Cara Memindahkan Seleksi di Gimp

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda mengedit banyak gambar online, Anda mungkin ingin tahu cara memindahkan pilihan di GIMP. Untungnya, ini adalah proses yang relatif mudah. Ada berbagai metode untuk membuat pilihan di aplikasi dan dengan bebas memindahkannya baik di dalam lapisan yang sama atau ke lapisan baru sampai berada di posisi yang sempurna.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara bekerja dengan semua alat pemilihan sehingga Anda bisa gunakan kombinasi yang berbeda untuk mendapatkan gambar yang tepat.

Cara Memindahkan Pilihan di GIMP

GIMP memiliki beberapa alat yang memungkinkan Anda membuat pilihan dengan bebas. Terlebih lagi, banyak dari mereka yang gratis. Anda kemudian dapat memindahkan pilihan ke mana pun Anda inginkan. Di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana untuk memindahkan seleksi di GIMP menggunakan alat yang berbeda.

Menggunakan Alat Seleksi Persegi Panjang

“Alat Seleksi Persegi Panjang” adalah alat yang umum digunakan di GIMP yang memungkinkan Anda untuk memilih daerah persegi panjang di lapisan aktif gambar. Cara termudah untuk membuat bentuk di GIMP adalah dengan menggunakan “Alat Persegi Panjang” untuk bentuk persegi panjang dan “Alat Elips” untuk lingkaran.

Berikut cara memindahkan pilihan yang dibuat dengan “Alat Persegi Panjang”.
Pilih gambar jpg yang ingin Anda edit dengan mengklik opsi “Buka” di “Menu File” atau “Ctrl + O.” Ubah ke ruang kerja RGB jika diminta. Dari Toolbar di sudut kiri, klik ikon “Rectangle Selection Tool” atau klik tombol “R”. Gerakkan mouse ke tepi untuk menyesuaikan pilihan, pergi ke sudut, ubah ukurannya , dan klik “Enter.” Sekarang pilih “Move Tool” dari bilah alat sisi kiri atau klik “M Key” dan atur “Move Mode” ke “Selection.” Klik dan seret pada bagian mana pun dari pilihan untuk memindahkannya. Jika Anda lebih suka metode salin dan tempel, klik “Ctrl + C” untuk menyalin pilihan dan “Ctrl+V” untuk menempelkannya ke posisi baru
Menggunakan “Ellipse Tool ”

”Ellipse Tool” memungkinkan Anda membuat seleksi bentuk lingkaran dan memindahkannya.
Memilih dan membuka gambar. Klik pada menu “Tools” di bagian atas pilih “Selection Tools” dan pilih “Ellipse Select.” Klik dan seret area yang ingin Anda pilih dan tekan “Enter.” Pilih ikon “Pindahkan Alat” dari bilah alat sebelah kiri. Setel “Mode Pindah” ke “Seleksi.” Klik dan seret pada pilihan untuk memindahkannya. Jika Anda lebih suka menyalin dan menempel, klik “Ctrl + C” untuk menyalin pilihan dan “Ctrl + V” untuk menempelkannya.
Mengikuti proses yang sama, Anda dapat menggunakan alat seleksi lainnya untuk membuat pilihan dan memindahkannya ke mana pun Anda inginkan menggunakan “Move Tool”. Namun, menggunakan “Alat Pilih Persegi Panjang” dan “Alat Elips” untuk membuat pilihan tidak akan memberi Anda pilihan yang tepat.

Pilihan Anda biasanya akan muncul dalam bentuk yang ditentukan dengan jenis alat yang Anda gunakan. Untuk pemilihan yang lebih tepat, gunakan “Alat Pilih Bebas”.

Menggunakan “Alat Pilih Bebas”

“Alat Pilih Bebas” memungkinkan Anda membuat pilihan yang tepat pada gambar, sehingga memungkinkan Anda memilih dengan sempurna bagian gambar yang diinginkan to move.
Buka gambar yang ingin Anda edit. Pilih alat “Pilihan Gratis” dari menu “Alat” di bagian atas. Buat titik awal dengan mengklik gambar. Tahan tombol kiri mouse atau klik kiri pada keyboard Anda. Klik dan seret pada tepi gambar yang ingin Anda pilih. Klik “Masuk.” Salin pilihan dan tempel di mana pun Anda inginkan, atau gunakan ”Move Tool” untuk memposisikannya.
GIMP Cara Memindahkan Pilihan ke Layer Baru

Layers adalah aspek penting dari pengeditan gambar digital. Mereka memungkinkan Anda untuk membuat gambar komposit dan membuat lapisan dengan ukuran berbeda, bahkan lebih besar dari dimensi gambar.

Berikut adalah langkah cepat untuk memindahkan pilihan ke lapisan baru:

Buat pilihan menggunakan salah satu alat pemilihan.
Klik kanan pada gambar dan klik “Select.” Klik “Float” untuk membuat layer mengambang. Klik kanan pada layer mengambang. Pilih “To New Layer.” Anda telah berhasil memindahkan pilihan Anda ke layer baru.
Floating Layer di GIMP

A floating layer juga disebut pilihan mengambang di GIMP. Ini adalah lapisan sementara yang memiliki fungsi serupa dengan lapisan normal. Anda harus menambatkan lapisan mengambang sebelum Anda dapat melanjutkan mengerjakan lapisan lain dalam gambar.

GIMP Pindahkan Seleksi Bukan Lapisan

Alat pemindah juga memungkinkan Anda untuk memindahkan hanya garis besar pilihan.
Buat pilihan pada gambar.Pastikan bahwa Anda telah memilih ” Pindahkan Pilihan” di pojok kiri. Klik dan seret pada sembarang titik pilihan untuk memindahkannya atau melakukan salin dan tempel sederhana.
GIMP Pindahkan Seleksi Beberapa Lapisan

Lapisan di GIMP adalah tumpukan slide, dan bagian gambar yang berbeda terdapat di setiap lapisan. Anda dapat membuat gambar dengan banyak bagian konseptual menggunakan lapisan. Lapisan terutama digunakan untuk memanipulasi bagian tertentu dari gambar tanpa mempengaruhi bagian lain.

Cara Memotong Lapisan di GIMP

Anda harus tahu cara memotong lapisan karena ini penting untuk pengeditan gambar GIMP. Ada berbagai cara untuk memotong gambar di GIMP, baik secara manual atau otomatis. Berikut cara memotong layer secara manual.
Pilih dan buka gambar yang ingin Anda potong. Pilih lapisan yang ingin Anda potong dari panel lapisan. Pilih “Alat Pangkas”. dari bilah alat sebelah kiri. Klik kotak “Hanya Lapisan Saat Ini” di “Opsi Alat” di panel sebelah kiri untuk mengonfirmasi lapisan saat ini. Klik dan seret gambar untuk memilih area yang ingin Anda pertahankan. Klik “Enter” untuk menyelesaikan pemotongan.
GIMP Move Selection Not Working

Jika Anda menemukan bahwa alat pemindahan tidak berfungsi atau tidak memungkinkan Anda memindahkan pilihan, opsi palet alat mungkin membantu.
GIMP akan bersikeras bahwa Anda tidak memilikinya pilihan untuk berpindah jika Anda tidak diatur untuk menggunakan mode perpindahan tertentu. Pastikan Anda mengaturnya di salah satu dari tiga mode perpindahan sesuai dengan kebutuhan Anda. Centang opsi “Select Layer to Move” atau “Move Current Layer” untuk membuatnya aktif dari jendela opsi alat. Pastikan untuk beralih “Move the Active Layer” saat memilih alat pemindahan di bagian bawah menu alat. Alasan lain alat pemindahan Anda tidak berfungsi adalah karena versi GIMP yang Anda gunakan tidak mendukung pilihan pemindahan hanya dengan alat pemindahan. Jika demikian, lakukan salin dan tempel sederhana setelah membuat pilihan.
Pindahkan Pilihan ke Posisi Pilihan Anda di GIMP

Untuk versi GIMP terbaru, alat pemindahan memungkinkan Anda untuk menarik dan melepas pilihan apa pun di kanvas gambar Anda. Setelah membuat pilihan untuk versi GIMP yang lebih lama, mungkin tidak mungkin untuk memindahkannya menggunakan alat “Pindahkan” karena Anda mungkin akan memindahkan seluruh kanvas gambar. Jika Anda memiliki GIMP versi lama yang berfungsi dengan cara ini setelah membuat pilihan, lakukan operasi salin dan tempel sederhana.

Pernahkah Anda mencoba memindahkan pilihan di GIMP? Jika demikian, alat seleksi mana yang Anda sukai? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.