Cara Memperbaiki Kesalahan dns_probe_finished_nxdomain

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
Jika Anda mendapatkan kesalahan dns_probe_finished_nxdomain, browser Anda akan memberi tahu bahwa alamat IP server tidak dapat ditemukan. Jadi apa artinya ini?

DNS (Sistem Nama Domain) memetakan nama domain ke alamat IP server tertentu. Dengan kata lain, dibutuhkan nama domain abjad dan mengubahnya menjadi alamat IP numerik. Kesalahan dns_probe_finished_nxdomain berarti ada masalah dengan proses ini dan domain tampaknya tidak ada (nxdomain).

Terlepas dari bahasa gaul teknologi yang rumit, kesalahan ini biasanya dapat diperbaiki dengan mudah. Mari kita lihat cara mengatasinya pada platform yang berbeda.

Solusi Universal

Sebelum Anda mulai mengubah pengaturan perangkat Anda atau menggunakan metode rumit apa pun, Anda harus mencoba beberapa perbaikan cepat yang dapat bekerja terlepas dari perangkat yang Anda gunakan:

1. Periksa Nama Domain

Ketika Anda melihat pesan kesalahan DNS, browser Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk melihat apakah ada kesalahan ketik pada nama domain. Jika demikian, server DNS tidak dapat menerjemahkan domain menjadi alamat IP.

Periksa ulang untuk melihat apakah Anda telah mengeja nama domain dengan benar. Jika sudah, dan masih tidak berfungsi, Anda dapat memeriksa apakah nama tersebut masih terdaftar. Ada banyak alat online yang memungkinkan Anda melakukan ini sehingga Anda dapat memastikan nama domain belum kedaluwarsa.

2. Periksa Koneksi Anda

Lebih sering daripada tidak, masalah DNS dapat berasal dari masalah koneksi. Meskipun perangkat Anda mungkin menunjukkan bahwa itu terhubung ke Internet, koneksinya mungkin tidak stabil.

Coba matikan Wi-Fi atau data seluler Anda dan nyalakan lagi untuk melihat apakah ada perubahan. Jika Anda melihat bahwa Anda tidak dapat mengakses layanan lain seperti aplikasi media sosial, koneksi Anda mungkin mati untuk sementara.

3. Matikan VPN atau Perangkat Lunak Antivirus

Jika Anda menggunakan VPN untuk menjelajahi web, koneksi pribadi mungkin mengalami masalah saat mengakses beberapa situs web. Dalam hal ini, Anda harus mencoba membuka halaman web tanpa mengaktifkan VPN.

Demikian pula, perangkat lunak antivirus dapat memblokir situs web tertentu untuk melindungi Anda dari malware. Jika Anda memercayai situs web yang Anda coba buka, Anda dapat mematikan sementara antivirus untuk melihat apakah antivirus akan terbuka tanpanya. pengaturan browser atau perangkat Anda. Berikut adalah solusi yang paling efektif:

1. Perbarui Browser Anda

DNS kesalahan dapat terjadi karena Anda menggunakan versi browser yang sudah usang. Dalam hal ini, yang harus Anda lakukan hanyalah memperbaruinya. Katakanlah Anda menggunakan Google Chrome. Dalam hal ini, Anda dapat memperbarui browser seperti ini:
Buka Play Store.Cari Google Chrome.Jika pembaruan tersedia, Anda akan melihat tombol Perbarui berwarna hijau, jadi klik di atasnya.Setelah pembaruan selesai, mulai ulang Chrome dan coba akses situs web yang ingin Anda jangkau.
2. Bersihkan Data Penjelajahan

Metode pokok lainnya untuk menyelesaikan banyak masalah browser adalah dengan menghapus cache dan datanya. Melakukannya akan menyegarkan browser, membebaskan penyimpanan, dan menghapus file cache yang berpotensi rusak yang mungkin menyebabkan masalah.

Berikut cara menghapus data penjelajahan di aplikasi Google Chrome Android:
Buka Google Chrome, dan ketuk ikon tiga titik di bagian atas -pojok kanan. Buka Pengaturan > Privasi > Hapus Data Penjelajahan. Centang kotak di samping data yang ingin Anda hapus. Ini termasuk Cookie dan data situs serta gambar dan file dalam cache.Ketuk Hapus data.Mulai ulang aplikasi Chrome.
3. Ubah Pengaturan DNS

Jika tidak ada metode di atas yang berhasil, Anda dapat berusaha lebih keras dan mengubah pengaturan DNS koneksi Anda. Perhatikan bahwa ini hanya berfungsi untuk jaringan Wi-Fi, karena Anda tidak dapat mengubah pengaturan ini di jaringan seluler.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Buka Pengaturan > Jaringan dan internet.Ketuk jaringan Wi-Fi Anda, dan klik Properti .Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), dan klik Properties.Ketik 8.8.8.8 di bawah DNS 1 dan 8.8.4.4 di bawah DNS 2.Tap OK.Buka browser Anda dan coba akses situs web.
Perhatikan bahwa setiap perubahan DNS khusus untuk koneksi Wi-Fi tempat Anda mengubahnya. Saat berpindah jaringan, Anda mungkin harus mengubah pengaturan ini lagi jika Anda terus mendapatkan kesalahan dns_probe_finished_nxdomain.

dns_probe_finished_nxdomain Mac

Meskipun Mac sangat andal, tidak jarang menemukan kesalahan DNS pada mereka. Jika ini terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Mari kita mulai dengan yang paling sederhana:

1. Restart Mac

Anda Jika ada file sementara yang rusak yang menyebabkan kesalahan DNS, restart cepat akan berhasil. Ini akan menghapus semua file itu dan menyegarkan Mac Anda dan browser yang Anda gunakan. Anda dapat memulai ulang Mac dengan dua langkah cepat:
Klik ikon Apple di pojok kiri atas.Klik Matikan…
Anda juga dapat menggunakan tombol Mulai Ulang…, tetapi biasanya disarankan untuk mematikan perangkat sepenuhnya lalu menyalakannya secara manual . Jadi setelah Mac Anda dimatikan, tunggu beberapa menit, lalu hidupkan.

2. Bersihkan Cache DNS

Secara default, macOS menyimpan semua cache selama satu sesi. Itu tidak akan dihapus sampai ada kebutuhan untuk itu. Itu sebabnya Mac Anda memiliki terminal yang memungkinkan Anda mengesampingkan opsi default ini dan menghapus cache secara manual. Begini caranya:
Buka Utilitas di dalam pustaka aplikasi.Buka Terminal.Tempel sudo dscacheutil -flushcache, dan tekan Enter untuk menjalankan perintah.Tempel sudokillall -HUP mDNSResponder, dan tekan Enter lagi.Buka Google Chrome.Di bilah alamat, tempel chrome ://net-internals/#DNS dan tekan Enter.Got to DNS > Clear host cache.
Dengan cara ini, Anda akan menghapus semua cache DNS dari Mac dan browser Chrome. Perhatikan bahwa Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan apa pun dari Chrome bahwa cache telah dihapus, jadi tunggu sekitar 10 detik, lalu mulai ulang Chrome. Anda seharusnya dapat mengakses situs web yang ingin Anda jangkau.

dns_probe_finished_nxdomain Windows 11

Windows menawarkan berbagai cara untuk mengatasi masalah DNS dan mengembalikan browser Anda ke jalurnya. Beberapa mungkin sedikit terlibat, tetapi kami akan memecahnya menjadi langkah-langkah sederhana yang dapat diikuti siapa pun. Berikut beberapa opsi umum yang dapat Anda jelajahi:

1. Perbarui Alamat IP Anda

Alamat IP Anda seperti ID online. Setiap jaringan menggunakannya untuk mengidentifikasi perangkat Anda dan menghubungkannya ke situs web atau layanan yang ingin Anda jangkau. Jika ada masalah dengan alamat IP Anda, Anda mungkin tidak dapat menjelajahi web dengan benar, dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah memperbaruinya. Begini caranya:
Buka menu Start, dan ketik cmd di bilah pencarian. Klik Run as administrator. Di Command Prompt, ketik ipconfig /release, dan tekan Enter. Ini akan merilis alamat IP Anda saat ini. Ketik ipconfig /renew dan tekan Enter untuk meminta alamat IP baru.
Jika alamat IP Anda berada di belakang kesalahan DNS, Anda sekarang dapat menjelajahi web secara normal.

2. Mulai Ulang Layanan Klien DNS

DNS Client Service adalah penyelesai masalah DNS asli Windows. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola cache DNS dan server jika terjadi masalah seperti yang sedang kita diskusikan di sini. Anda dapat menggunakan fungsi Jalankan untuk memulai ulang layanan; cukup ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan tombol Windows + tombol R bersamaan untuk membuka kotak dialog Run. Ketik services.msc dan klik OK. Di daftar layanan, gulir ke bawah hingga Anda melihat klien DNS. Klik kanan pada klien DNS, dan klik Restart.
3. Ubah Server DNS

Metode ini mirip dengan yang Anda lihat di bagian Android, kecuali cara kerjanya sedikit berbeda di Windows. Berikut cara mengakses dan mengubah pengaturan DNS:
Klik tombol Windows. Ketik Panel Kontrol, lalu klik Buka. Buka Jaringan dan Internet > Pusat Jaringan dan Berbagi > Ubah Pengaturan Adaptor. Klik kanan pada Wi-Fi, dan klik Properti .Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), dan klik Properties.Pilih Use the following DNS server address, dan ketik berikut ini:Preferred DNS Server: 8.8.8.8Alternate DNS Server: 8.8.4.4
Setelah Anda mengonfirmasi perubahan, restart browser Anda untuk melihat apakah masalah DNS masih ada. Tutup Peramban Anda Dari Pengalih Aplikasi

Saat Anda menggesek ke atas dari bagian bawah layar (atau menekan tombol beranda pada model lama), Anda akan kembali ke layar beranda iPhone Anda. Namun, itu tidak akan menutup aplikasi, yang akan tetap bekerja di latar belakang. Untuk menutup browser Anda sepenuhnya, ikuti langkah-langkah ini:
Pada iPhone X atau yang lebih baru, geser sedikit ke atas garis putih di bagian bawah layar. Di iPhone 8 atau yang lebih lama, klik dua kali tombol beranda. Dari daftar aplikasi, geser ke atas browser Anda untuk menutupnya. Buka kembali browser dari layar beranda. Metode ini cocok untuk bug sementara, sehingga harus menyelesaikan masalah DNS jika tidak ada masalah mendasar.

2. Ubah Pengaturan DNS

Seperti yang disebutkan, mengubah pengaturan DNS menyegarkan jaringan Anda dan dapat menyelesaikan masalah dns_probe_finished_nxdomain. Berikut cara melakukannya di iPhone Anda:
Buka Pengaturan > Wi-FiKetuk tombol informasi (i) di sebelah jaringan Wi-Fi AndaBuka DNS.Nonaktifkan Otomatis di bagian atas, dan hapus nilai yang ada di bawah DNS.Ketik 8.8 .8.8, 8.8.4.4 untuk menyetel server DNS primer dan alternatif.
Akses Situs Web Tanpa Kerumitan

Mengganggu seperti kesalahan dns_probe_finished_nxdomain, biasanya bukan masalah besar. Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk mengatasinya dan menjangkau situs web yang ingin Anda jelajahi.

Ingatlah untuk selalu memulai dengan metode paling sederhana seperti memeriksa koneksi dan nama domain Anda. Melakukan hal itu akan menghemat waktu dan upaya Anda untuk mengubah pengaturan perangkat atau browser Anda saat tidak diperlukan. Dan jika ada, ikuti saja langkah-langkah Anda di atas, dan Anda harus menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu singkat.

Apa yang biasanya Anda lakukan saat menghadapi kesalahan DNS? Apakah Anda memiliki metode selain yang disebutkan di sini? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di komentar!