Cara Memperbaiki Internet yang Lambat Hanya di Ponsel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda keluar di jalan-jalan mencoba menjelajahi web di ponsel Anda, hanya untuk menemukan koneksi internet seluler Anda sangat lambat? Masalahnya mungkin terjadi sesekali, dan biasanya bukan masalah besar. Tetapi terkadang, Anda mungkin memperhatikan bahwa internet ponsel Anda terlalu lambat dibandingkan dengan komputer Anda, misalnya.

Dalam artikel di bawah ini, cari tahu mengapa ini terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat lagi.

Internet Cepat, Tapi Lambat Telepon

Ada banyak alasan mengapa koneksi internet Anda mungkin lambat di ponsel Anda, tetapi bukan komputer atau TV.

Tercantum di bawah ini adalah alasan paling umum beserta solusi untuk setiap masalah.

Masalah 1: Terlalu Banyak Tab atau Aplikasi yang Aktif

Membuka terlalu banyak aplikasi atau tab di dalam browser dapat mengakibatkan koneksi internet lambat. Ini karena ponsel Anda mencoba membuat koneksi dengan semua server yang menghosting semua halaman yang berbeda.

Terlepas dari kecepatan paket data Anda, jika Anda mengisi browser dengan begitu banyak data, koneksi internet yang buruk dijamin.
Solution:
Close semua tab dan aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan. Jika memungkinkan, bersihkan cache juga dan mulai ulang aplikasi browser.

Masalah 2: Koneksi Buruk

Anda mungkin memperhatikan bahwa ponsel Anda hanya menampilkan satu bilah atau tidak sama sekali saat Anda mengalami masalah dengan aksesibilitas internet. Ini menunjukkan penerimaan yang buruk, dan ketika ini terjadi, hampir tidak mungkin untuk terhubung ke jaringan terlepas dari seberapa kuat paket data Anda. Ini terutama benar jika Anda berada di area terpencil atau mencoba terhubung ke jaringan publik dengan banyak orang lain yang mencoba melakukan hal yang sama.
Solution:
Jika Anda berada di area terpencil, tunggu hingga Anda mendekati kota lagi untuk mencoba menghubungkan ke jaringan. Untuk tempat dengan bandwidth publik, coba cari jaringan alternatif yang tidak banyak orang terhubung.

Masalah 3: Terlalu Banyak Cache

Cache biasanya tidak menyebabkan terlalu banyak masalah untuk perangkat seluler. Namun, jika sudah lama sejak Anda membersihkannya, maka semua data yang dikandungnya dapat secara drastis meningkatkan waktu pemuatan situs web. Ketika cache Anda terlalu penuh, itu memperlambat ponsel Anda, sehingga pengalaman internet secara keseluruhan terancam.
Solution:
Membersihkan cache Anda, atau setidaknya cache untuk browser Anda akan membantu mempercepat internet Anda jika ini adalah masalah awal.

Masalah 4 : Masalah Pengaturan Jaringan

Terkadang, pengaturan jaringan dapat menyebabkan internet melambat di beberapa perangkat. Pengaturan dapat dikonfigurasi dengan cara yang menghasilkan koneksi yang buruk.
Solution:
Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengatur ulang konfigurasi jaringan Anda. Inilah cara Anda dapat melakukannya untuk perangkat Android dan iOS.
Untuk iOSArahkan ke “Pengaturan,” lalu “Umum.” Gulir ke bawah dan ketuk “Transfer atau Setel Ulang iPhone” lalu ketuk tombol “Setel Ulang”. Tekan “Setel Ulang Pengaturan Jaringan”. kata sandi Anda dan ketuk “Setel Ulang Pengaturan Jaringan” lagi. Untuk AndroidBuka “Pengaturan.” Buka bagian “Sistem” atau “Manajemen Umum” tergantung pada perangkat Android Anda. Arahkan ke “Reset.” Tekan “Reset options” atau “Reset pengaturan jaringan.” Tekan “Setel ulang Wi-Fi, seluler, dan Bluetooth.” Tekan “Setel ulang pengaturan” untuk mengonfirmasi.
Masalah 5: Terlalu Jauh Dari Router

Laptop biasanya memiliki penerimaan yang lebih baik daripada perangkat seluler. Jika Anda melihat ponsel Anda memiliki koneksi internet yang lambat saat laptop bekerja dengan baik, periksa untuk memastikan Anda tidak berada terlalu jauh dari router.
Solution:
Temukan cara untuk lebih dekat ke router atau dapatkan router extender untuk yakin sinyal Wi-Fi dapat mencapai ponsel Anda untuk memberikan pengalaman jaringan yang cepat.

Masalah 6: VPN atau Antivirus

Jika Anda menggunakan VPN atau perangkat lunak antivirus di ponsel, ini mungkin menjadi alasan mengapa koneksi internet Anda lebih lambat.
Solution:
Matikan VPN atau alihkan ke jaringan tercepat yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan internet Anda jika Anda benar-benar harus menggunakan perangkat lunak.

Untuk antivirus, coba nonaktifkan perlindungan selama beberapa menit untuk memeriksa apakah ini akan memperbaiki masalah. Jika ya, pertimbangkan untuk mendapatkan program lain yang tidak terlalu memperlambat internet Anda.

Masalah 7: Telepon Kedaluwarsa

Jika tidak ada alasan di atas yang mengatasi masalah, Anda mungkin berurusan dengan telepon lama yang tidak dapat menangani persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak modern untuk koneksi internet tanpa gangguan.
Solution:
Pertimbangkan untuk mengganti ponsel Anda dengan yang lebih baru.

Pro Tip. Sebelum melakukan pembelian baru, Anda dapat menguji apakah ini masalahnya dengan menempatkan kartu SIM Anda di ponsel teman atau anggota keluarga dan menguji akses internet Anda. Jika semuanya berfungsi dengan baik, masalahnya ada di ponsel Anda, dan Anda harus meminta bantuan profesional untuk memeriksanya. Jika mereka mengonfirmasi bahwa tidak ada yang harus dilakukan, maka satu-satunya solusi Anda adalah mendapatkan telepon baru. Sebagian besar waktu, perbaikannya relatif cepat dan sederhana. Namun, terkadang Anda mungkin harus bersabar dan menunggu jaringan kembali, atau bahkan mungkin perlu membeli ponsel baru.

Semoga artikel ini membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah internet lambat di ponsel cerdas Anda sehingga Anda dapat menikmati pengalaman online bebas stres.

Manakah dari solusi di atas yang membantu Anda menghilangkan koneksi internet yang buruk di ponsel Anda? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.