Cara Memeriksa Nomor Model Motherboard Anda di PC Windows Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda perlu memperbarui driver, memeriksa kompatibilitas perangkat keras, atau hanya ingin tahu, memeriksa nomor model motherboard dengan trik sederhana ini jauh lebih mudah daripada membuka casing untuk memeriksa papan itu sendiri. Berikut adalah cara memeriksa nomor model motherboard Anda dari kenyamanan keyboard Anda.

Kenapa Periksa Nomor Motherboard?

Mengetahui nomor model motherboard Anda adalah penting jika Anda berpikir untuk mengupgrade driver Anda, membeli perangkat keras baru (Anda akan memerlukan ekspansi atau slot memori, misalnya), atau hanya memeriksa kemampuan papan Anda jika Anda mempertimbangkan untuk memutakhirkan seluruh rig Anda.

Jika Anda menyimpan dokumen yang disertakan dengan komputer Anda (atau komponen individual, jika Anda membuatnya sendiri), Anda dapat sering kali referensi itu. Meski begitu, yang terbaik adalah memeriksa untuk memastikan dokumentasinya benar. Daripada membuka casing dan mencari nomor model di papan itu sendiri, gunakan alat di dalam Windows untuk memeriksa semuanya.

Periksa Nomor Model Anda dari Command Prompt (atau PowerShell)

Jika Anda merasa nyaman menggunakan Command Prompt (atau PowerShell , di mana perintah ini juga berfungsi), Anda dapat dengan mudah memeriksa berbagai statistik motherboard dan perangkat keras menggunakan Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC) yang praktis—antarmuka baris perintah untuk alat WMI Microsoft yang kuat.

Dengan WMIC, Anda dapat memasukkan alas kueri untuk memeriksa statistik motherboard, lalu gunakan pengubah tambahan seperti Dapatkan Produsen, Model, Nama, PartNumber, slotlayout, nomor seri, atau daya untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail tentang motherboard.

Sebagai contoh, mari kita periksa produsen motherboard, nomor model , dan nomor seri menggunakan WMIC.

Buka command prompt di Windows melalui dialog run (Windows+R) atau dengan mencari “cmd” pada menu Start — no perlu menjalankan Command Prompt sebagai administrator. Dan, seperti yang kami sebutkan, Anda juga dapat menggunakan PowerShell di sini, jika Anda mau. Perintah bekerja sama di kedua shell. Pada baris perintah, ketik teks berikut (perhatikan bahwa tidak ada spasi di antara pengubah—cukup koma), lalu tekan Enter:

wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber

Informasi yang dikembalikan memeriksa motherboard yang kami gunakan : pabrikannya adalah Gigabyte, papannya adalah Z170X-Gaming 7, dan sementara alat WMIC mencoba memeriksa nomor seri, Gigabyte membiarkan bit tertentu tidak terisi karena alasan apa pun. Meskipun demikian, alat WMIC berfungsi sebagaimana mestinya, dan tanpa membuka kasing atau menggunakan alat pihak ketiga, kami memiliki informasi dasar yang kami cari.

Memeriksa Nomor Model Anda di Informasi Sistem

Informasi Sistem adalah cara yang mudah untuk melihat up rincian perangkat keras dan perangkat lunak PC Anda. Ada dua cara mudah untuk meluncurkannya. Klik tombol Mulai, ketik “Informasi Sistem” ke dalam bilah pencarian, lalu tekan Enter atau klik “Buka.”

Atau, Anda dapat menggunakan jendela Jalankan. Tekan Windows+R untuk membuka dialog run, lalu ketik “msinfo32” ke dalam prompt Run dan tekan Enter.

Halaman “System Summary” akan terbuka secara default. Gulir ke bawah dan cari baris bernama “BaseBoard Product” — itu adalah motherboard Anda.

Periksa Nomor Model Anda dengan Speccy

Jika Anda ingin cara berbasis GUI lain untuk memeriksa nomor model motherboard Anda (serta metode yang menghasilkan lebih banyak informasi secara sekilas daripada alat WMIC), Anda dapat mengambil alat Speccy gratis. Ini adalah aplikasi yang berguna untuk dimiliki.

Setelah mengunduh dan menginstal Speccy, lanjutkan dan jalankan.

Anda dapat melihat nomor model motherboard tepat di halaman ringkasan, bersama dengan suhu pengoperasian saat ini (dengan asumsi papan Anda menyertakannya). Anda juga dapat melihat detail dasar tentang komponen sistem lainnya.

Klik ke tab “Motherboard” di sebelah kiri untuk melihat informasi lebih lanjut tentang motherboard Anda, termasuk detail tentang chipset dan voltase, bersama dengan jenis slot yang disertakan pada board dan apakah sedang digunakan atau tidak.

Periksa Model Motherboard Anda dengan HWiNFO64

HWiNFO64 menampilkan sebagian besar informasi yang sama dengan Speccy, meskipun terlihat cukup berbeda. Unduh dan luncurkan untuk memulai.

Catatan: Berhati-hatilah bahwa setiap tautan “Unduh” yang Anda klik sebenarnya untuk HWiNF64, bukan iklan.

HWiNFO64 dapat menampilkan informasi apa pun tentang sistem Anda, termasuk semua informasi yang tersedia dari sensor. Itu tidak diperlukan dalam kasus ini dan hanya akan menambah kekacauan, jadi luncurkan HWiNFO64 dalam mode “Hanya Ringkasan”.

Centang kotak yang bertuliskan “Hanya Ringkasan”, lalu klik “Mulai”.

Anda akan melihat jendela yang menampilkan segala sesuatu tentang perangkat keras PC Anda. Bagian kiri memberi Anda semua detail tentang CPU Anda, bagian tengah memberikan informasi tentang motherboard dan RAM Anda, dan bagian paling kanan berfokus pada GPU dan hard drive Anda.

Beberapa baris pertama akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang motherboard Anda, termasuk nama model, nomor, versi BIOS, dan pabrikan.

Jika tidak ada opsi yang berfungsi, Anda selalu dapat boot ke BIOS atau UEFI. Nomor model motherboard dan pabrikan biasanya ditampilkan dengan jelas di suatu tempat di menu utama BIOS atau UEFI.

Itulah berita seputar Cara Memeriksa Nomor Model Motherboard Anda di PC Windows Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.