Cara Memeriksa Indeks UV

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Tidak ada yang lebih indah dari hari yang cerah, tetapi bisa berakhir dengan rasa sakit yang gatal jika Anda tidak hati-hati. Menggunakan tabir surya dan mengetahui kapan matahari paling terik dapat membantu mengatasinya. Indeks UV membuatnya lebih mudah untuk dipahami.

Apa Itu Indeks UV?

“Indeks Ultraviolet”—alias. Indeks UV—adalah standar pengukuran radiasi ultraviolet (UV). Orang tidak menganggap matahari memancarkan radiasi, tetapi itulah yang terjadi. Radiasi UV adalah yang membakar kulit Anda.

Skala Indeks UV berubah dari 0 (risiko minimal) hingga 11+ (risiko sangat tinggi). Angka-angka ini berubah sepanjang hari. Pagi-pagi sekali, saat matahari sudah rendah, indeksnya sekitar 1-2. Pada tengah hari, ketika matahari tepat berada di atas dan terik, indeksnya bisa 8-11+.

Skala ini didasarkan pada seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk seseorang dengan “Tipe 2 “kulit putih untuk terbakar. Indeks UV 0-2 berarti kebanyakan orang dapat bertahan di bawah sinar matahari hingga satu jam tanpa terbakar. Indeks UV yang lebih tinggi 6-7 berarti mereka akan terbakar dalam waktu kurang dari 20 menit.

Ada banyak variabel lain yang perlu dipertimbangkan, seperti tutupan awan, naungan, dan tabir surya. Hal yang perlu diketahui adalah Indeks UV yang tinggi berarti matahari berbahaya dan Anda harus membatasi paparan dan memakai semacam perlindungan.

Cara Memeriksa Indeks UV

Jika Anda memiliki aplikasi cuaca di ponsel, ada kemungkinan aplikasi tersebut dapat memberi tahu Anda indeks UV. Ini adalah cara yang paling nyaman untuk memeriksa, dan itu akan memastikan Anda benar-benar memeriksanya sebelum menuju ke matahari.

Aplikasi Cuaca Apple, yang sudah diinstal sebelumnya di iPhone dan iPad, termasuk Indeks UV. Buka aplikasi ke lokasi Anda saat ini dan gulir ke bagian bawah layar untuk melihat Indeks UV.

Juga, jika Anda pemilik Apple Watch, tampilan jam “Infografis” juga menunjukkan Indeks UV. Anda dapat menambahkan komplikasi ini ke tampilan jam mana pun.

 

Perangkat Android tidak memiliki satu aplikasi cuaca standar, tetapi ada aplikasi web cuaca yang terpasang di Google Penelusuran. Cukup buka aplikasi Google dan cari “cuaca.” Hasilnya adalah untuk lokasi Anda, dan Anda dapat memperluas hasilnya untuk melihat Indeks UV.

Apple dan Google mengambil informasi ini dari The Weather Channel, yang juga memiliki aplikasi untuk perangkat iPhone, iPad, dan Android. Ini mencakup Indeks UV di bagian “Rincian Hari Ini” dan di ramalan per jam.

Aplikasi cuaca bagus untuk memeriksa Indeks UV, tetapi Anda dapat membawanya ke level berikutnya dengan aplikasi khusus. Keuntungan dari aplikasi Indeks UV adalah pemberitahuan dan kemampuan untuk menyesuaikan Indeks dengan jenis kulit Anda.

Salah satu aplikasi Indeks UV favorit kami untuk iPhone, iPad, dan Android adalah “UVLens.” Setelah Anda memberikan lokasi Anda, Anda akan melihat dial yang mudah dibaca yang menunjukkan Indeks UV saat ini. Anda dapat menggulir di sekitar tombol untuk melihat peringkat untuk waktu lain sepanjang hari.

Tab “Kulit Saya” adalah tempat segalanya menjadi sangat keren. Anda memasukkan warna mata, warna kulit, dan warna rambut Anda dan menggunakan informasi itu untuk memberi tahu Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk terbakar. Ketuk botol tabir surya dan Anda bahkan dapat melihat berapa lama Anda akan bertahan dengan perlindungan dan mendapatkan pengingat untuk mendaftar ulang.

Dengan semua alat ini yang Anda inginkan, tidak ada alasan untuk menderita sengatan matahari yang menyakitkan lagi. Manfaatkan cuaca baik dan tetap aman dalam prosesnya.

Itulah berita seputar Cara Memeriksa Indeks UV, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.