Cara Memperbaiki Hard Drive Tidak Muncul di Manajemen Disk

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
Windows 11Windows 10Windows 7MacDevice Missing?
Sangatlah buruk ketika Anda menghubungkan HDD atau SSD portabel ke PC tetapi tidak mendapatkan respons atau perintah, sehingga Anda tidak dapat melihat isinya. Manajemen Disk, alat sistem yang digunakan untuk mengelola semua perangkat yang teridentifikasi, dalam sebagian besar keadaan, akan menampilkan hard drive ini. Namun, terkadang mereka gagal muncul di Manajemen Disk.

Kami telah menyusun daftar perbaikan potensial untuk masalah ini. Teruslah membaca untuk mempelajari apa yang harus dilakukan ketika hard drive tidak muncul di manajemen disk di berbagai sistem operasi.

Hard Drive Tidak Muncul di Manajemen Disk di Windows 11

Jika hard drive Anda tidak muncul di Manajemen Disk, mungkin ada beberapa penyebab potensial. Berikut adalah beberapa opsi untuk memperbaiki masalah ini.

Buat Volume Baru

Coba buat volume baru jika hard disk eksternal tidak muncul di Manajemen Disk. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk di bawah ini:
Klik pada “tombol Windows + X,” lalu pilih “Manajemen Disk” dari daftar. Verifikasi apakah drive adalah partisi utama atau sudah merupakan ruang yang tidak terisi di Manajemen Disk. Partisi utama akan memiliki bilah biru di atas, sedangkan ruang yang tidak terisi akan memiliki bilah hitam. Anda harus membuat ruang partisi utama drive tidak terisi. Jika sudah diberi label sebagai ruang yang tidak terisi, lewati langkah berikutnya. Untuk menghapus volume dan menjadikannya ruang yang tidak terisi, klik kanan volume atau drive yang bermasalah dan pilih “Hapus Volume.” Drive akan berhasil diberi label sebagai ruang yang tidak terisi setelah Anda melakukan ini karena bilah hitam akan muncul di atasnya. Anda sekarang harus membuat volume dasar baru untuk ruang tersebut. Klik “Volume Sederhana Baru” dari menu konteks dengan mengklik kanan ruang yang tidak terisi. Ini akan meluncurkan “Wizard Volume Sederhana Baru.” Pilih “Berikutnya.” Kolom input “Ukuran Volume Sederhana” (dalam MB) akan ditampilkan kepada Anda. Anda tidak akan dapat melebihi batas di sini, tetapi Anda dapat mengatur ukuran khusus. Setelah selesai, tekan “Next.” Pilihan Anda selanjutnya adalah mengatur huruf drive atau memasangnya di folder NTFS yang kosong. Setelah memilih “Assign the next drive letter”, pilih huruf drive. Pilih “Next.” Anda akan diminta untuk memformat drive. Pilih opsi “Format volume ini menggunakan pengaturan berikut”. Sistem file, ukuran unit, dan pelabelan volume kemudian perlu ditetapkan. Sebagian besar waktu, biarkan ini default. Tekan “Berikutnya” setelah Anda menyelesaikan semua ini. Pilih “Selesai” untuk mengakhiri “Wizard Volume Sederhana Baru.”
Segera setelah Anda melakukan ini, drive akan muncul di Manajemen Disk dan menyelesaikan masalah. driver keras Anda terlebih dahulu dan kemudian lihat apakah kesalahan berlanjut. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memutakhirkan driver hard disk:
Temukan “Device Manager” di Start Menu dan luncurkan. Untuk memperluas bagian “Disk Drives”, klik dua kali padanya. Klik kanan pada drive yang memiliki kesalahan di area ini. Kemudian pilih “Update Driver.”
Nyalakan kembali komputer Anda untuk menerapkan semua perubahan. Sekarang, Anda seharusnya tidak mengalami masalah Windows 11 tidak mengenali hard drive.

Drive Eksternal Tidak Muncul di Manajemen Disk di Windows 10

Ada beberapa opsi untuk memperbaiki masalah ini di Windows 10.

Formatting

Disk Anda bisa saja tidak diformat atau diformat untuk standar usang. Drive eksternal yang Anda gunakan mungkin perlu diformat agar Windows 10 mengenalinya:
Klik tombol kanan mouse pada eksternal di “Disk Management.” Pilih “Format” dari menu yang muncul.
Program Manajemen Disk mungkin tidak mengenali hard drive Anda jika ada masalah dengan koneksi Anda, driver kedaluwarsa, atau kerusakan fisik. Kemungkinan besar Anda hanya memiliki hard drive yang buruk jika masalah Anda tidak membaik setelah memverifikasi konektivitas, memutakhirkan driver, dan mengikuti petunjuk di posting ini. Misalnya, drive Windows sering dimulai dengan “C.” Jika mesin Anda boot, Anda mungkin dapat memperbaiki masalah visibilitas hanya dengan mengganti huruf ini.
Klik tombol kanan mouse pada “Volume” di “Manajemen Disk.” Pilih “Ubah Huruf dan Jalur Drive.” Pilih “Ubah” di jendela baru. Ketuk “OK” untuk memberi USB Anda huruf drive baru di jendela ini.
Ini harus menyelesaikan masalah. Hindari melakukan ini untuk drive sistem (biasanya C atau D).

Hard Drive Tidak Muncul di Manajemen Disk di Windows 7

Berikut adalah daftar kemungkinan solusi untuk masalah Manajemen Disk di Windows 7.

Pemulihan Data Ruang yang Tidak Terisi

Untuk melakukan ini, Anda harus:
Dalam Manajemen Disk, klik kanan pada drive C:. Pilih “Perpanjang Volume.” Tekan “Berikutnya.” Ikuti petunjuk untuk memformat sisa ruang yang tidak terisi. Manajemen
Disk mungkin mencegah Anda memperluas drive karena ini adalah partisi OS sistem Anda . Mengunduh dan menginstal salah satu dari berbagai program yang tersedia akan membantu Anda mengatasi masalah ini. Teliti dengan cermat opsi mana yang akan bekerja untuk Anda dan hindari penipuan.

Setelah Anda memulihkan file, Anda harus membuat partisi baru:
Dalam Manajemen Disk, klik kanan pada ruang kosong.Pilih “Volume Sederhana Baru”.
Follow petunjuk pengaturan untuk menyelesaikan proses. Jika ini tidak berhasil, periksa untuk melihat apakah driver Anda terbaru. Komputer Anda dapat mengalami masalah serius jika driver Anda tidak diperbarui.

Import Foreign Disk

Disk tidak akan muncul di My Computer atau Disk Management sebagai partisi yang dapat dilihat. Itu diidentifikasi sebagai disk asing oleh sistem. Untuk memperbaiki masalah dengan metode ini, ikuti panduan ini:
Tekan “Windows key + R” untuk membuka kotak dialog “Run”. Setelah itu, masukkan “diskmgmt.msc” untuk meluncurkan “Disk Management.” Coba lihat apakah Anda memiliki disk lain yang terdaftar di bawah disk OS Anda. Menggunakan menu drop-down, klik kanan pada salah satu jika Anda memilikinya. Pilih “Impor Disk Asing.” Setelah beberapa saat, File Explorer dan Manajemen Disk akan mengenali drive HDD baru Anda sebagai volume.
Reboot perangkat untuk melihat apakah masalah terus berlanjut.

Coba Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat

Utilitas ini dapat digunakan untuk menentukan apakah perangkat Anda mengalami masalah jika hard disk yang terpasang atau perangkat keras lain tidak beroperasi sebagaimana mestinya. Agar pemecah masalah Perangkat Keras dan Perangkat dapat diluncurkan dan dijalankan:
Buka menu Start. Cari “Control Panel” dan buka. Ketik “troubleshooter” ke dalam bidang pencarian di sudut kanan atas jendela Control Panel. Ketika “Pemecahan Masalah” ditampilkan, klik di atasnya. Klik perangkat apa pun di bawah “Perangkat Keras dan Suara.” Sekarang akan meluncurkan jendela “Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat”.
Munculan yang melihat masalah perangkat keras muncul. Wizard akan memandu Anda melalui langkah-langkah selanjutnya. Dalam beberapa langkah yang disebutkan di atas, Anda mungkin dimintai kata sandi administrator.

Hard Drive Tidak Muncul di Manajemen Disk di Mac

Jika drive eksternal tidak muncul di Utilitas Disk di Mac Anda, berikut adalah beberapa solusi yang mungkin untuk masalah ini.

Tampilkan Hard Disk Eksternal Secara Manual di Disk Utility

Jika hard disk eksternal Anda tidak muncul di Disk Utility, Anda dapat memverifikasi apakah opsi “Eksternal” ada di bilah sisi kiri. Jika demikian, ikuti petunjuk ini untuk menampilkannya secara manual.
Hubungkan hard drive eksternal ke Mac Anda. Luncurkan “Disk Utility.” Gerakkan mouse ke pilihan “Eksternal”. Pilihan “Tampilkan” akan terlihat. Klik di atasnya.
Periksa apakah “Disk Utility” dapat mengenali hard disk eksternal sekali lagi.

Gunakan Diagnostik Apple

Diagnostik Apple adalah kumpulan alat diagnostik yang digunakan teknisi untuk mengidentifikasi masalah. Ini dapat membantu Anda menentukan potensi masalah perangkat keras dengan Mac Anda. Selain itu, ini memberikan saran untuk perbaikan dan memfasilitasi kontak Anda dengan Dukungan Apple.
Semua perangkat eksternal harus dimatikan, kecuali keyboard, mouse, dan gadget lain yang diperlukan.Mulai ulang Mac Anda, atau jika tidak dinyalakan, nyalakan. Tahan tombol D pada keyboard Anda hingga layar pemilihan bahasa muncul. Bilah kemajuan yang menyatakan “memeriksa mac Anda” akan muncul setelah Anda memilih bahasa Anda. Setelah diagnostik selesai, ia akan merekomendasikan perbaikan untuk kesalahan yang ditemukan.
Perbarui Perangkat Keras Anda dan Software

Berbagai masalah perangkat keras disebabkan oleh firmware dan perangkat lunak yang usang. Misalnya, driver USB Mac yang tidak kompatibel mencegah hard drive eksternal berfungsi. Anda harus memeriksa pembaruan sistem dengan meluncurkan App Store dan memilih tab Perbarui. Instal pembaruan firmware dan perangkat lunak macOS yang tersedia di Mac.

Easy to Manage Hard Drives

Mengalami masalah seperti ini bisa sangat mengganggu. Alih-alih segera pergi ke layanan, kami telah membuat panduan ini untuk Anda coba dan perbaiki sendiri kesalahan ini. Sebagian besar solusi ini akan memperbaiki masalah Anda dan menghemat uang dengan menghindari dukungan teknis.

Solusi apa yang paling cocok untuk Anda? Seberapa sering Anda mengalami kesalahan ini? Beri tahu kami di komentar!