Cara Memeriksa Versi BIOS Anda dan Memperbaruinya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Thannaree Deepul / Shutterstock.com

Anda mungkin tidak perlu memperbarui BIOS, tetapi terkadang Anda perlu melakukannya. Berikut cara memeriksa versi BIOS yang digunakan komputer Anda dan mem-flash versi BIOS baru tersebut ke motherboard Anda secepat dan seaman mungkin.

TERKAIT:Apakah Anda Perlu Memperbarui BIOS Komputer Anda?

Berhati-hatilah saat memperbarui BIOS motherboard Anda! Jika komputer Anda macet, macet, atau kehilangan daya selama proses berlangsung, firmware BIOS atau UEFI mungkin rusak. Ini akan membuat komputer Anda tidak dapat di-boot — itu akan menjadi “bricked.”

Cara Memeriksa Versi BIOS Anda Saat Ini di Windows

Versi BIOS komputer Anda ditampilkan di menu pengaturan BIOS itu sendiri, tetapi Anda tidak perlu mem-boot ulang untuk memeriksa nomor versi ini. Ada beberapa cara untuk melihat versi BIOS Anda dari dalam Windows, dan cara tersebut bekerja sama pada PC dengan BIOS tradisional atau firmware UEFI yang lebih baru.

TERKAIT:Apa Itu UEFI, dan Apa Perbedaannya dengan BIOS?

Periksa Versi BIOS Anda di Command Prompt

Untuk memeriksa versi BIOS Anda dari Command Prompt, tekan Start, ketik “cmd” di kotak pencarian, lalu klik hasil “Command Prompt” — tidak perlu menjalankannya sebagai administrator.

Pada prompt, ketik (atau salin dan paste) perintah berikut, lalu tekan Enter:

wmic bios get smbiosbiosversion

Anda akan melihat nomor versi BIOS atau firmware UEFI di PC Anda saat ini.

Periksa Versi BIOS Anda dengan Menggunakan Panel Informasi Sistem

TERKAIT:Cara Membuka Informasi Sistem Panel di Windows 10 atau 8

Anda juga dapat menemukan nomor versi BIOS di jendela System Information. Pada Windows 7, 8, atau 10, tekan Windows+R, ketik “msinfo32” ke dalam kotak Run, lalu tekan Enter.

Nomor versi BIOS ditampilkan di panel System Summary. Lihat kolom “BIOS Version/Date”.

Cara Memperbarui BIOS

Motherboard yang berbeda menggunakan utilitas dan prosedur yang berbeda, jadi tidak ada instruksi yang cocok untuk semua di sini. Namun, Anda akan melakukan proses dasar yang sama pada semua motherboards.

TERKAIT:Cara Memeriksa Nomor Model Motherboard Anda di PC Windows Anda

Pertama, kunjungi situs web produsen motherboard dan temukan halaman Unduhan atau Dukungan untuk model motherboard spesifik Anda. Anda akan melihat daftar versi BIOS yang tersedia, bersama dengan perubahan/perbaikan bug di masing-masing versi dan tanggal rilisnya. Unduh versi yang ingin Anda perbarui. Anda mungkin ingin mengambil versi BIOS terbaru — kecuali Anda memiliki kebutuhan khusus untuk versi lama. dan lihat halaman unduhannya. Anda akan menemukan pembaruan BIOS yang tersedia di sana.

Unduhan BIOS Anda mungkin ada dalam arsip — biasanya file ZIP. Ekstrak isi file itu. Di dalam, Anda akan menemukan semacam file BIOS — pada tangkapan layar di bawah, ini adalah file E7D14AMS.291.

Arsip mungkin juga berisi README atau file teks lain yang akan memandu Anda melalui pembaruan ke BIOS baru. Anda harus memeriksa file ini untuk instruksi yang berlaku khusus untuk perangkat keras Anda, tetapi kami akan mencoba membahas dasar-dasar yang berfungsi di semua perangkat keras di sini.

TERKAIT:Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menggunakan UEFI Alih-alih BIOS

Anda harus memilih salah satu dari beberapa jenis alat flashing BIOS, tergantung pada motherboard Anda dan apa yang didukungnya. File README yang disertakan dalam pembaruan BIOS harus merekomendasikan opsi ideal untuk perangkat keras Anda. Beberapa produsen menawarkan opsi flashing BIOS langsung di BIOS mereka, atau sebagai opsi penekanan tombol khusus saat Anda mem-boot komputer. Anda menyalin file BIOS ke drive USB, reboot komputer Anda, dan kemudian masuk ke layar BIOS atau UEFI. Dari sana, Anda memilih opsi pembaruan BIOS, pilih file BIOS yang Anda tempatkan di drive USB, dan pembaruan BIOS ke versi baru.

TERKAIT:Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menggunakan UEFI Alih-alih BIOS

Anda biasanya mengakses layar BIOS dengan menekan tombol yang sesuai saat komputer Anda boot—ini sering ditampilkan di layar selama proses booting dan akan dicatat di manual motherboard atau PC Anda. Kunci BIOS umum termasuk Hapus dan F2. Proses untuk memasuki layar penyiapan UEFI dapat sedikit berbeda.

Asus

Ada juga alat flashing BIOS berbasis DOS yang lebih tradisional. Saat menggunakan alat tersebut, Anda membuat drive USB langsung DOS, lalu menyalin utilitas flashing BIOS dan file BIOS ke drive USB tersebut. Anda kemudian me-restart komputer Anda dan boot dari drive USB. Di lingkungan DOS minimal yang muncul setelah reboot, Anda menjalankan perintah yang sesuai — sering kali seperti flash.bat BIOS3245.bin — dan alat mem-flash versi baru BIOS ke firmware.

TERKAIT:Cara Membuat USB DOS yang Dapat Di-boot Drive

Alat penginstalan berbasis DOS sering kali tersedia di arsip BIOS yang Anda unduh dari situs web produsen, meskipun Anda mungkin harus mengunduhnya secara terpisah. Cari file dengan ekstensi file .bat atau .exe.

Di masa lalu, proses ini dilakukan dengan disket dan CD yang dapat di-boot. Kami merekomendasikan drive USB karena ini adalah metode termudah pada perangkat keras modern — banyak komputer modern bahkan tidak memiliki drive CD atau DVD lagi.

Beberapa produsen menyediakan alat flashing berbasis Windows, yang Anda jalankan di desktop Windows untuk mem-flash BIOS Anda dan kemudian reboot. Kami tidak menyarankan untuk menggunakan ini, dan bahkan banyak produsen yang menyediakan alat ini berhati-hati untuk tidak menggunakannya. Misalnya, MSI “sangat merekomendasikan” menggunakan opsi menu berbasis BIOS daripada utilitas berbasis Windows di file README dari contoh pembaruan BIOS yang kami unduh. dalam Windows dapat mengakibatkan lebih banyak masalah. Semua perangkat lunak yang berjalan di latar belakang — termasuk program keamanan yang dapat mengganggu penulisan ke BIOS komputer — dapat menyebabkan proses gagal dan merusak BIOS Anda. Sistem apa pun yang macet atau macet juga dapat menyebabkan BIOS yang rusak. Lebih baik aman daripada menyesal, jadi kami sarankan menggunakan alat flashing berbasis BIOS atau boot ke lingkungan DOS minimal untuk mem-flash BIOS Anda.

Itu saja — setelah Anda menjalankan utilitas BIOS-flashing, reboot komputer Anda, dan BIOS baru atau versi firmware UEFI dimuat. Jika ada masalah dengan versi BIOS baru, Anda mungkin dapat menurunkan versinya dengan mengunduh versi lama dari situs web produsen dan mengulangi proses flashing.

Itulah berita seputar Cara Memeriksa Versi BIOS Anda dan Memperbaruinya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.