Cara Memperbaiki Kesalahan Err_Ssl_Version_or_Cipher_Mismatch

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setiap browser yang sepadan dengan garamnya akan melakukan jabat tangan TLS dengan situs web sebelum Anda dapat menyambungkannya. Jabat tangan TLS memeriksa sertifikat SSL situs untuk memverifikasi keaslian dan status enkripsinya. Tanpa sertifikat SSL yang valid, komunikasi dengan situs web kemungkinan besar tidak aman. Meskipun tidak semua situs web menggunakan sertifikat SSL, pengguna masih dapat terhubung ke sana.

Apakah ini berarti jabat tangan TLS yang gagal akan tetap memungkinkan Anda mengakses situs web yang tidak aman? Tidak persis. Sebagai gantinya, Anda mungkin mendapatkan kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch yang menakutkan. Ini cukup umum dan dapat terjadi di browser apa pun. Tapi ini bukan akhir dunia, dan Anda masih dapat mengakses konten favorit Anda jika Anda tahu cara menyiasatinya.

Memperbaiki Err_Ssl_Version_or_Cipher_Mismatch di Chrome

Err_ssl_version_or_cipher_mismatch adalah kesalahan umum yang diterima pengguna di browser Chrome saat mencoba mengakses situs web. Kesalahan memberitahukan masalah dengan sertifikat SSL.

Situs web menggunakan sertifikat SSL untuk menunjukkan bahwa mereka aman. Sertifikat yang lebih lama atau kedaluwarsa akan sering memicu kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch. Memang, ini tidak muncul di setiap situs web dengan sertifikat SSL yang kedaluwarsa.

Namun, itu umum di situs yang meminta informasi pribadi kepada pengguna, khususnya informasi perbankan online atau kartu kredit. Untungnya, ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba.

Melewati Err_Ssl_Version_or_Cipher_Mismatch di Chrome

Jika kesalahan disebabkan oleh masalah ketidakcocokan antara versi browser Anda dan sertifikat SSL situs web, lakukan langkah-langkah berikut.
Luncurkan Google Chrome.Ketik “chrome://flags” di kolom bilah alamat.Ketik “TLS” di bidang pencarian.Pilih “dukungan TLS 1.3.”Aktifkan opsi.
Jika Anda menjalankan Chrome versi terbaru tetapi situs web memiliki sertifikat SSL yang lebih lama, Anda masih bisa mendapatkan pesan err_ssl_version_or_cipher_mismatch. Dalam hal ini, Anda dapat menurunkan versi ke versi TLS yang lebih lama di browser Anda.
Mulai Google Chrome.Ketik “chrome://flags” di bilah alamat.Telusuri bagian TLS.Temukan opsi “Terapkan penghentian versi TLS lawas” .Pilih “Nonaktifkan” dari menu tarik-turun.
Pengaturan Opsi Internet

Solusi alternatif adalah dengan mengaktifkan semua versi TLS yang memungkinkan pada sistem operasi Anda. Jika Anda pengguna Windows, langkah-langkah berikut akan membantu.
Ketik “Opsi Internet” di bilah pencarian dan tekan “Enter.” Buka tab “Lanjutan” di jendela “Properti Internet”. Gulir hingga Anda melihat “Gunakan” TLS” kotak centang. Centang setiap kotak dari “TLS 1.0” hingga “TLS 1.3.” Centang kotak “SSL 3.0” dan “SSL 2.0”. Tekan “Terapkan.” Klik “Oke.” Mulai ulang browser Chrome Anda dan coba sambungkan kembali ke website.
Perhatikan bahwa pengaturan ini dapat menghilangkan keamanan penjelajahan web Anda. Jika masalah berlanjut, kembalikan ke pengaturan default dan coba terapkan solusi pintasan yang berbeda.

Disable QUIC

A QUIC atau Quick UDP Internet Connection dirancang untuk meningkatkan koneksi User Datagram Protocol (UDP). Ini adalah alternatif umum untuk TLS/SSL dan TCP.

Meskipun demikian, protokol juga dapat memicu kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch. Berikut adalah cara untuk melewati kesalahan di Chrome jika QUIC adalah pelakunya.
Ketik “chrome://flags” di bilah alamat Chrome Anda. Ketik “QUIC” di bidang pencarian. Temukan baris “Protokol QUIC Eksperimental”. Pilih “Nonaktifkan” dari menu tarik-turun.
Ini adalah cara tercepat dan paling mudah digunakan untuk menghentikan protokol QUIC saat menggunakan browser Chrome.

Kelola Pengaturan Firewall dan Antivirus Anda

OS, browser, dan versi SSL yang tidak kompatibel bukan satu-satunya alasan untuk kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch. Bahkan antivirus atau firewall yang dikonfigurasi dengan buruk dapat memicu pemberitahuan ini di situs web dan mencegah pengguna mengaksesnya.

Menonaktifkan perangkat lunak antivirus harus menawarkan solusi yang andal jika konfigurasi adalah masalahnya. Atau, Anda mungkin ingin menonaktifkan fitur pemindaian SSL otomatis jika ada.

Menghapus Cache Chrome

Menyimpan cache dapat mempercepat pengalaman menjelajah, tetapi bukan tanpa kekurangan. Kerugian yang signifikan adalah mendapatkan pesan err_ssl_version_or_cipher_mismatch.

Hal ini terjadi ketika situs web memperbarui sistem mereka, tetapi browser Anda masih menyimpan cache lama.

Cache lama dan informasi situs web baru, seperti versi sertifikat SSL yang lebih baru, dapat memicu peringatan keamanan dan mencegah Anda dari mengakses situs.

Berikut cara menghapus cache Chrome.
Klik atau ketuk ikon titik vertikal.Pilih “Pengaturan.”Buka “Privasi dan keamanan.”Klik opsi “Hapus data penjelajahan”. Centang semua kotak di jendela sembulan. Pilih rentang waktu yang berbeda jika “Semua waktu” terlalu banyak. Nyalakan ulang browser dan coba akses situs web lagi.
Atau, Anda juga dapat menghapus status SSL di Windows.
Buka “Opsi Internet.”Buka “Properti Internet” kotak dialog.Buka tab “Konten”.Klik tombol “Hapus Status SSL”. Tekan “Ok.”
Instal Ulang Browser Anda

Menginstal ulang Chrome akan memastikan bahwa versi yang baru diinstal akan memiliki pembaruan terbaru. Ini adalah trik sederhana untuk digunakan ketika Anda tidak dapat memperbarui Chrome secara otomatis, dan pembaruan manual tidak lengkap.

Dengan menginstal ulang browser, Anda akan menghapus cache dan semua informasi yang disimpan sebelumnya, kembali ke pengaturan default, dan memiliki patch terbaru.
Press “Menang + I” untuk membuka “Pengaturan Windows.” Buka “Aplikasi & Fitur.” Temukan Chrome dan klik tombol “Lainnya”. Klik “Copot pemasangan” dan konfirmasi. Unduh Chrome lagi.
Jika kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch berlanjut, masalahnya bisa menjadi server-side atau OS-side.

Err_Ssl_Version_or_Cipher_Mismatch Edge

Err_ssl_version_or_cipher_mismatch adalah kesalahan browser jenis SSL yang mungkin dialami pengguna saat mencoba menyambung ke situs web. Jika Anda mendapatkan kesalahan ini di browser Microsoft Edge, mungkin karena penyebab berikut.
Situs web memiliki sertifikat SSL yang tidak valid. Anda menggunakan versi TLS yang lebih lama. Browser atau sistem operasi Anda kedaluwarsa. Cache browser adalah mengakses informasi yang tidak valid.
Bahkan jika situs web masih berfungsi, kesalahan jenis SSL sering menunjukkan masalah keamanan dan enkripsi. Oleh karena itu, browser Edge Anda kemungkinan mencoba melindungi Anda dari mengakses situs web yang tidak aman.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch.

Err_Ssl_Version_or_Cipher_Mismatch Edge Bypass

_solusi_solusi Edge untuk browser dan tidak memerlukan keahlian teknis.

Hapus Cache Edge

Menghapus cookie dan data cache lama dapat membantu Anda melewati kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch jika Anda mencoba mengakses situs web yang di-cache dengan informasi SSL yang diperbarui.
Luncurkan Microsoft Edge.Buka “Menu” dengan mengeklik ikon tiga titik. Buka “Pengaturan.” Arahkan ke “Privasi & layanan.” Pilih “Cookie dan data situs lainnya” dari bawah tab “Hapus data penjelajahan”. Mulai ulang browser dan coba sambungkan kembali.
Menghapus status SSL di Windows mungkin juga membantu.
Buka “Opsi Internet.” Pilih “Konten” di “Properti Internet ” jendela.Klik tombol “Hapus Status SSL”. Tekan “Ok.”
Melakukan tindakan ini seperti memberikan perpustakaan SSL dan browser Anda sebuah papan tulis kosong.

Ubah Pengaturan Opsi Internet

Cara cepat untuk menangani kesalahan err_ssl_version_or_cipher_mismatch saat menggunakan browser Edge adalah untuk mengaktifkan semua protokol TLS di Windows.
Ketik “Opsi Internet” di bilah pencarian. Buka jendela “Properti Internet”. Buka tab “Lanjutan”. Cari kotak centang “Gunakan TLS”. Centang setiap kotak dari “TLS 1.0” hingga “TLS 1.3.” Centang kotak “SSL 3.0” dan “SSL 2.0”. Klik “Terapkan.” Ketuk “Ok.” Mulai ulang Edge dan coba sambungkan kembali.
Atau, Anda mungkin ingin mengatur ulang komputer Anda juga.

Lepaskan “S” di HTTPS

Beberapa situs web dengan sertifikat SSL masih dapat diakses melalui HTTP.

Misalnya, https://emka.web.id alih-alih https://emka.web.id. Ketik alamat situs web yang ingin Anda akses dan letakkan “S” di HTTPS. Jika masalah berlanjut, kemungkinan masalahnya bukan di pihak Anda melainkan masalah sisi server.

Sinkronkan Tanggal dan Waktu Komputer

Terkadang, pemberitahuan err_ssl_version_cipher_or_mismatch muncul saat beberapa pengaturan sistem dimatikan. Penting untuk memeriksa apakah waktu dan tanggal komputer disinkronkan dengan zona waktu lokal Anda.

Kadang-kadang, pengguna dapat mengubahnya untuk menginstal perangkat lunak bajakan, memperpanjang lisensi uji coba secara paksa, dll. Periksa kembali apakah semuanya sudah sinkron. Solusinya akan berlaku untuk semua browser internet jika ini masalahnya.

Delete SSL Certificate Cache

Menghapus cache sertifikat SSL lokal mungkin diperlukan bahkan setelah membersihkan cache browser. Berikut cara melakukannya.
Menampilkan kotak dialog Windows Run (Tombol Logo + R). Ketik “C:WindowsSystem32inetcpl.cpl”. Tekan “Enter.”
Ini akan menghapus cache lokal sehingga Anda lebih bersih sistem daripada pembersihan cache browser dapat dicapai.

Pemecahan Masalah Menjadi Mudah

Pesan err_ssl_version_cipher_or_mismatch tidak menyenangkan, terutama ketika Anda sedang terburu-buru untuk terhubung ke situs web. Namun, semua masalah sisi klien dapat diselesaikan dengan cukup mudah tanpa keahlian teknis dan perangkat lunak pihak ketiga.

Jika masalahnya terletak pada server host, tidak ada yang dapat Anda lakukan kecuali memberi tahu pemilik situs web atau administrator untuk memperbaiki masalah di pihak mereka. Menelusuri semua kemungkinan solusi sisi klien untuk browser Chrome dan Edge tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit.

Apakah kiat-kiat ini membantu Anda? Sudahkah Anda menemukan cara lain untuk melewati kesalahan err_ssl_version_cipher_or_mismatch saat menjelajah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.