Cara Memperbaiki “Aksi Ini Tidak Dapat Diselesaikan Karena File Terbuka”

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda mungkin menemukan pesan kesalahan “Tindakan ini tidak dapat diselesaikan karena file terbuka” saat mencoba mengganti nama, mentransfer, atau menghapus file. Komputer dibuat untuk mendukung banyak perangkat lunak secara bersamaan, tetapi terkadang program ini mencegah kita memanipulasi file. Untungnya, beberapa metode akan mengatasi masalah ini dan memungkinkan Anda untuk memodifikasi file dengan mudah.

Lanjutkan membaca untuk mempelajari cara melewati kesalahan “Tindakan ini tidak dapat diselesaikan karena file terbuka”.

Tindakan Ini Tidak Dapat Diselesaikan Karena File Terbuka di Windows Explorer

Windows File Explorer beroperasi di latar belakang sistem komputer Anda, dan dapat menghalangi modifikasi file.

Memulai ulang File Explorer akan membuatnya lebih efisien sehingga tidak mengganggu upaya Anda untuk menghapus atau mengganti nama file. Untuk melakukannya:
Arahkan ke tombol “Start” dan klik kanan. Pilih opsi “Task Manager”. Tekan “Processes,” gulir ke bagian bawah daftar, dan ketuk “Windows Explorer.” Pilih “Restart.” Tunggu selama sekitar satu menit sebelum mencoba untuk memanipulasi file lagi.
Declutter the Recycle Bin

Tempat sampah yang berantakan juga dapat memblokir Fire Explorer Anda. Untuk menghapusnya dan meningkatkan fungsi Explorer:
Temukan ikon “Recycle Bin” di desktop Anda dan klik kanan. Pilih opsi “Empty Recycle Bin”. Program mungkin meminta Anda untuk mengonfirmasi keputusan.
Ketika Anda telah mengosongkan Recycle Bin, kembali ke file Anda untuk melihat apakah metode ini telah menyelesaikan masalah.

Hentikan Proses Latar Belakang

Cara lain untuk mengoptimalkan File Explorer adalah memastikan semua proses latar belakang telah selesai. dihentikan. Untuk melakukannya:
Secara bersamaan tahan tombol “Windows” dan “R” dan masukkan “resmon.exe” ke dalam bidang pop-up. Tindakan ini akan meluncurkan Resource Monitor. Temukan bagian “CPU” dan buka tab “Pegangan Terkait”. Ketik nama file atau folder Anda, dan Resource Monitor akan mengidentifikasi proses yang terkait dengan file tersebut. Ketika Monitor telah menyelesaikan analisisnya, klik kanan pada proses yang diidentifikasi dan tekan “Akhiri Proses” untuk menghentikannya.
Setelah melakukan tindakan, Anda seharusnya tidak mengalami kesulitan mengganti nama, memindahkan, menghapus, atau memodifikasi file.

Bersihkan Thumbnail Anda

Thumbnail juga menyimpan data file yang dapat digunakan Explorer untuk menjalankan proses yang berbeda , menghentikan Anda dari melakukan tindakan file tertentu. Menonaktifkan thumbnail Anda akan menghentikan proses tersebut.

Untuk melakukannya dengan “Disk Cleanup”:
Pilih “This PC” di File Explorer. Klik kanan pada disk utama Anda dan tekan “Properties.” Ketuk “Disk Cleanup.” Pilih “Thumbnail” pilihan dan klik tombol “OK”.
Thumbnail akan dihapus, memungkinkan Anda untuk mengubah file Anda tanpa masalah.

Menghapus thumbnail dapat dilakukan dengan “Command Prompt” juga. Begini cara kerjanya:
Temukan “Command Prompt” menggunakan menu pencarian Windows. Lakukan klik kanan dan ketuk “Run as administrator.” Periksa apakah drive sistem utama dipilih. Jika bukan itu masalahnya, ketik “C:” dan tekan tombol “Enter”. Ketik “del /ash /s thumbs.db” ke dalam bidang yang sesuai dan tekan “Enter” sekali lagi.
Mungkin perlu beberapa menit hingga thumbnail Anda perpustakaan dibersihkan. Setelah proses selesai, coba manipulasi file Anda untuk memastikan masalah telah teratasi.

Blokir Pembuatan Thumbnail

Jika thumbnail telah menghentikan Anda untuk memodifikasi file, Anda mungkin ingin menghentikan PC Anda membuat thumbnail baru.

Untuk melakukannya, gunakan File Explorer:
Pilih “PC Ini” dan tekan “Lihat” di bagian atas program. Ketuk “Opsi” di menu pop-down. Klik “Lihat,” pergi ke bagian bawah jendela. Tekan “Selalu tampilkan ikon, tidak pernah thumbnail” di tab “File dan Folder”. Tekan “Terapkan” dan ketuk tombol “OK” untuk merekam perubahan.
“Opsi Performa” PC Anda adalah alat lain untuk menonaktifkan pembuatan thumbnail:
Luncurkan “PC ini,” tahan tombol kursor ke area kosong di bawah disk Anda dan klik kanan. Pilih “Properties” dan buka “Pengaturan sistem lanjutan.” Arahkan ke bagian “Kinerja” di tab “Lanjutan” dan ketuk “Pengaturan.” Hapus tanda centang dari Opsi “Tampilkan thumbnail alih-alih ikon”. Tekan “Terapkan” dan klik “O K” agar PC mendaftarkan perubahan.
“Group Policy Editor” adalah metode tambahan untuk menghentikan PC membuat thumbnail untuk file Anda. Untuk menggunakannya:
Secara bersamaan tekan tombol “Windows” dan “R” dan masukkan “gpedit.msc” ke dalam bidang yang sesuai. Ketuk “OK” atau “Enter.” Temukan “User Administration” dan masuk ke “Administrative Templates.” Pilih “Komponen Windows” dan pilih “File Explorer.” Tekan “File Explorer” untuk melihat daftar opsi yang tersedia. Ketuk dua kali opsi “Matikan caching thumbnail di file thumbs.db tersembunyi”. Ubah pengaturannya ke “Diaktifkan. Klik “Terapkan” dan tekan “OK.” PC sekarang akan menerapkan perubahan.
Matikan Mode Panel

Menonaktifkan “Mode Panel” PC Anda juga dapat mengatasi gangguan File Explorer. Untuk melakukannya:
Luncurkan “This PC” dan ketuk “View” di bagian atas layar. Klik “Preview pane” untuk mematikan “Panel Mode.” Jika diaktifkan, opsi akan berwarna biru.
Kembali ke file atau folder Anda dan periksa apakah tindakan ini telah mengaktifkan modifikasi file.

Aktifkan File Explorer untuk Membaca File sebagai Proses Berbeda

File Explorer mendaftarkan semua file yang dibuka sebagai satu proses yang dapat membebani program dan menghasilkan kesalahan sesekali. Namun, mengaktifkan Explorer untuk membaca setiap file sebagai proses terpisah akan melewati masalah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Pilih “PC Ini” dan klik “Lihat.” Pilih “Opsi” dari bilah tarik-turun. Tekan “Lihat” di jendela baru dan ketuk “Luncurkan jendela folder dalam proses terpisah.” Klik ” Terapkan” dan tekan tombol “OK” untuk mengaktifkan penyesuaian.
Tindakan Ini Tidak Dapat Diselesaikan Karena File Terbuka di Google Chrome

Peramban internet Anda juga dapat memblokir Anda dari memanipulasi file tertentu. Jika Anda menggunakan Google Chrome, ada perbaikan yang relatif sederhana. Untuk mengatasi masalah ini:
Keluar dari Google Chrome dan restart PC Anda. Buka browser Anda dan tekan tombol “CTRL” dan “Tab” secara bersamaan. Tindakan ini akan memeriksa apakah file masih dibuka. Jika file terbuka di jendela baru yang terpisah, tutup dan restart PC lagi. Setelah sistem menyala, buka file Anda untuk melihat apakah ada beberapa salinan yang sama mengajukan. Mereka memiliki penanda numerik seperti (1) atau (2) setelah namanya. Jika salinan seperti itu ada, pilih dan hapus. Mulai ulang PC sekali lagi dan coba ubah file.
Membuka salinan file terkadang dapat mencegah Anda mengubah asli. Menghapus file duplikat akan memungkinkan Anda untuk memindahkan atau menghapus file dengan lancar.

Sebagai bagian dari rangkaian perangkat lunak Windows, Microsoft Outlook dapat menghalangi Anda untuk tetap, memindahkan, atau menghapus file dan email. Untuk melewati kesalahan:

Tindakan Ini Tidak Dapat Diselesaikan Karena File Terbuka di Microsoft Outlook
Pilih file Microsoft Outlook. Klik pada nama file dan pilih opsi “Hapus”. File akan tetap terbuka.Ketika pesan kesalahan muncul, jangan tutup.Tutup jendela file dan kembali ke kotak pesan.Tekan tombol “Coba Lagi”.
Metode ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus file Outlook atau email dengan sukses .

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows yang sudah ketinggalan zaman, beralih ke versi terbaru akan mengoptimalkan kinerja Outlook. Gangguan Outlook dapat dikaitkan dengan masalah OS, jadi versi yang ditingkatkan akan membuat semua program Microsoft berjalan lebih efisien.

Tindakan Ini Tidak Dapat Diselesaikan Karena File Terbuka di Discord

Kesalahan ini dapat mencegah Anda menghapus folder Discord di folder DataApp lokal. Tetapi menyalakan komputer dalam “Mode Aman” akan meminimalkan gangguan perangkat lunak, sehingga Anda harus dapat menyelesaikan tindakan tanpa komplikasi. Untuk melakukannya:
Restart PC.Tahan tombol “F8” sebelum logo Windows muncul saat PC mulai restart.Jika Anda menggunakan beberapa sistem operasi, pilih salah satu yang ingin Anda jalankan dalam “Safe Mode” dan tekan “F8.” Di jendela “Opsi Booting Lanjutan”, pilih opsi “Mode Aman” yang ingin Anda gunakan, lalu tekan “Enter.” Masuk dengan akun administrator
Ingat untuk mengalihkan PC kembali ke pengaturan biasa setelah Anda ‘ telah berhasil menyesuaikan file Anda.

Selesaikan Setiap Tindakan

Pesan “Tindakan ini tidak dapat diselesaikan karena file dibuka di program lain” membuat frustasi dan dapat menghentikan pengguna untuk sepenuhnya mengontrol file mereka. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cepat dengan mengandalkan salah satu metode yang disebutkan dalam artikel ini.

Kapan terakhir kali Anda menemukan kesalahan ini? Metode mana yang membantu Anda melewatinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.