Cara Memindahkan Jendela Dengan Keyboard

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Meskipun Anda dapat dengan mudah memindahkan jendela di layar komputer menggunakan mouse, tidak banyak pengguna yang mengetahui bahwa Anda dapat melakukannya dengan keyboard. Banyak yang tahu tentang beralih dari jendela ke jendela menggunakan pintasan keyboard, tetapi ada juga pintasan untuk memindahkan jendela. Anda dapat melakukan ini jika mouse Anda tidak berfungsi atau hanya karena ingin tahu. Nbsp
Kami akan membahas metode untuk memindahkan jendela menggunakan keyboard di Windows, Mac, dan Ubuntu. Baca terus untuk mengetahui detailnya.

Memindahkan Jendela Dengan Papan Ketik di Mac

Mac tidak memiliki cara yang benar untuk memindahkan jendela hingga macOS Catalina. Satu-satunya cara di masa lalu adalah memasang jendela, membuat dua jendela duduk berdampingan. Opsi pemindahan baru Catalina memungkinkan pengguna mereplikasi gerakan pemindahan Windows lama.

Saat ini, pengguna dapat mengatur pintasan keyboard khusus untuk memindahkan jendela tanpa menggunakan mouse. Berikut langkah-langkahnya.
Buka System Preferences di Mac Anda.Cari “Keyboard” dan “Pintasan”.Klik “Pintasan Aplikasi”.Pilih tanda plus untuk menambahkan pintasan baru.Pilih “Semua Aplikasi”.Anda akan melihat ” Pindahkan Jendela Ke Sisi Kiri Layar” dan “Pindahkan Jendela Ke Sisi Kanan Layar”. jendela. Sayangnya, manajemen jendela Mac tidak sebaik yang ditawarkan Windows. Namun, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Moom.
Unduh dan instal Moom.Klik pada “Keyboard”.Siapkan pintasan untuk memindahkan jendela.Simpan pengaturan Anda dan uji.
Moom juga memiliki pintasan untuk mengirim jendela dari satu tampilan ke lain atau bahkan beralih dari setengah layar ke layar penuh. Perintah default untuk memindahkan jendela di dalam tampilan adalah Option + Left atau Right Key. Anda dapat mengubah ke pintasan lain jika mengganggu fungsi lain di Mac Anda.

Memindahkan Jendela Dengan Keyboard di Windows 11

Seperti halnya dengan Mac, pengguna Windows 11 dapat memindahkan jendela secara bertahap dengan sapuan keyboard. Namun, ini adalah fitur bawaan yang sudah diaktifkan. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun atau menyiapkan konfigurasi baru apa pun untuk memanfaatkannya.

Berikut cara melakukan tindakan ini.
Klik kanan jendela yang belum dimaksimalkan.Klik opsi “Pindahkan”.Gunakan tanda panah tombol pada keyboard Anda untuk mulai memindahkan jendela.Tekan Enter untuk berhenti memindahkan jendela.
Langkah-langkah di atas bahkan dapat dilakukan tanpa mouse.
Tekan Alt + Tab untuk berpindah antar jendela.Tekan Alt + Spasi dan buka menu.Setelah menekan M , gunakan Tombol Panah Anda untuk memindahkan jendela ke mana pun Anda suka. Anda mungkin sudah familiar dengannya.

Alt + Space adalah perintah yang membuka menu jendela untuk program apa pun yang sedang aktif di Windows. Untuk mengaktifkan kemampuan untuk memindahkannya dengan Tombol Panah, Anda menekan M sesudahnya (M menjadi huruf pertama dari kata “Pindahkan”).

Tombol panah dapat digunakan untuk memilih atau memindahkan objek ke arah tombol yang Anda pilih.

Ada juga cara untuk memposisikan jendela di salah satu dari empat bagian di layar.

Saat Anda menahan tombol Windows, Anda dapat menekan Tombol Panah dan memindahkan jendela kecil ke sudut. Ini bahkan bekerja pada banyak monitor, dan Anda dapat mengirim jendela dari sudut satu monitor ke bagian monitor lain yang berdekatan.

Misalnya, inilah cara menggunakan langkah-langkah di atas. tekan panah arah. Tekan arah lain untuk mengirim jendela ke sudut. Jika Anda memiliki layar lain, Anda dapat menekan kiri atau kanan untuk mengirim jendela ke sudut terdekat. Lepaskan tombol jika Anda ingin berhenti. Jalan pintas untuk memindahkan jendela antar tampilan adalah Windows Tombol + Shift + Tombol Kiri atau Kanan. Ini instan dan tidak memerlukan jendela yang dipulihkan.

Pindahkan Jendela Dengan Keyboard di Windows 10

Pengguna Windows 10 dapat menggunakan metode yang sama di atas untuk memindahkan jendela hanya dengan menggunakan keyboard. Pintasannya juga identik.
Klik kanan jendela mana pun yang belum Anda maksimalkan.Pilih “Pindahkan.”Tekan tombol Panah untuk memindahkan jendela ke salah satu dari empat arah.Tekan Enter untuk berhenti memindahkan jendela.
Untuk keyboard -hanya versi, ikuti langkah-langkah ini.
Beralih ke jendela menggunakan Alt + Tab jika diperlukan.Buka menu dengan Alt + Spasi.Tekan M dan gunakan tombol Panah untuk memindahkan jendela.Untuk berhenti, tekan Enter.
Anda dapat memindahkan jendela dari sudut ke sudut dengan tombol Windows + tombol Panah juga. Perintah yang sama juga dapat meminimalkan atau memaksimalkan jendela, jadi Anda harus mengetahui posisi jendela untuk mendapatkan penempatan yang tepat.
Minimalkan jendela. Tahan tombol Windows dan pindahkan jendela ke sudut menggunakan tombol Panah. Lepaskan tombol saat Anda ingin berhenti memindahkan jendela.
Meskipun tidak setepat itu, metode ini sangat baik jika Anda ingin segera mengirim jendela ke sudut.

Pengguna juga dapat mengirim jendela ke tampilan lain menggunakan tombol Windows + Shift + tombol Panah.

Pindahkan Jendela Dengan Keyboard di Ubuntu

Ubuntu pengguna dapat bersukacita karena ada cara untuk memindahkan windows hanya dengan keyboard di sistem mereka. Pintasannya adalah Alt + F7.
Pilih jendela di Ubuntu atau gunakan Alt + Tab untuk berpindah aplikasi. Tekan Alt + F7. Gunakan tombol Panah untuk memindahkan jendela. Tekan Enter untuk berhenti memindahkan jendela. Prosesnya sangat mirip dengan menggunakan Windows .

FAQ tambahan
Bisakah Anda memindahkan jendela di luar layar?

Windows hanya memungkinkan Anda memindahkan jendela aktif, jadi Anda perlu menekan Alt + Tab untuk mencari jendela yang ingin Anda pindahkan. Setelah melakukannya, Anda dapat memindahkannya menggunakan mouse atau keyboard. Ini juga dimungkinkan di Ubuntu dan macOS karena menggunakan tombol Alt + Tab adalah hal pokok di banyak sistem operasi.
Bagaimana Anda mengatur ulang posisi jendela? Alternatifnya, tekan Alt + Spasi untuk membuka menu lalu R jika Anda hanya ingin menggunakan keyboard. Ini mengembalikan jendela Anda ke ukuran aslinya sebelum dimaksimalkan atau diminimalkan.

Sebagian besar aplikasi memungkinkan Anda mengubah ukuran jendela secara manual dan pemulihan akan memungkinkan Anda kembali ke ukuran jendela terbaru dengan cepat. Penyesuaian baru disimpan.
Apa yang dilakukan “Cascade Windows”?

Fitur ini memungkinkan pengguna menumpuk jendela satu di depan yang lain. Untuk mencegah jendela yang tidak dapat diakses, semua jendela baru dipindahkan sedikit ke kanan untuk menunjukkan berapa banyak yang saat ini mengalir. Anda dapat mengumpulkan semua jendela dengan cepat dengan cara ini.

Manipulasi Keyboard

Keyboard tidak hanya berguna untuk mengetik – keyboard juga merupakan alternatif untuk memindahkan jendela jika mouse Anda gagal. Mengetahui pintasan dan perintah ini juga akan membantu Anda mengontrol komputer dengan cepat. Anda tidak akan menyesal mengingatnya karena mungkin berguna.

Apakah Anda memiliki pintasan keyboard yang sering Anda gunakan? Apakah Anda tahu cara lain untuk memindahkan jendela? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.