Cara Memindai Dari Printer ke Komputer

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat memindai dokumen ke komputer Anda tanpa pemindai? Kebanyakan printer modern memiliki banyak fitur, termasuk kemampuan untuk memindai dokumen. Jika Anda memiliki model lama tanpa fitur pemindaian, jangan khawatir. Sistem operasi Windows atau Mac Anda memiliki program yang memungkinkan Anda merekam pindaian dokumen ke komputer Anda.

Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Memindai Dari Printer ke Windows 11

Printer Anda mungkin memiliki perangkat lunak yang kuat dengan beberapa program untuk memaksimalkan fungsinya. Yang berarti mungkin juga memiliki program pemindaian. Namun, jika model Anda tidak memiliki fitur tersebut, Anda dapat mengandalkan perangkat lunak Windows 11 standar dan pengumpan dokumen untuk menangkap pindaian. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Ketuk Start Menu dan temukan aplikasi “Scan”. (Atau, klik “Windows + x” untuk membuka Menu Pengguna Daya.) Tekan “Pengaturan” dan pilih “Bluetooth & perangkat.” Pilih “Printer & Pemindai” dan klik nama printer Anda. Ketuk opsi “Kelola” .Jika Anda memiliki printer multi-fungsi, Anda akan melihat menu tarik-turun. Pilih entri “Pemindai”. Tekan “Buka Pemindai” untuk meluncurkan aplikasi Pindai dan memodifikasi halaman dokumen Anda. Saat Anda puas dengan perataan, tekan tombol “Pindai”.
Pengaturan “Sumber” di aplikasi Pindai mengontrol apakah itu akan memindai dokumen dari flatbed atau pengumpan dokumen komputer Anda. Kecuali Anda telah mengubahnya, yang terbaik adalah membiarkannya di “Otomatis.”

Sebagian besar pengumpan dokumen memiliki tuas bawaan yang membantu mendeteksi jika ada halaman di dalamnya. Jadi, membiarkan “Sumber” pada “Otomatis” memulai pemindaian dari pengumpan jika halaman dimuat. Jika tidak, aplikasi akan memindai dari flatbed. Dengan pemindaian flatbed, Anda harus menelusuri setiap halaman satu per satu.

PC Anda akan menyimpan pindaian di subfolder “Pindai” dari folder “Pictures” di komputer Anda dalam format PNG.

Cara Memindai Dari Printer ke Mac

Menangkap pindaian dari printer di Mac relatif mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Tarik Menu Apple dan tekan “System Preferences.” Pilih opsi “Printer & Pemindai” di bagian bawah layar. Ketuk nama printer Anda dan tekan tombol “Pindai” di atas jendela. Tekan “Buka Pemindai.” Arahkan ke menu “Pindai ke” dan pilih di mana Mac Anda akan menyimpan pindaian. Temukan menu “Ukuran” di bagian kiri antarmuka dan pilih ukuran pindaian yang diinginkan .Tekan “Show Details” untuk melihat dan menyesuaikan opsi berikut:• Scan Mode: Anda dapat memilih antara Document Mode dan Flatbed.• Kind: Opsi ini memungkinkan Anda untuk memilih Text, Color, atau Black & White. Pada pemindai yang dikalibrasi, warnanya akan menyerupai warna dokumen asli.• Resolusi: Anda dapat menyesuaikan DPI (titik per inci) pindaian Anda. Sebaiknya atur dokumen hitam-putih ke 150 dpi, sementara gambar berwarna terlihat paling baik pada 240 dpi atau lebih tinggi. Gunakan 300 dpi atau lebih tinggi untuk cetakan foto.• Ukuran: Pengaturan ini memungkinkan pengguna mengubah ukuran kotak pilihan.• Sudut Rotasi: Gunakan opsi ini untuk memutar kotak pilihan.• Pemilihan Otomatis: Pengaturan ini memberikan dua pilihan, Deteksi Item Terpisah dan Deteksi Enclosing Kotak. Pilih yang pertama untuk menemukan beberapa objek di tempat tidur pemindaian dan ketuk yang kedua untuk memasukkan satu atau beberapa dokumen kecil ke dalam kotak.• Pindai Ke: Kecuali jika Anda memilih di mana Mac Anda akan menyimpan file, itu akan menyimpannya di desktop.• Nama: Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk mengganti nama pindaian.• Format: Di sini, pilih format pindaian yang diinginkan. Pilih PDF untuk dokumen dan file yang berisi teks dan gambar. Foto terlihat bagus sebagai JPG. Jika Anda tidak yakin format mana yang berfungsi paling baik, PDF adalah pilihan yang aman. Jika perlu, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi JPG nanti.• Koreksi Gambar: Anda akan melihat setelan ini jika printer Anda mendukungnya.• Topeng Unsharp: Pilih dari Tinggi, Sedang, Rendah, dan Tidak Ada.• Descreening: Pilihan termasuk Fine Prints (175 LPI), Majalah (133 LPI), Koran (85 LPI), Umum, dan Tidak Ada.• Koreksi Cahaya Latar: Pilih Tinggi, Sedang, Rendah, atau Tidak Ada.• Penghilang Debu: Pilih Tinggi, Sedang, Rendah, atau Tidak Ada. Saat Anda siap untuk melanjutkan, tekan “Pindai.”
Cara Memindai Dari Printer Brother

Printer Brother adalah mesin serbaguna, dan pemindaian adalah salah satu fungsi standarnya. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk memindai dokumen dari printer Brother ke PC Windows:
Ketuk tombol “Start” dan buka “Control Panel,” masukkan “Devices & Printers.” Pilih printer dengan mengklik nomor model atau namanya. Tekan “Mulai pindai” dan pilih format pemindaian. Pilih folder tujuan dan ubah kecerahan, kontras, resolusi, dll. Muat dokumen ke dalam printer. Temukan panel kontrol printer dan tekan “Pindai.” Pilih “Pindai ke PC. ”Pilih “File” dan pilih “Mulai Hitam” atau “Mulai Warna.”
Anda juga dapat memindai dokumen dari printer Brother ke Mac.
Buka “System Preference”.Pilih printer Anda di bidang “Cetak & Pindai”. Buka “Utilitas”. Ketuk Pusat Kontrol. Buka bagian “Tombol Perangkat Lunak” dan tekan “Pindai ke File.” Pilih folder tujuan dan jenis pindaian. Klik “OK” dan muat dokumen ke dalam printer. Tekan “Pindai ” dari panel kontrol printer Anda dan ketuk “Scan to PC.” Pilih “File” dan pilih “Start Black” atau “Start Color.”
Cara Memindai Dari Komputer Canon

Jika Anda memiliki Canon Pixma TS, TR, MG, atau MX printer, Anda dapat menggunakannya untuk memindai dokumen dan foto.

Anda harus mengunduh driver printer terlebih dahulu:
Baca dokumentasi printer Anda untuk ens ure memiliki fitur pemindaian. Hubungkan printer ke PC Anda.Buka halaman ini di browser web Anda.Tekan “Printers.”Pilih nomor model printer Anda dan ketuk “Enter.” Pilih sistem operasi Anda di menu tarik-turun di sebelah “Sistem Operasi.” Temukan driver printer yang ingin Anda unduh dan klik “Pilih.” Tekan “Unduh.” Ketuk file yang diunduh dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan.
Sekarang Anda dapat memindai dokumen menggunakan IJ Scan Utility.
Jika Anda memiliki PC Windows, tekan “Start” dan akses folder “Canon Utilities”.• Untuk pengguna Mac: o Pilih “Go” di bilah menu dan ketuk “Applications.”o Buka “Canon Utilities” dan pilih “IJ Scan Utility.” Luncurkan program IJ Scan Utility dan pilih “Pengaturan.” Pilih “Document Scan” dari menu di bagian kiri layar dan tekan “PDF (Multiple Pages).” Arahkan ke “Simpan di” dan pilih lokasi tujuan untuk pemindaian Anda. Klik “OK” dan pilih opsi “Dokumen”. Jika Anda ingin mencetak lebih banyak dari satu halaman, tempatkan halaman dalam pemasok otomatis atau pemindai kaca. Tekan “Scan” untuk memindai halaman berikutnya. Setelah memindai halaman, tekan “Exit.”
Cara Memindai dari Printer HP

Mengunggah dokumen atau foto ke komputer Anda tidak Tidak perlu ribet jika memiliki printer HP. Sebelum memindai file ke komputer Anda, periksa dokumentasi printer untuk memastikan printer memiliki fitur pemindaian.

Prosesnya sangat mudah saat Anda menggunakan HP Smart App.
Buka situs web, lalu unduh aplikasi dan pilih model printer Anda. Ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan penginstalan dan tempatkan dokumen pada pemindai kaca. Nyalakan printer dan luncurkan aplikasi. Pilih model printer Anda di jendela aplikasi dan tekan kotak “Pindai” untuk melanjutkan. Sesuaikan pengaturan pemindaian dengan mengutak-atik resolusi, ukuran halaman, bagian yang dipindai, sumber pemindaian, dll.Jika Anda puas dengan perubahan, tekan “Pindai” di kanan bawah. Tekan tombol di kanan atas untuk mengedit pindaian lebih lanjut. Ketuk “Simpan” dan simpan file di folder yang sesuai.
Cara Scan Dari Komputer Epson

Sebelum dapat memindai ke komputer menggunakan printer Epson, Anda harus menginstal program Epson Scan 2. Juga, pastikan Anda memiliki Pengelola Peristiwa atau Peraga Peristiwa di PC Anda. Setelah itu, prosesnya relatif mudah. ​​
Letakkan dokumen yang ingin Anda pindai pada pengumpan dokumen otomatis. Jika perlu, klik tombol “Beranda”. Tekan “Pindai” dan pilih “Komputer” dari daftar opsi. Tekan “OK ” untuk menutup jendela informasi. Ketuk “Select a computer” untuk melihat opsi berikut:• Jika Anda menghubungkan printer ke komputer melalui jaringan, pilih komputer Anda. (Jika tidak terdaftar, ketuk “Search Again.”)• Jika Anda menggunakan kabel USB, tekan “USB Connection.” Klik “Save as PDF” dan pilih salah satu dari berikut ini: “Save as JPEG,” “Simpan sebagai PDF,” “Lampirkan ke email,” dan “Ikuti pengaturan khusus.” Tekan “Pindai.”
Dokumen yang dipindai akan muncul di jendela pratinjau saat tugas selesai.

Cara Memindai Dari Printer ke PDF

Cara termudah untuk memindai dokumen ke format PDF di Windows 10 adalah melalui program Windows Fax and Scan.
Buka Windows Fax and Scan dan pilih opsi “Pemindaian Baru”. Arahkan ke “Profil” dan ketuk menu tarik-turun. Ketuk “Dokumen” dan pilih jenis pemindai dengan menekan “Feeder” atau “Flatbed.” Tekan “Scan” dan klik “File.” Pilih menu “Printer” dan pilih “Microsoft Print to PDF.” Tekan “Cetak” dan pilih lokasi tujuan.
Mac pengguna dapat memindai dokumen ke format PDF hanya dalam beberapa menit.
Buka jendela “Finder” dan tekan “Go.” Pilih “Applications”. Ketuk “Image Capture.” Pilih pemindai Anda, folder tujuan, a dan jenis pemindai.Tekan “Format” dan ketuk “PDF.” Tekan “Pindai.”
Pemindaian Bebas Repot

Memindai dokumen tanpa pemindai dapat menjadi hal yang menakutkan, tetapi banyak printer modern memiliki fitur ramah pengguna yang membuat prosesnya cepat dan mudah. Pengguna dengan printer lama dapat mengandalkan Mac atau OS Windows untuk membantu mereka merekam pindaian dokumen ke komputer mereka.

Apakah Anda pernah menggunakan printer untuk memindai dokumen sebelumnya? Printer mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.