Cara Memperbaiki Internet Exception java.net.socketexception Reset Koneksi di Minecraft

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda mendapatkan kesalahan koneksi java.net.socketexeption saat bermain Minecraft? Jika demikian, Anda bukan satu-satunya. Pengguna telah melaporkan kesalahan koneksi yang hilang ini, salah satu kesalahan paling umum yang ditemukan di Minecraft.

Alasan untuk kesalahan ini dapat bervariasi. Untungnya, ada beberapa solusi. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang harus Anda lakukan untuk kembali bermain dalam waktu singkat.

Pengecualian Internet java.net.socketexception Reset Koneksi di Minecraft

Untuk pengguna Minecraft, kesalahan koneksi yang hilang ini terbukti menjadi peristiwa yang membuat frustrasi . Anda bergabung dengan server dan siap bermain, tetapi beberapa detik kemudian, Anda terputus. Gangguan dalam memainkan game favorit Anda pasti tidak meningkatkan pengalaman, tetapi ada beberapa solusi cepat. Coba saran kami yang tercantum di bawah ini untuk menghindari java.netsocketexeption error.

Mengubah DNS Server

Solusi umum adalah mengubah server DNS Anda. Karena kesalahan ini disebabkan oleh masalah koneksi, mengubah server DNS Anda akan menyelesaikan masalah. Untuk mempelajari cara melakukannya, ikuti petunjuk di bawah ini:
Klik menu “Start” dan cari “Control Panel.” Temukan dan klik “Network and Sharing Center.” Tekan “Network connection” dan pilih “Properties.” Klik dua kali pada “Internet Protocol Version 4 (CTP/IPv4).” Ketuk tombol untuk “Gunakan alamat IPv6 berikut.” Pilih tombol untuk “Gunakan alamat server DNS berikut.” Untuk server DNS pilihan, ketik “8.8.8.8. Di jendela “Alternate DNS server”, ketik “8.8.4.4.” Klik kotak untuk “Validasi pengaturan saat keluar.” Tekan “OK” untuk memperbarui pengaturan DNS Anda.
Coba Menggunakan VPN

A VPN (jaringan pribadi virtual) bisa membantu meringankan kesalahan reset java.net.cocketexception. Menggunakan VPN memberikan alamat IP yang berbeda, yang dapat memperbaiki masalah koneksi server Anda. Ada beberapa VPN gratis yang tersedia. Coba instal satu, reboot komputer Anda, lalu buka lagi Minecraft dengan VPN diaktifkan. Penggunaan VPN akan memperbaiki kesalahan koneksi.

Kurangi Jarak Render Minecraft Anda

Membuat perubahan yang cepat dan mudah pada pengaturan game Anda dapat mengatasi kesalahan koneksi umum ini. Sebagai bonus, mengurangi jarak render Anda juga dapat membantu memperbaiki lag yang mungkin Anda alami saat bermain. Untuk membuat perubahan ini pada pengaturan permainan Anda, lakukan hal berikut:
Luncurkan Minecraft dan buka peta pemain tunggal. Tekan tombol “ESC” pada keyboard Anda dan klik “Opsi.” Pilih “Pengaturan Video.” Arahkan kursor ke “Jarak Render ” dan menggunakan penggeser, turunkan ke “8 Potongan” atau lebih rendah. Klik “Selesai” untuk menyimpan pengaturan Anda.
Perbarui Alamat IP Sistem Anda

Opsi lain adalah memperbarui alamat IP sistem Anda. Terkadang ini akan memperbaiki masalah koneksi dan sepadan dengan waktu untuk melakukannya. Untuk memperbarui alamat IP Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka jendela pencarian Anda di PC Anda dan ketik “cmd” untuk membuka jendela “Command prompt” Anda. Ketuk “Run as administrator.” Jendela command prompt akan terbuka. Tiga perintah yang perlu Anda jalankan adalah: ipconfig/releaseipconfig/flushdnsipconfig/renew
Setelah Anda menjalankan ketiga perintah, tutup jendela dan luncurkan ulang Minecraft. Ini harus memperbaiki kesalahan koneksi.

Uninstall Hamachi

Beberapa pemain yang menggunakan Hamachi VPN mengalami kesalahan koneksi saat bermain Minecraft. Jika Anda telah menginstalnya, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan perangkat lunak untuk melihat apakah ini masalahnya. Berikut cara menghapus Hamachi:
Buka “Control Panel” PC Anda. Temukan “Hamachi” dan klik “Uninstall.” Menggunakan jendela pencarian, ketik “cmd” untuk membuka jendela “Command prompt”. Ketik “netsh interface tcp show global” dan tekan “Enter.” Di jendela, jika “Receive Window Auto-Tuning Level” dinonaktifkan, ketik “netsh interface tcp set global autotuninglevel=normal”. Tekan “Enter” untuk menyimpan.
Setelah Anda menghapus Hamachi , Anda seharusnya tidak lagi menerima kesalahan koneksi java.netsocketexeption. Sementara VPN lain bekerja dengan baik dengan Minecraft, Hamachi cenderung memberikan masalah kepada pengguna, jadi sebaiknya jangan menggunakannya.

Periksa Koneksi Internet Anda

Terkadang kesalahan koneksi ini ada hubungannya dengan Wi-Fi atau koneksi internet Anda. Koneksi yang lemah ke internet menyebabkan Anda tiba-tiba terputus dari server Minecraft. Mem-boot ulang router Anda bisa menjadi solusinya. Matikan router Anda dan tunggu beberapa menit sebelum menyalakannya kembali. Setelah aktif dan berjalan kembali, luncurkan ulang Minecraft dan lihat apakah koneksi Anda penyebabnya. Menggunakan VPN adalah perbaikan cepat, seperti halnya mengubah server DNS Anda. Tidak ada jawaban konkret untuk mengatasi masalah ini, tetapi menggunakan satu atau beberapa saran kami, masalah koneksi ini seharusnya tidak menghantui Anda lagi.

Apakah Anda mendapatkan kesalahan java.net.socketexception saat bermain Minecraft? Apakah Anda menggunakan salah satu metode yang dijelaskan dalam artikel ini untuk kembali ke permainan Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.