Cara Memeriksa apakah Akun Twitter Adalah Bot

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bahkan jika Anda tidak yakin tentang definisi bot Twitter, Anda mungkin pernah mendengar seseorang mengeluh tentangnya. Bot adalah akun Twitter otomatis yang berpura-pura menjadi orang sungguhan yang menyukai dan men-tweet konten yang berbeda. Mereka dikendalikan oleh perangkat lunak.

Sulit untuk mengatakan berapa banyak bot Twitter yang ada saat ini, tetapi diperkirakan 5%-20% dari semua profil Twitter mungkin adalah bot.

Jadi, bagaimana Anda bisa yakin bahwa Anda tidak memiliki pengikut bot ? Anda dapat mengandalkan beberapa tanda untuk mengenali bot atau menggunakan alat pihak ketiga yang sangat baik untuk menyingkirkan bot Twitter.

Cara Mengenali Bot Twitter

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa bot Twitter menjadi masalah. Meskipun sebagian besar menyukai, menciak, atau me-retweet konten, mereka dirancang untuk menyiarkan konten tertentu. Memang, bot dapat membantu saat penting untuk acara seperti mendorong berita tentang keadaan darurat cuaca secara real-time.

Namun, bot Twitter terutama dikaitkan dengan gagasan berbagi konten untuk tujuan jahat. Mereka banyak digunakan untuk manipulasi audiens, mengirim spam, dan menyebarkan informasi yang salah. Bot Twitter mungkin tidak sering menyebabkan kerusakan besar, tetapi hal itu terjadi dengan banyak usaha.

Bagaimana Anda bisa mengenali bahwa akun Twitter sebenarnya adalah bot? Salah satu contohnya adalah jika akun Twitter tidak memiliki banyak pengikut tetapi mengikuti banyak akun dan me-retweet konten dengan sangat cepat.

Kurangnya gambar profil atau biografi seringkali berarti akun tersebut adalah spam. Selain itu, tweet dan retweet hanya pada waktu tertentu dalam sehari dan hanya berfokus pada satu jenis konten adalah salah satu tanda lainnya.

Memeriksa Bot Twitter Dengan Circleboom

Jika Anda tidak punya waktu untuk menyelidiki setiap pengikut Twitter dan aktivitas mereka di platform, Circleboom bisa membantu. Alat manajemen Twitter yang andal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan wawasan tentang pengikut dan teman mereka dan melihat berapa banyak akun yang palsu.

Mengetahui Anda memiliki bot Twitter yang mengikuti akun Anda seharusnya tidak menjadi perhatian Anda. Begitulah cara kerja di Twitter. Namun, itu tidak berarti Anda harus menerima status quo. Anda dapat mendeteksi akun Twitter palsu dengan Circleboom dan segera menghapusnya.

Pertama, mari kita lihat cara memeriksa akun Twitter Anda untuk bot:
Buka alat manajemen Twitter Circleboom dan masuk ke akun Anda.Navigasikan ke menu utama di sisi kiri screen.Pilih opsi “The Circle”. Dari menu drop-down, pilih opsi “Fake/Spam”.
Circleboom akan menampilkan daftar lengkap akun Twitter palsu di dasbor dalam hitungan detik. Ini juga akan memberi tahu Anda jumlah persis akun palsu yang mengikuti Anda. Jika Anda ingin memeriksa setiap profil secara terpisah, klik tombol “Kunjungi” di sebelah nama pengguna mereka.

Akun Twitter mereka akan terbuka, dan Anda dapat melihat detail lebih lanjut tentang profil tersebut, termasuk berapa banyak pengikut dan teman yang mereka miliki serta daftar lengkap mereka tweets.

Cara Menghapus Bot Twitter Dengan Circleboom

Anda tidak perlu menghapus bot Twitter, tetapi ini adalah tindakan yang disarankan. Bot ini mungkin tidak secara aktif merusak akun Twitter Anda sekarang, tetapi kehadirannya di profil Anda kemungkinan membuat Anda merasa tidak nyaman. Untungnya, Anda dapat menghapus semua akun spam secara massal menggunakan Circleboom.

Berikut semua langkah yang perlu Anda ambil:
Buka alat manajemen Twitter Circleboom dan masuk menggunakan kredensial Anda. Gerakkan kursor ke sisi kiri layar dan buka utama menu.Pilih opsi “Cari” diikuti dengan “Semua Pengikut Saya”. Saat alat filter Circleboom muncul di dasbor, centang opsi “Tampilkan Akun Palsu/Spam”. Saat Circleboom mencantumkan semua akun palsu, centang kotak “Pilih Semua ” kotak di atas daftar. Klik tombol merah “Hapus Pengikut yang Dipilih”. Jendela baru akan muncul, meminta Anda untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Klik tombol “Hapus Pengikut” di bagian bawah.
Circleboom akan secara otomatis menghapus semua akun Twitter dari dasbor. Namun, Circleboom tidak akan menghapus bot Twitter dari akun Anda secara massal, karena hal itu bertentangan dengan pedoman pengguna Twitter. Sebaliknya, itu akan mengantri nama pengguna yang dipilih dan menghapusnya satu per satu per aturan Twitter.

Juga, Anda dapat menggunakan alat filter Circleboom untuk menghapus “Eggheads” dan spam. Akun-akun ini tanpa gambar profil juga dapat menampilkan perilaku seperti bot, dan menghapusnya dari daftar pengikut Anda adalah yang terbaik.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencentang “Tampilkan Akun Egghead (tanpa gambar profil) tambahan” di sepanjang “Tampilkan Palsu/ Akun Spam” box.

Opsi Lain untuk Dipertimbangkan

Anda mungkin tidak ingin segera menghapus bot Twitter tetapi ingin mengatur dan melacak akun ini. Di situlah Daftar Twitter berguna.

Anda dapat memindahkan semua akun palsu atau spam ke dalam satu Daftar Twitter dan memeriksa aktivitas mereka secara berkala alih-alih melihat apa yang sedang mereka lakukan di timeline Twitter Anda. Ini adalah proses yang cukup mudah, dan berikut adalah langkah-langkah untuk diikuti:
Luncurkan alat manajemen Twitter Circleboom dan masuk ke akun Anda. Pilih “Cari” diikuti dengan opsi “Semua Pengikut Saya”. Centang “Tampilkan Akun Palsu/Spam” dan “Tampilkan Egghead (tanpa gambar profil) Akun.”Pilih akun yang ingin Anda masukkan ke dalam Daftar Twitter, atau pilih semuanya. Klik tombol “Tambahkan ke Daftar Twitter”. Jendela baru akan muncul meminta Anda untuk membuat Daftar baru atau menambahkan akun Twitter ke yang sudah ada Daftar. Anda dapat membuat daftar baru dari Circleboom secara langsung atau masuk ke akun Twitter Anda dan membuatnya di sana. Klik “Tambahkan pilihan ke daftar ini”.
Jika Anda ingin memeriksa bot, buka akun Twitter Anda dan pilih “Daftar” dari halaman Beranda.

Berurusan Dengan Twitter Bot Seperti Pro

Mungkin membingungkan pikiran memikirkan mengapa bot Twitter begitu lazim, bahkan jika kadang-kadang mereka memiliki aplikasi yang positif. Organisasi, perusahaan, pemerintah, dan individu membayar perangkat lunak yang melepaskan akun ini ke pengguna Twitter sederhana dengan tujuan tertentu.

Upaya ini terkadang berhasil, tetapi pengguna Twitter yang cerdas mendeteksi akun spam dengan lebih efisien dari sebelumnya. Tetap saja, untuk amannya, sebaiknya gunakan alat seperti Circleboom untuk mendeteksi dan menghapus akun Twitter palsu.

Menurut Anda, berapa banyak bot yang dimiliki akun Twitter Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.