Cara Memindahkan Taskbar Windows 11 ke Atas Layar

Pada Oktober 2021, Windows 11 tidak mengizinkan Anda memindahkan bilah tugas ke bagian atas layar dengan pengaturan resmi (tidak seperti Windows 10). Tetapi kami telah menemukan cara untuk mewujudkannya dengan mengedit Registry—dan Anda dapat melakukannya hanya dengan beberapa klik. Begini caranya.

Cara Edit Registry

Untuk memindahkan taskbar Windows 11 Anda ke bagian atas layar, Anda dapat mengubah Windows Registry secara manual atau unduh peretasan sekali klik kami di bagian di bawah ini. Pertama, kami akan menunjukkan cara melakukannya sendiri.

Warning: Registry Editor adalah alat yang ampuh. Penyalahgunaannya dapat membuat sistem Anda tidak stabil atau bahkan tidak dapat dioperasikan. Namun, ini adalah peretasan sederhana, dan jika Anda mengikuti instruksi sepenuhnya, Anda seharusnya tidak memiliki masalah. Jika Anda belum pernah menggunakan Registry Editor sebelumnya, pertimbangkan untuk membaca tentang cara menggunakannya sebelum memulai. Kami juga menyarankan untuk mencadangkan Registry (dan komputer Anda) sebelum melakukan perubahan apa pun.

Untuk membuat bilah tugas muncul di bagian atas layar secara manual, buka Registry Editor terlebih dahulu. Untuk melakukannya, klik tombol Start, ketik “regedit”, lalu pilih “Registry Editor” di hasil.

Ketika Registry Editor terbuka, navigasikan ke kunci ini menggunakan sidebar, atau tempel di baris alamat di dekat bagian atas jendela :

Computer/HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/StuckRects3

Setelah Anda membuka kunci “StuckRects3”, klik dua kali tombol “Pengaturan” di dalamnya. melihat tabel nilai. Ini adalah bagian yang agak rumit. Temukan baris nilai kedua dari atas, lalu hitung hingga nilai kelima dari kiri. Secara default, nilai ini diatur ke “03.” Tempatkan kursor tepat di sebelah kanan “03” (klik dengan mouse lalu tekan tombol panah kanan jika perlu), tekan Backspace sekali, lalu ketik 01 .

Untuk rekap, Anda telah mengganti nilai “03” (yang berarti taskbar di bawah) dengan “01” (yang berarti taskbar di atas). Setelah selesai, klik “OK”.

Tutup Registry Editor, dan mulai ulang Windows Explorer.

Untuk memulai ulang Explorer, tekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka Pengelola Tugas, klik “Detail Lainnya” untuk melihat antarmuka lengkap jika perlu, dan pilih tab “Proses”. Temukan “Windows Explorer” dalam daftar, klik kanan, dan pilih “Restart.”

Catatan: Perubahan Anda tidak akan berlaku kecuali Anda me-restart Explorer. Tidak seperti mengubah banyak pengaturan Windows, cukup restart PC Anda atau keluar dan masuk kembali kemungkinan besar tidak akan berfungsi.

Setelah itu, bilah tugas akan berada di bagian atas layar. Jika ikon bilah tugas berada di tengah dan Anda mengeklik Mulai, Anda akan melihat bahwa menu Mulai akan muncul di sisi kiri layar, bukan di tengah.

Jika Anda ingin membuat lokasi tombol Mulai sesuai dengan lokasi Mulai menu di bagian atas layar, buka Pengaturan (tekan Windows+i) dan navigasikan ke Personalisasi > Bilah Tugas > Perilaku Bilah Tugas dan atur “Penyelarasan Bilah Tugas” ke “Kiri.”

Jika Anda berubah pikiran dan ingin kembali taskbar di bagian bawah layar, edit tombol “Pengaturan” yang ditunjukkan pada langkah di atas, ubah nilai “01” dengan “03.” Atau Anda dapat menggunakan file “win11_taskbar_bottom.reg” di bagian bawah.

Anda mungkin berpikir: Apakah mungkin untuk memindahkan taskbar Windows 11 ke sisi kiri atau kanan layar? Ya, dengan mengubah nilai kunci “Pengaturan” menjadi “00” (untuk kiri) atau “02” (untuk kanan). Sayangnya, bilah tugas menjadi tidak dapat digunakan (per Oktober 2021) karena ikon bilah tugas tidak muncul dengan benar.

Dengan memakai One-click Script

Jika Anda tidak mau mengambil risiko mengedit Registry Anda dengan tangan, Anda dapat mengunduh file hack registry satu-klik kami. Di dalam ZIP yang ditautkan di bawah ini, Anda akan menemukan dua file yang akan memposisikan bilah tugas Windows 11 Anda di bagian atas atau bawah layar (setelah Anda reboot).

Unduh File Retas Lokasi Bilah Tugas Windows 11 lokasi, dan Anda akan memiliki dua file:

win11_taskbar_top.reg: Ini memindahkan bilah tugas ke bagian atas layar.win11_taskbar_bottom.reg: Ini memindahkan bilah tugas ke bagian bawah layar.

Biasanya, Anda tidak boleh mempercayai file registri yang Anda temukan di internet, tetapi kami telah menyiapkan dan mengujinya sendiri. Anda dapat memverifikasi isinya dengan menggunakan Notepad jika Anda mau. (Klik kanan file REG, pilih “Show More Options,” lalu pilih “Edit.”)

Untuk menggunakan file REG, klik dua kali file yang ingin Anda gunakan, dan Anda akan melihat peringatan tentang menambahkan informasi ke Registry . Klik “Yes.”

Setelah itu, klik “OK” di pop-up konfirmasi, dan restart Windows Explorer.

Untuk me-restart Explorer, tekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka Task Manager, klik “More Details” untuk melihat antarmuka lengkap jika diperlukan, dan pilih tab “Proses”. Temukan “Windows Explorer” dalam daftar proses yang sedang berjalan, klik kanan, dan pilih “Restart.”

Catatan: Pastikan untuk me-restart Explorer daripada me-restart PC Anda atau logout dan login kembali.

Taskbar Anda sekarang akan aktif bagian atas atau bawah layar, tergantung pada file REG yang Anda gunakan.

Peringatan: Ingatlah bahwa peretasan Registry ini tidak didukung secara resmi oleh Microsoft. Ini mungkin rusak di pembaruan Windows 11 di masa mendatang, atau mungkin tidak berfungsi dengan sempurna di setiap PC di luar sana.

Saat ini kami terpaksa menggunakan peretasan Registry untuk mengubah lokasi bilah tugas, kami berharap Microsoft pada akhirnya akan membuat opsi resmi di aplikasi Pengaturan. Sampai saat itu, selamat melakukan tugas!

Itulah berita seputar Cara Memindahkan Taskbar Windows 11 ke Atas Layar, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.