Cara Memeriksa Apakah Seseorang Memblokir Anda di Instagram

Apakah Anda curiga seseorang telah memblokir Anda di Instagram? Profil seseorang yang menghilang tanpa jejak dari umpan Anda dapat membuat frustasi, meninggalkan Anda dengan pertanyaan yang belum terjawab.

Untungnya, ada metode yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah pengguna telah memblokir Anda. Teruslah membaca untuk mempelajari bagaimana Anda dapat memeriksa siapa yang memblokir Anda di Instagram.

Apa yang Terjadi Ketika Seseorang Memblokir Anda

Anda dapat melihat daftar orang yang telah Anda blokir di Instagram di bagian “Akun yang Diblokir”. Sayangnya, tidak ada yang namanya bagian “Akun yang Memblokir Saya”. Sederhananya, Instagram tidak akan memberi tahu Anda jika pengguna memblokir akun Anda. Terlebih lagi, tidak ada metode resmi untuk mengetahui apakah seseorang memblokir Anda. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan memeriksanya sendiri.

Blocking Bukan Satu-satunya Penjelasan

Anda tidak boleh langsung menyimpulkan jika seseorang tiba-tiba menghilang dari feed dan story Instagram Anda. Pemblokiran mungkin merupakan skenario terburuk, tetapi itu bukan satu-satunya penjelasan yang mungkin. Aktivitas pengguna Instagram mungkin turun jika mereka:
Tidak memposting dalam beberapa saatBeralih ke akun pribadi dan menghapus Anda sebagai pengikutMenonaktifkan akun merekaMenghapus akun mereka
Setelah Anda melakukan sedikit penyelidikan, Anda akan tahu skenario mana yang berlaku dalam kasus Anda.

Cara Memeriksa apakah Seseorang Memblokir Anda di Instagram

Misalkan Anda memiliki kecurigaan yang berkembang bahwa seorang teman atau kenalan telah memblokir Anda di Instagram. Jika demikian, Anda dapat menyelidiki dengan beberapa cara. Beberapa metode menawarkan beberapa penjelasan yang mungkin, tetapi Anda dapat dengan cepat menghilangkan sebagian besar dan sampai pada kesimpulan yang jelas jika orang tersebut memblokir Anda.

Cari Nama Penggunanya

Metode pertama adalah yang paling mudah: ketik nama pengguna Instagram mereka di bilah pencarian.

Jika akun mereka muncul dan Anda dapat melihat semua posting mereka, pengguna tidak memblokir Anda. Jika Anda disambut dengan pesan “Akun ini bersifat pribadi” alih-alih postingan mereka, mereka mungkin telah menghapus Anda sebagai pengikut tetapi belum memblokir Anda.

Pemilik akun mungkin telah memblokir Anda jika akunnya tidak muncul pada pencarian Anda. Namun, ini juga dapat berarti salah satu dari berikut:
Mereka telah menonaktifkan akun merekaMereka telah menghapus akun merekaMereka telah mengubah nama pengguna mereka
Sementara akun yang dinonaktifkan atau dihapus biasanya menghilang begitu saja, Anda dapat dengan cepat memeriksa apakah seseorang mengubah nama pengguna mereka. Cari foto yang diberi tag atau komentar yang sebelumnya mereka tinggalkan dan klik profil mereka. Anda seharusnya dapat melihat nama pengguna baru mereka jika mereka telah mengubahnya.

Namun, jika Anda dapat melihat akun, foto profil, postingan, pengikut, dan jumlah pengikut mereka, tetapi bukan postingan mereka, mereka mungkin telah memblokir Anda. Pesan “Belum Ada Postingan” di kisi foto, hanya beberapa inci di bawah jumlah postingan sebenarnya, mengirimkan pesan yang cukup jelas.

Periksa Pesan Anda

Memblokir seseorang di Instagram tidak akan menghapus utas pesan Anda sebelumnya. Ini hanya akan menghentikan orang tersebut mengirimi Anda pesan setelahnya.

Jika Anda telah bertukar pesan dengan pengguna yang mungkin telah memblokir Anda, periksa kotak masuk Direct Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai jalan pintas ke profil mereka atau mencoba mengirimi mereka pesan. Jika pengguna telah memblokir Anda, pesan Anda tidak akan terkirim.

Periksa Komentar Anda

Instagram akan menghapus suka dan komentar pengguna dari foto dan video Anda saat Anda memblokirnya. Tetapi suka dan komentar mereka sebelumnya tidak akan hilang dari profil Anda. Jika Anda ingat mereka mengomentari kiriman Anda, coba temukan komentar itu. Selanjutnya, klik foto profil atau nama pengguna mereka untuk membuka profil mereka. Pemilik akun telah memblokir Anda jika profilnya menampilkan pesan “Belum Ada Postingan”. Pesan “Pengguna tidak ditemukan” mungkin menunjukkan bahwa orang tersebut telah memblokir Anda atau bahwa mereka telah menonaktifkan atau menghapus akun mereka.

Mencari Profil Mereka Menggunakan Link

Instagram memberikan URL unik untuk setiap akun yang dibuat. URL menyertakan nama pengguna akun. Jika Anda yakin seseorang telah memblokir Anda di Instagram, coba cari profil mereka menggunakan URL unik mereka.

Berikut cara melakukannya:
Buka browser seluler atau desktop Anda.Masukkan https://www.instagram.com/ ke bilah alamat. Tekan “Kirim” di ponsel Anda atau “Enter” di PC Anda.
Jika mereka belum memblokir Anda, halaman profil mereka akan muncul. Pesan “Maaf, halaman ini tidak tersedia” mungkin memiliki beberapa penjelasan:
Anda telah memasukkan tautan yang salahMereka telah mengubah nama pengguna merekaMereka telah menonaktifkan akunnyaMereka telah menghapus akunnyaMereka telah memblokir Anda
Setelah memeriksa ulang tautannya, Anda dapat menghilangkan opsi lain dengan melakukan pencarian di browser penyamaran. Orang yang bersangkutan telah memblokir Anda jika Anda dapat melihat halaman profil mereka dari browser penyamaran.

Mencari Profil Mereka Menggunakan Akun Instagram Lain

Ketika Anda memblokir seseorang di Instagram, mereka tidak akan dapat mencari profil Anda lagi. Atau, profil Anda akan muncul, tetapi pengguna yang diblokir hanya dapat melihat pesan kesalahan di halaman Anda.

Akun yang dinonaktifkan atau dihapus tidak akan terlihat oleh siapa pun. Anda dapat membuat profil Instagram lain atau cukup menggunakan ponsel teman Anda untuk mencari pegangan Instagram yang diinginkan. Jika profil Instagram lain tidak mengalami masalah dengan menampilkan akun, pemilik telah memblokir akun utama Anda.

Periksa Pesan Grup

Ketika Anda memblokir pengguna Instagram setelah berada di pesan grup yang sama, Anda akan diberikan opsi untuk keluar dari grup atau tetap di sana. Jika Anda memilih untuk tetap tinggal, Anda akan dapat melihat pesan grup dari orang yang telah Anda blokir dan sebaliknya. Melihat pesan mereka di grup, tetapi bukan profil mereka saat Anda mengkliknya, berarti mereka telah memblokir Anda.

Coba Mengikuti Akun

Coba tekan tombol “Ikuti” ketika Anda menemukan profil dengan pesan “Belum Ada Postingan”. Jika Anda dapat langsung mengikutinya, mungkin ada kesalahan yang menyebabkan masalah tersebut. Namun, jika Anda tidak dapat mengikuti akun atau menerima pesan kesalahan, pengguna yang bersangkutan telah memblokir Anda.

Sebaiknya Diketahui

Menyadari bahwa seseorang telah memblokir Anda mungkin sulit untuk ditelan, tetapi tidak ada gunanya mengetahui apa yang terjadi. Dengan menggunakan metode yang diuraikan dalam panduan ini, Anda akan mengetahui siapa yang memblokir Anda, tetapi alasannya terbuka untuk interpretasi.

Pernahkah Anda menemukan bahwa seseorang telah memblokir Anda di Instagram? Bagaimana Anda mengetahuinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.