Cara Memperbaiki File Rusak

Device Links
AndroidMacWindowsDevice Missing?
File yang rusak adalah sumber frustrasi. Dalam skenario terburuk, Anda mungkin kehilangan data berharga dan PC atau perangkat portabel Anda menjadi tidak responsif.

Untungnya, ada metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui cara memperbaiki berbagai kesalahan dari file yang rusak di sejumlah perangkat paling populer.

Cara Memperbaiki File yang Rusak di Windows 11

Masalah perangkat lunak adalah penyebab utama file rusak. Pertama, perbarui perangkat lunak dan perangkat keras sebelum mencoba perbaikan berikut.

Fix 1: Perbarui Windows 11
Klik “Windows.” Klik “Pengaturan.” Pilih “Pembaruan Windows.” Klik “Periksa pembaruan.” Jika ada pembaruan yang tersedia, itu akan mulai memperbarui PC Anda.Setelah memperbarui, restart PC Anda.
Fix 2: Start-Up Repair
Matikan PC Anda.Tekan tombol daya untuk me-restart komputer Anda.Matikan paksa PC Anda dengan menekan dan menahan tombol daya.Ulangi proses dua atau tiga kali. Selanjutnya, boot PC Anda secara normal. Layar baru akan muncul yang disebut “Perbaikan Otomatis.” Klik “Ädvance Options.” Klik “Troubleshoot.” Pilih “Opsi Lanjutan.” Klik “Start-up repair” dan ikuti petunjuk di layar.
Fix 3: Lakukan Pemeriksaan File Sistem
Tekan “Window key.” Ketik “Command Prompt.” Klik kanan pada “Command Prompt.” Pilih “Run as administrator.” Ketik “sfc/scannow” Tunggu hingga proses selesai. Perhatikan bahwa ini bisa memakan waktu hingga 20 menit.
Fix 4: Jalankan CHKDSK Scan Fix Repair
Klik “Search.” Cari “Control Panel” dan buka. Klik “Troubleshooting.” Di panel kiri, klik “Lihat semua. ”Pilih “Pemeliharaan Sistem.”
Setelah pemecahan masalah selesai, jalankan Windows dalam mode aman. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:
Tekan “Window key + R.” Ketik “msconfig”Tekan “Enter.” Jendela “System Configuration” akan terbuka. Klik “Boot.” Centang daftar “Safe boot.” Klik “ Terapkan” dan “OK.” Nyalakan ulang PC Anda.
Fix 5: Pindai File Sistem
Tekan “Window Key.” Ketik “Command Prompt.” Pilih “Run as administrator.” Ketik “DISM.exe/Online/Cleanup-image/Res” Tekan “Enter.” Setelah selesai, ketik “sfc/scannow”Tekan “Enter.”
Fix 6: Reset PC
Tekan “Window Key + I.” Buka “Pengaturan.” Pilih “Sistem.” Gulir ke bawah dan klik ” Pemulihan.” Di bawah “Opsi pemulihan,” pilih “Reset PC.” Pilih “Simpan file saya” atau “Hapus Semuanya.” Pilih “Unduhan cloud” atau “Instal Ulang Lokal untuk Windows.” Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang PC Anda.
How untuk Memperbaiki File yang Rusak di Windows 10

Windows 10 mengikuti proses perbaikan serupa.

Fix 1: Gunakan SFC Tool
Ketik “cmd” di “kotak Pencarian.” Klik “Run as Administrator.” Di “Command Prompt” ketik “sfc / scannow” Tunggu hingga pemindaian selesai .Ketik perintah berikut: “findstr /c:”[SR]” %windir%logscbscbs.log >sfcdetails.txt”Tekan “Enter.”Buka sfcdetails.txt. Periksa hasil scan SFC .
Fix 2: Gunakan DISM Tool
Tekan “Windows key + X.” Klik “Windows PowerShell” atau “Command Prompt.” Ketik perintah berikut: “DISM / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth” Tekan “Enter.” proses perbaikan dapat memakan waktu 10 menit atau lebih. Setelah alat DISM memperbaiki file Anda, restart PC Anda.
Fix 3: Jalankan Scan SFC Dari Safe Mode
Tekan tombol “Windows.” Klik tombol “Power”, sambil menahan tombol “Shift ”, pilih “Restart.” Pilih “Troubleshoot.” Pilih opsi “Advanced”. Klik “Startup Settings.” Klik tombol “Restart”. Pilih versi “Safe Mode” pilihan Anda. Ketika “Safe Mode” dimulai, ulangi langkah-langkah dari Fix 1 untuk melakukan scan SFC.
Fix 4: Jalankan CHKDSK Scan Fix Repair
Klik “Search.” Cari “Control Panel” dan buka. Klik “Troubleshooting.” Di panel kiri, klik “View semua.” Pilih “S ystem Maintenance.”
Setelah pemecahan masalah selesai, jalankan Windows dalam mode aman. Ikuti langkah-langkah ini:
Tekan “Window key + R.” Ketik “msconfig” Tekan “Enter.” “System Configuration” akan terbuka. Klik “Boot.” Centang daftar “Safe boot.” Klik “Terapkan” dan “OK.” Reboot PC Anda.
Cara Memperbaiki File yang Rusak di Mac

Mac memiliki kode kesalahan khusus untuk file sistem yang rusak, yang disebut Korupsi Hard Disk. Ini bisa sulit untuk diselesaikan, tetapi utilitas bawaan terkadang menanganinya.

Langkah 1: Memindai Kesalahan Hard Disk di Mac
Boot aplikasi “Terminal”. Anda dapat menemukannya di Finder. Ketik perintah berikut di terminal: daftar diskutilTekan “Enter” untuk menjalankan perintah. Jika Anda memiliki beberapa partisi disk, yang sering terjadi pada perangkat yang lebih baru, Anda dapat membedakannya berdasarkan ukurannya .Tuliskan pengenal partisi yang perlu Anda periksa. Ketik dan jalankan perintah berikut: diskutil verificationVolume [drive identifier/name]Tunggu sampai proses selesai, pada titik mana terminal akan mencetak hasil verifikasi.Jika baris terakhir berbunyi “Volume /dev/rdisk3s1 tampaknya OK,” partisi itu tidak rusak, dan Anda harus mengulangi prosesnya dengan drive lain. Jika sistem mendeteksi kerusakan, lanjutkan dengan petunjuk di bawah ini.
Langkah 2: Mencadangkan File

Sebelum Anda mulai membuat perubahan menyeluruh pada file sistem, Anda harus memiliki cadangan yang aman untuk semua file Anda. Beberapa proses sistem dapat secara tidak sengaja menyalin bagian yang rusak ke file lain dan menyebarkan kesalahan.

Setelah Anda mencadangkan semua file, terapkan salah satu perbaikan berikut untuk memulihkannya.

Fix 1: Perbaiki Hard Disk Dengan DiskUtil
Ketik perintah ini ke Terminal: diskutil memverifikasiVolume [nama drive], di mana nama drive adalah pengidentifikasi drive yang rusak dari pemindaian di atas. Tekan “Enter” untuk menjalankan perintah dan tunggu hingga proses selesai. Anda akan menerima pembaruan status atau mungkin perlu menjalankan memindai lagi sesudahnya. Jika drive tidak diperbaiki, lanjutkan ke langkah berikutnya.
Fix 2: Perbaiki Inkonsistensi Sistem File Dengan FSCK

FSCK adalah utilitas sistem yang hanya tersedia dalam mode Single User, yang merupakan terminal mirip DOS yang dapat diakses saat PC melakukan booting. Inilah yang perlu Anda lakukan.
Restart perangkat Anda.Saat sistem mulai booting (biasanya dengan bunyi bip atau bunyi lonceng), tahan tombol “Command” dan “S” untuk masuk ke mode Single User.Tunggu Command Prompt di bagian bawah layar untuk berhenti menggulir teks. Prompt perintah harus membaca “root#” diikuti dengan kursor yang berkedip. Ketik perintah fsck –fydan tekan “Enter.” Jika itu tidak berhasil, coba /sbin/fsck –fydan jalankan itu sebagai gantinya.FSCK akan secara otomatis mencoba memperbaiki kerusakan apa pun dan menampilkan hasil di terminal.
Cara Memperbaiki File yang Rusak di Android

Fix 1: Hapus Data Aplikasi
Melalui “Pemberitahuan” Anda atau “Pengaturan”, buka menu “Pengaturan”. Gulir ke bawah dan cari “Manajemen Aplikasi.” Ketuk aplikasi dengan file yang rusak. Anda akan melihat informasi tentang aplikasi seperti “Penyimpanan”, “izin”, dll. Ketuk pada opsi “Hapus Cache” untuk menghapus semua data.
Fix 2: Unduh Aplikasi File Converter Dari Google Play Store

File atau dokumen mungkin tidak berfungsi di Android Anda karena tidak memiliki format atau codec yang didukung. Mengunduh aplikasi Konverter File dapat menyelesaikan masalah.
Buka Google Play Store di perangkat Anda.Ketik “konverter format” di bidang teks.Pilih aplikasi pengonversi file berperingkat tinggi untuk jenis file spesifik Anda.
Memperbaiki File Menjadi Mudah

Korupsi file seharusnya tidak menyebabkan kepanikan yang tidak semestinya. Untungnya, sebagian besar perangkat memiliki cara bawaan untuk menyelesaikan masalah. Jika Anda masih tidak dapat memperbaiki file, cari alat perbaikan online untuk bantuan atau konsultasikan dengan ahli PC lokal Anda untuk mendapatkan bantuan.

Pernahkah Anda harus memperbaiki file yang rusak? Apakah Anda memiliki saran untuk aplikasi pemulihan data yang berfungsi dengan baik? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.