk mengetahui mana yang merupakan opsi terbaik bagi Anda, kita perlu melihat alasan mengapa Anda tidak dapat mengakses YouTube terlebih dahulu.

Mengapa YouTube Diblokir?

Ada beberapa alasan mengapa YouTube dapat diblokir, tetapi secara garis besar terbagi dalam dua kategori: seluruh situs diblokir atau hanya video tertentu. Pemblokiran seluruh situs biasanya merupakan akibat dari sensor internet oleh pemerintah Anda atau, kemungkinan besar, akibat administrator jaringan Anda memblokir situs—kemungkinan besar siapa pun yang menjalankan jaringan tempat Anda berada.

YouTube dianggap subversif oleh pemerintah tertentu, dan mereka telah memblokir akses sebagai hasilnya. Sepengetahuan kami, China, Iran, dan Rusia saat ini memberlakukan larangan, meskipun kemungkinan ada beberapa negara lain yang memiliki batasan serupa.

Sedikit kurang menindas, meskipun tidak kalah menyebalkan, adalah blok yang dibuat oleh perusahaan, sekolah, atau universitas Anda . Ini biasanya dilakukan agar Anda tidak terganggu atau membuang-buang waktu—yang terakhir ketika waktu yang dibayar majikan Anda. Tentu saja, Anda dapat berargumen bahwa meledakkan daftar putar favorit Anda melalui headphone membuat Anda lebih produktif, tetapi tidak semua administrator jaringan terbuka dengan argumen itu.

Video Individu

Terkadang, situs web YouTube secara keseluruhan berfungsi dengan baik, tetapi itu adalah video tertentu yang tidak dapat Anda tonton . Saat Anda mencoba mengaksesnya, alih-alih memindahkan gambar, Anda mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa video telah diblokir karena alasan tertentu.

Contoh di atas menyebutkan alasan hak cipta, tetapi kami juga melihat alasan di mana pengguna tidak menginginkan video tersedia di negara tertentu, atau bahkan negara di mana pemerintah meminta YouTube untuk memblokir akses—sesuatu yang tampaknya cukup menyenangkan untuk dipatuhi oleh YouTube. Apa pun masalahnya, Anda perlu mengatasi blok itu; syukurlah, alat berlimpah.

Membuka blokir YouTube: Proxy atau VPN?

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada dua set alat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi blokir ini: proxy dan VPN. Ada juga yang lain, seperti Shadowsocks, terowongan SSH, dan Tor, tetapi ini umumnya membutuhkan sedikit lebih banyak pengetahuan. Kami akan mengabaikannya untuk saat ini.

Saat memilih antara VPN atau proxy untuk menonton YouTube, aturan praktisnya adalah jika keamanan tidak begitu penting, proxy tidak masalah. Bagaimanapun, tidak perlu membayar untuk VPN jika tidak ada konsekuensi jika Anda ketahuan menggunakan proxy, dan sebagian besar proxy melakukan pekerjaan yang baik untuk membawa Anda ke YouTube.

Namun, jika Anda berurusan dengan sesuatu yang kecil lebih serius, seperti jenis penyensoran yang kita lihat di Cina, VPN adalah jalan yang harus ditempuh. Seperti yang kami jelaskan di artikel kami tentang cara menggunakan internet dari China, blok yang ada jauh lebih sulit untuk dilewati dan Anda mungkin bisa mendapat masalah karena mencoba mengalahkannya. VPN seharusnya dapat melindungi Anda sedikit lebih baik dalam kasus ini.

Cara Menggunakan Proksi untuk Membuka Blokir YouTube

Dari keduanya, proksi adalah yang paling sederhana untuk digunakan: yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka situs proksi—kami menyukai HideMyAss dan Hide .me, meskipun ada banyak lainnya—dan di bilah alamat, isikan ke mana Anda ingin pergi dan lewat negara mana. Jika sebuah video diblokir untuk Anda di Inggris Raya, coba server di Belanda atau Jerman, misalnya.

Proxy akan merutekan ulang koneksi Anda melalui negara yang Anda pilih dan Anda seharusnya, dalam banyak kasus, dapat menonton video yang Anda inginkan . Dalam kebanyakan kasus, pemblokiran sederhana seperti yang dilakukan oleh sekolah dan perusahaan tidak akan secara aktif memindai koneksi proxy, jadi seharusnya tidak ada masalah.

Cara Membuka Blokir YouTube Dengan VPN

Namun, jika Anda berada di balik pemblokiran yang lebih serius, yang dipasang oleh sensor pemerintah atau administrator jaringan yang sangat bersemangat, proxy tidak akan melakukannya dan Anda harus menggunakan VPN. VPN akan mengubah rute dan mengenkripsi koneksi Anda, membuatnya lebih mudah untuk lolos dari deteksi.

Keuntungannya adalah, selain YouTube, Anda juga dapat membuka semua jenis situs streaming lain, seperti Netflix. Manfaat VPN lainnya termasuk kemampuan untuk torrent file dengan privasi lebih dan, tentu saja, mengabaikan sensor apa pun yang mencoba mencegah Anda membaca berita.

Kelemahannya adalah VPN membutuhkan biaya, atau setidaknya sebagian besar dari mereka melakukannya (Windscribe adalah alternatif gratis yang bagus.) Jika Anda memutuskan ingin mengikuti rute ini, kami sarankan Anda membaca panduan kami untuk memilih VPN terbaik untuk kebutuhan Anda sehingga Anda tahu apa yang Anda beli. Layanan apa pun yang Anda gunakan, Anda akan dapat menonton apa yang Anda inginkan di YouTube.

Itulah berita seputar Cara Membuka Blokir YouTube, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.