Cara Memperbaiki Koneksi Zoom Yang Macet Saat Menghubungkan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkats
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Di antara jaringan utama yang digunakan untuk rapat online, termasuk yang dikembangkan oleh Microsoft dan Google, Zoom berhasil tetap menjadi yang paling populer. Namun, ini tidak berarti bahwa aplikasi akan bekerja dengan sempurna setiap saat. Seperti halnya aplikasi lain, kadang-kadang mengalami kesalahan dan yang paling umum adalah ketika macet saat Anda mencoba untuk bergabung dalam rapat.

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada kesalahan tak terduga yang mencegah kami menyambung ke rapat terjadwal. Kami telah menyusun pemecahan masalah yang akan membantu Anda mengatasi kesalahan ini dengan mudah, apa pun OS yang Anda gunakan. masalah server yang perlu Anda atasi untuk menyelesaikannya. Memeriksa koneksi internet Anda dan menyegarkan aplikasi akan menjadi tempat yang tepat untuk memulai.

Power memutar router biasanya merupakan hal pertama yang dapat Anda coba. Matikan router, tunggu sekitar 30 detik, lalu hidupkan. Perputaran daya mempertahankan sebagian besar pengaturan jaringan dan dapat mengatasi gangguan jaringan sesaat. Kebutuhan yang sering untuk siklus daya bisa menjadi tanda jaringan yang salah konfigurasi.

Jika jaringan Anda berfungsi dengan baik, periksa apakah Zoom tidak mengalami masalah server apa pun melalui Status Zoom. Jika layanan mereka tidak tersedia, kemungkinan peserta rapat akan mengalami masalah yang sama.

Jika kesalahan berlanjut dan server aktif dan berjalan, berikut adalah beberapa alternatif lebih lanjut yang dapat menyelesaikan masalah.

Anda dapat menonaktifkan firewall PC, yang mungkin mencegah Zoom terhubung melalui port tertentu. Begini caranya:
Buka “System Preferences”.Pilih opsi “Keamanan dan Privasi”.Klik pada tab “Firewall”.Pilih opsi “Matikan Firewall”.
Jika server DNS Anda mengalami kesalahan, perangkat Anda mungkin mencoba terhubung ke alamat IP yang berbeda. Anda dapat mengatur ulang pengaturan DNS Anda dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:
Buka “System Preferences”.Klik “Jaringan”.Ketuk koneksi Anda dan pilih opsi “lanjutan”.Klik pada DNS, dan Anda akan menemukan “+” sign.Masukkan pengaturan DNS baru. Beberapa DNS publik yang mungkin Anda gunakan adalah “8.8.8.8” dan “8.8.4.4” untuk IPv4 atau “2001:4860:4860::8888” dan “2001:4860:4860::8844” untuk IPv6.Simpan hasilnya.
If tidak satu pun dari solusi ini yang berfungsi, instal ulang aplikasi dan masuk dengan kredensial Anda untuk mengatur ulang pengaturan Anda.

Zoom Terjebak saat Menghubungkan – Windows

Jika Anda adalah pengguna Windows dan terjebak saat mencoba menyambung ke rapat Zoom, ada beberapa kemungkinan solusi yang dapat Anda lakukan try.

Sebagian besar waktu, kesalahan ini terjadi karena koneksi internet Anda mengalami masalah sesaat. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk memeriksa status koneksi Anda:
Buka “Pengaturan”. Ketuk “Jaringan dan Internet”. Anda akan dapat melihat status koneksi Anda. Untuk verifikasi tambahan, ada situs web aman seperti Speedtest.net yang dapat Anda gunakan.
Kemungkinan umum lainnya untuk kesalahan ini di Zoom adalah jaringan mengalami masalah server. Jika demikian, Anda dapat memeriksa apakah platform telah melaporkan masalah apa pun. Berikut cara melakukannya:
Buka Status Zoom. Periksa apakah jaringan tidak mengalami masalah apa pun.
Untuk menjaga keamanan perangkat Anda, Firewall terkadang akan mencegah perangkat lunak dan platform online tertentu mengakses jaringan pribadi Anda. Untuk mengizinkan akses Zoom secara manual, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Pada bilah tugas di komputer Anda, cari “Windows Defender”. Pilih “Izinkan aplikasi untuk berkomunikasi melalui Windows Defender”. Temukan aplikasi Zoom di daftar. Periksa “Pribadi” dan ” Publik” pada entri. Jika Zoom tidak ada dalam daftar, pilih “Izinkan aplikasi lain”. Telusuri Zoom melalui dialog. Pilih “Tambah”, lalu centang kotak “Pribadi” dan “Publik” di dialog dan simpan .
Dalam beberapa kasus, cache Zoom sudah usang. Windows menyimpan file sementara untuk meningkatkan kecepatan tugas yang sering dilakukan, tetapi seiring waktu, file tersebut dapat rusak dan mengganggu aplikasi. Berikut cara menghapus cache sementara:
Klik Tombol Windows dan cari “Pembersihan Disk”.Buka aplikasi dengan mengeklik tombol “Enter”.Ketuk ikon dropdown dan dari daftar yang ditampilkan pilih “C: drive”.Periksa kotak di samping “File sementara”. Ketuk “Bersihkan file sistem”. Klik “Ok”. Nyalakan ulang komputer Anda dan mulai lagi aplikasi Zoom.
Zoom Terjebak saat Menghubungkan – Chromebook

Jika Zoom Anda macet saat mencoba menyambungkan ke Chromebook , ingat bahwa VoIP memerlukan koneksi yang stabil. Oleh karena itu, langkah pertama adalah selalu memeriksa koneksi internet Anda. Jika tidak berhasil, di sini Anda akan menemukan beberapa pemecahan masalah yang dapat Anda coba. Nbsp
Menyetel ulang pengaturan di Chromebook Anda dapat menghapus dan memperbaiki beberapa konfigurasi yang mengganggu aplikasi Zoom. Berikut cara melakukannya:
Buka Chrome dan klik “Lainnya” di sudut kanan atas. Ketuk “Pengaturan”. Klik garis tiga horizontal di sudut kiri atas layar. Pilih “Atur Ulang Pengaturan” .
Menghapus aplikasi dengan penggunaan CPU atau memori yang tinggi dapat membebaskan ruang yang cukup untuk Zoom agar berjalan lebih cepat. Copot pemasangan aplikasi yang tidak perlu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Pilih “Alat lainnya” dari menu Chrome.Klik “Pengelola tugas”. Chromebook Anda, Anda dapat mencoba menghapus profil Anda. Anda harus membuat pengguna baru untuk masuk, jadi ini biasanya pilihan terakhir. Lakukan hal berikut:
Keluar dari Chromebook.Pada layar masuk, pilih profil yang akan Anda hapus.Klik panah yang mengarah ke bawah, Anda akan melihat di samping nama.Pilih opsi “Hapus pengguna ini” .
Zoom Terjebak saat Menghubungkan – Android

Aplikasi Zoom mungkin juga macet saat terhubung saat Anda menggunakannya di Android. Berikut adalah beberapa kemungkinan solusi untuk kesalahan ini jika terjadi pada ponsel Anda dengan OS Android:
Mulai ulang ponsel Anda. Periksa dan setel ulang koneksi internet. Cari pembaruan atau instal ulang aplikasi jika perlu.
Jika tidak ada langkah sebelumnya yang berhasil, Anda dapat mencoba membersihkan data cache. Berikut adalah panduan tentang cara melakukannya dalam beberapa langkah sederhana:
Buka “Pengaturan”. Bergantung pada perangkat yang Anda miliki, Anda akan menemukan opsi yang disebut “Perawatan Perangkat”. Ketuk “Memori”. Anda akan menemukan opsi “Bersihkan sekarang”. Mungkin diperlukan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah penyimpanan yang harus Anda bersihkan.
Zoom Terjebak saat Menghubungkan – iPhone

Jika aplikasi Zoom macet saat terhubung di iPhone Anda, Anda dapat mulai dengan menutup dan membuka kembali aplikasi, serta memulai ulang ponsel Anda. Jika masalah tidak teratasi setelah itu, di sini Anda akan menemukan beberapa pemecahan masalah yang dapat Anda coba.

Periksa koneksi internet Anda dengan mengatur ulang dengan cepat melalui mode Pesawat:
Buka “Pengaturan”. Nyalakan dan matikan “Mode Pesawat”. adalah cara termudah untuk memperbaiki masalah yang mungkin dialami koneksi internet Anda.

Anda juga mungkin perlu memulai ulang jaringan dengan melupakannya dan bergabung kembali. Berikut cara melakukannya:
Buka “Pengaturan”. Ketuk “Wi-Fi”. Klik “i” yang akan Anda temukan di sebelah koneksi. Pilih “Lupakan Jaringan ini”. Untuk bergabung kembali, Anda harus untuk memilihnya dari daftar jaringan dan memasukkan kata sandi.
Anda juga harus memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi:
Buka App Store.Buka profil Anda dengan mengeklik di pojok kanan atas.Temukan aplikasi Zoom dan perbarui it.
Jika setiap langkah di atas gagal, Anda juga dapat memeriksa Status Zoom untuk memverifikasi bahwa tidak ada masalah jaringan yang dilaporkan oleh aplikasi, atau hubungi dukungan Zoom.

Sebagai upaya terakhir, hapus aplikasi Zoom dan instal ulang dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah:
Tekan ikon aplikasi Zoom hingga opsi muncul dan klik “Hapus Aplikasi”. Pesan pop-up akan muncul. Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus aplikasi.Buka App Store untuk mengunduhnya lagi.Masuk dan periksa apakah masalahnya telah diperbaiki.
Memperbesar

Kami harap panduan ini berguna untuk membuat aplikasi Zoom Anda bekerja dengan sempurna lagi.

Apakah Anda menyelesaikan masalah Anda lagi cara? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.