Cara Memperbaiki Gmail Tidak Menerima Email

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Gmail dapat diandalkan dan gratis untuk digunakan, berkontribusi pada pengadopsiannya secara luas oleh banyak pengguna internet. Namun, ada kalanya orang tidak menerima pesan emailnya, menyebabkan kepanikan atau kebingungan. Tidak perlu khawatir karena klien email mungkin penyebabnya.

Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa beberapa pengguna Gmail tidak menerima email, atau lebih tepatnya, di mana email tersebut masuk ke kotak masuk Anda. Terkadang itu masalah Gmail, tetapi ada keadaan di mana faktor lain yang harus disalahkan. Baca terus untuk semua detailnya.

Mengapa Gmail Tidak Menerima Email?

Sebagian besar waktu, Anda benar-benar menerima email yang Anda tunggu-tunggu, tetapi klien email kemungkinan besar meletakkannya di tempat lain. Gmail dapat membagi email ke dalam kategori seperti Pembaruan dan Forum, dan Anda harus mengekliknya untuk menemukan email tertentu. Anda juga dapat memeriksa kategori Sosial dan Promosi. Gmail mungkin telah mengirim pesan Anda ke sana.

Namun, ada alasan lain mengapa Anda tidak mendapatkan sesuatu.

Dikirim ke Folder Spam

Gmail memiliki beberapa fitur keamanan untuk melindungi pengguna dari spam, email scam, dan lainnya. Namun, ada kalanya secara tidak sengaja mengirimkan email yang sah ke folder Spam. Lokasi ini adalah tempat berakhirnya pesan mencurigakan, tetapi belum dihapus.

Email di folder Spam akan tetap di sana selama 30 hari, dan Anda harus menandainya sebagai aman untuk mengakses kontennya. Tunggu terlalu lama, dan Anda mungkin tidak tahu bahwa Gmail telah menghapusnya. Sering memeriksa folder Spam Anda adalah cara terbaik untuk menemukan email yang hilang. Begini caranya:
Buka Gmail di browser Anda.Lihat ke kiri dan gulir ke bawah hingga Anda melihat opsi Spam.Klik di atasnya.Periksa apakah email penting ada di sana.Klik untuk membukanya.Pilih “Laporkan Bukan Spam.”Pindahkan ke kotak masuk Anda.
Beberapa layanan atau entitas buletin akan meminta Anda memasukkan alamat email mereka ke daftar aman agar fenomena ini tidak terjadi. Anda juga dapat menyetel filter agar pesan dari pengirim tertentu dapat tiba dengan benar.

Tidak Ada Ruang Penyimpanan Lagi

Akun Google menikmati penyimpanan gratis sebesar 15GB, tetapi jika Anda sering menerima file besar atau menyimpan banyak data di Google Drive, ruang penyimpanan ini akan terisi dengan cepat. Satu-satunya cara agar email baru masuk adalah dengan meningkatkan akun Google Anda atau menghapus file dari Gmail, Google Drive, atau Foto Google.

Di Gmail, Anda dapat menghapus pesan dengan cara ini:
Buka email apa pun.Klik titik tiga di sebelah kanan. Pilih “Hapus Pesan Ini”. Foto.Pilih foto atau video apa saja.Klik ikon tempat sampah.Pilih “Pindahkan ke sampah.”
Tentu saja, Anda bebas meningkatkan penyimpanan jika menghapus file dan email tidak memungkinkan. Namun, Anda hanya boleh melakukannya jika Anda bersedia membayar untuk ruang tersebut. Jika tidak, pertimbangkan untuk mengosongkan sebagian ruang penyimpanan.

Periksa Aplikasi Gmail Anda

Pengguna seluler dapat dengan bebas bertukar antar akun Gmail untuk Android atau iOS. Namun, mereka mungkin secara tidak sengaja menempel pada akun dan bertanya-tanya mengapa sesuatu tidak datang. Memperbaiki ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:
Buka aplikasi Gmail di perangkat seluler Anda.Ketuk gambar profil atau inisial Anda.Periksa apakah akun di perangkat ini sudah benar.Jika tidak, tambahkan akun yang Anda inginkan.
Login ke akun Gmail yang diinginkan di perangkat seluler untuk memastikan Anda menerima email. Wajar jika kita melakukan kesalahan di area ini karena kita melakukan banyak tugas sepanjang hari. Kabar baiknya adalah beralih akun tidak memerlukan waktu sama sekali.

Jika Anda beralih dan tidak melihat email baru, email tersebut mungkin dikirim ke folder Spam atau kategori lain. Lihat di tempat-tempat ini untuk melihat apakah ada email yang hilang.

A Koneksi Internet Bermasalah

Beberapa orang lupa menghubungkan perangkat mereka ke internet, tetapi jika Anda dapat membaca artikel ini, Anda mungkin memiliki masalah yang berbeda. Namun demikian, tetap bijaksana untuk mengatur ulang koneksi internet Anda. Anda dapat dengan mudah mematikan dan menghidupkan kembali konektivitas internet di ponsel cerdas dan komputer Anda.

Setel ulang router Anda jika koneksi internet terputus-putus. Bergantung pada model router Anda, Anda harus menunggu sekitar 15 menit, tetapi setelah itu, akses internet Anda akan dipulihkan.

Periksa kotak masuk Anda untuk email jika menyetel ulang koneksi atau router menyelesaikan masalah. Itu mungkin berhasil.

Gmail Tidak Menerima Email Dari Satu Pengirim

Kadang-kadang, filter spam Gmail mulai bekerja keras. Mereka akan mengirimkan pesan dari beberapa alamat ke folder Spam meskipun Anda jelas mempercayai mereka. Dalam hal ini, Anda harus memasukkan alamat ke daftar aman dan mencegah hal ini terjadi lagi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memasukkan alamat dengan aman:
Buka Gmail. Buka menu Setelan dengan mengeklik ikon Roda Gigi. Pilih “Filter dan Alamat yang Diblokir”. Pilih “Buat Filter Baru”. Ketik atau tempel alamat email yang akan diizinkan di “ Dari”. Pilih “Buat Filter”. Di bagian berikutnya, centang “Jangan Kirim ke Spam”. Klik “Buat Filter”. kalau tidak. Pesan baru akan tiba sebentar lagi.

Ada juga cara lain untuk membuat daftar aman pengirim. Anda dapat melakukannya melalui email terbuka. Begini caranya:
Buka email.Klik titik tiga.Pilih “Filter Pesan Seperti Ini.”Masukkan alamat email di kolom “Dari”.Klik “Buat Filter.”Centang “Jangan Pernah Kirim Ke Spam.”Pilih “ Buat Filter.”
Kedua metode bekerja secara identik, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling Anda sukai.

Gmail Tidak Menerima Email Dari Outlook

Meskipun tidak standar, pengaturan IMAP atau POP Gmail digunakan oleh beberapa pekerja. Ini memungkinkan Anda menerima email Outlook di Gmail. Namun, fungsinya mungkin berhenti karena kesalahan. Berikut cara memperbaiki masalah ini:
Buka Gmail di browser Anda.Klik ikon roda gigi.Cari “Penerusan Dan POP/IMAP”.Aktifkan POP atau IMAP, tergantung cara Anda menyiapkannya.
Gmail mungkin juga tidak berfungsi karena server masalah, yang hanya dapat dipecahkan oleh teknisi Google. Satu-satunya tindakan untuk masalah ini adalah menunggu.

Membuka Gmail di browser lain terkadang membuat masalah hilang. Namun, Anda mungkin harus menghubungi layanan pelanggan jika tidak ada yang berhasil.

Anda Punya Email Baru

Gmail biasanya merupakan layanan yang andal, karena memberdayakan sebagian besar populasi internet dengan berbagai cara. Namun, pengaturan yang salah atau masalah server dapat memaksa beberapa orang kehilangan pesan penting. Untungnya, ada cara untuk mengatasi masalah yang tidak memakan banyak waktu.

Manakah dari metode berikut yang dapat membantu Anda mendapatkan email yang Anda tunggu-tunggu? Trik apa lagi yang belum kami bahas? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.