Cara Memperbaiki Ponsel Android yang Terus Reboot

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Masalah umum yang dialami pengguna Android dengan perangkat mereka adalah loop reboot atau restart tiba-tiba. Untuk beberapa, telepon akan restart sendiri dan kemudian tampak berfungsi normal sampai tiba-tiba restart lagi. Restart ini bisa memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Untuk pengguna lain, ponsel mungkin memulai loop reboot. Ini adalah saat perangkat restart berulang kali tanpa pernah berhenti. Ponsel tidak pernah mengizinkan Anda untuk membuka kuncinya sebelum memulai ulang lagi.

Baca artikel di bawah ini untuk mempelajari cara memperbaiki ponsel Android yang terus reboot.

Cara Memperbaiki Ponsel Android yang Terus Memulai Ulang

Ponsel Android dapat memulai ulang karena sejumlah alasan . Mulai dari perangkat lunak, aplikasi yang salah, pengaturan, hingga masalah perangkat keras.

Perbarui OS

Jika sistem operasi ponsel Anda kedaluwarsa, ponsel Anda mungkin bermasalah. Ini bisa memulai restart. Untuk mengatasi masalah ini, perbarui sistem operasi ponsel Anda ke versi terbaru.
Buka “Pengaturan.” Gulir ke bawah ke “Lanjutan” dan ketuk. Pilih “Pembaruan sistem.” Ketuk “Periksa Pembaruan.” Ponsel Anda akan memberi tahu Anda jika ada pembaruan yang tersedia. Ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh OS terbaru.
Ponsel Anda akan otomatis reboot selama pembaruan. Setelah selesai, itu akan mulai berfungsi kembali secara normal.

Hapus Penyimpanan

Jika Anda telah menggunakan semua penyimpanan di ponsel, sistem operasi mungkin kesulitan untuk berfungsi. Jika penyimpanan tidak cukup untuk menambah dan menghapus file operasi, telepon dapat mencoba memulai ulang sendiri untuk memperbaiki masalah. Untuk mengosongkan penyimpanan di ponsel Anda, lakukan hal berikut.
Buka “Pengaturan.” Ketuk “Penyimpanan.” Klik tombol “Bersihkan ruang” dan ikuti petunjuk untuk menghapus file yang tidak diperlukan.
Setelah Anda menghapus beberapa file, telepon harus berhenti restart sendiri.

Paksa Berhenti App

Terkadang aplikasi yang menyebabkan masalah dan membuat telepon restart sendiri. Bahkan jika Anda telah menutup aplikasi, itu dapat terus bekerja di latar belakang. Ini biasanya merupakan kesalahan yang dapat diatasi dengan menghentikan aplikasi secara paksa.
Buka “Pengaturan.”Klik “Aplikasi.”Ketuk aplikasi yang tidak dapat ditutup.Pilih “Paksa berhenti.”
Setelah aplikasi dihentikan secara paksa , telepon harus berhenti memulai ulang. Anda dapat membuka aplikasi lagi dan menggunakannya seperti biasanya.

Paksa Mulai Ulang

Jika ponsel Anda macet dalam putaran reboot, Anda mungkin bahkan tidak memiliki kesempatan untuk mengakses sistem operasi. Dalam hal ini, restart paksa dapat berfungsi untuk mematikan telepon dan memutus loop.
Tekan dan tahan tombol daya dan volume turun secara bersamaan.Tahan tombol ini selama minimal dua puluh detik.Lepaskan saat Anda melihat layar matikan.
Setelah telepon melewati proses restart, itu harus memutuskan loop.

Remove Case

Kasus telepon sangat fenomenal untuk melindungi ponsel kita dari jatuh dan kerusakan lainnya. Mereka juga dapat mengganggu bagian-bagian telepon. Biasanya, casing akan memiliki soket untuk berbagai komponen ponsel, seperti port pengisian daya, kamera, tombol volume, dan speaker.

Beberapa merek mungkin tidak, dan memblokir berbagai komponen ponsel yang tidak digunakan pengguna setiap hari. Ini dapat menyebabkan masalah dengan panas berlebih dan dapat menyebabkan ponsel restart. Kasing harus dipotong dengan tepat agar tidak mengganggu tombol. Jika milik Anda cacat, mungkin menekan tombol daya cukup untuk menyebabkan restart.

Lepaskan casing dan lihat apakah masalah memulai ulang teratasi.

Hapus Baterai Eksternal

Jika Anda menggunakan baterai eksternal dengan telepon Anda, Anda mungkin mengalami masalah restart. Baterai eksternal hanya mengirimkan jumlah daya yang diperlukan untuk mengisi daya telepon. Seiring bertambahnya usia baterai, fitur ini mungkin mulai gagal dan mendorong terlalu banyak daya ke telepon.

Ponsel Anda mungkin mulai memaksa diri untuk memulai ulang untuk melindungi baterai internalnya. Lepaskan baterai eksternal, dan masalah restart akan menyelesaikan sendiri.

Colokkan Ke Stopkontak

Anda mungkin juga mengalami masalah restart jika daya baterai rendah. Ini adalah masalah umum karena baterai di ponsel Anda menua. Baterai memaksa restart sebagai bagian dari kesalahan. Coba colokkan ponsel ke stopkontak.

Jika ini menyelesaikan masalah, cobalah untuk menjaga daya baterai ponsel Anda tidak terlalu rendah, dan masalah restart akan hilang.

Matikan Restart Otomatis

Beberapa merek ponsel, seperti Samsung, memiliki auto -restart fitur sebagai bagian dari pengaturan perangkat mereka. Meskipun fitur ini ada untuk membantu memperpanjang umur perangkat Anda, jika pernah mengalami gangguan, ini dapat menyebabkan ponsel restart ketika seharusnya tidak.
Buka “Pengaturan.” Ketuk “Perawatan Perangkat.” Klik tiga titik di pojok kanan atas.Pilih “Otomatis”. Matikan sakelar ke “Mulai ulang otomatis.”
Masalah mulai ulang akan teratasi dengan sendirinya setelah pengaturan ini dimatikan. Coba mulai ulang ponsel Anda lalu nyalakan kembali fitur tersebut. Terkadang ini cukup untuk membuat fitur mulai berfungsi normal kembali. Pengguna lain mungkin harus membiarkan fitur dimatikan secara permanen.

Reboot dalam Safe Mode

Jika Anda menduga ponsel mungkin memulai ulang karena aplikasi, coba boot ulang ke mode aman untuk mengonfirmasi. Mode aman adalah uji coba ke reset pabrik. Dalam mode ini, telepon beroperasi tanpa aplikasi yang diunduh dan tidak ada perubahan pengaturan. Untuk mem-boot ulang dalam mode aman:
Matikan perangkat.Hidupkan kembali ponsel.Saat Anda melihat logo, tekan dan tahan tombol volume bawah.
Jika ponsel beroperasi secara normal dalam mode aman, masalahnya mungkin karena aplikasi yang tidak berfungsi.

Hapus Aplikasi

Jika Anda baru saja mengunduh aplikasi, coba hapus untuk melihat apakah masalah teratasi. Anda lebih mungkin mengalami masalah jika mengunduh aplikasi dari luar Google Play Store, yang disebut sideloading.

Bahkan aplikasi yang diunduh dari Google Play Store dapat mengalami gangguan dan masalah. Mulailah dengan aplikasi yang paling baru Anda unduh. Jika restart berhenti, kemungkinan aplikasi. Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi terverifikasi Google Play Store, masalahnya mungkin kesalahan pada perangkat lunak dan bukan virus berbahaya. Coba unduh ulang aplikasi untuk hasil yang lebih baik.

Jika aplikasi di-sideload atau tidak diverifikasi Google Play Store, Anda disarankan untuk menghapusnya dan tidak mencoba mengunduh ulang.

Setel ulang ke Setelan Pabrik

Reset pabrik harus menjadi pilihan terakhir Anda . Ini menghapus semua aplikasi, media, dan file lain yang telah Anda tambahkan ke telepon. Ini juga mengatur ulang semua pengaturan Anda. Ini akan menghapus semua virus tersembunyi atau file yang salah.
Buka “Pengaturan.” Di bilah pencarian, ketik “Reset data pabrik.” Pilih “Reset data pabrik.” Ketuk “Reset” untuk Menghapus semua data.
Setelah Anda menyetel ulang telepon, ia akan menanyakan apakah Anda ingin memulihkan telepon dari cadangan atau memulai dari awal. Jika Anda memulihkan dari cadangan dan virus berada dalam file cache, ponsel Anda akan mulai bekerja secara normal. Jika masalah mulai ulang disebabkan oleh aplikasi atau file media yang rusak, ponsel mungkin mengalami masalah mulai ulang.

Jika masalah berlanjut, setel ulang pabrik dan atur ponsel tanpa menggunakan cadangan Anda.

Perangkat Keras Rusak atau Rusak

Jika tidak ada solusi yang berhasil, mulai ulang mungkin dari penuaan, rusak, atau perangkat keras yang rusak. Pelakunya kemungkinan besar adalah baterai. Baterai yang lebih lama dapat mengalami masalah restart. Jika ponsel baru saja terjatuh, mengalami kerusakan air, atau kepanasan, ponsel dapat memulai ulang untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Anda mungkin juga memiliki ponsel dengan baterai yang jarang rusak. Apa pun itu, Anda harus menghubungi produsen ponsel, penyedia layanan, atau bengkel pihak ketiga. Baterai perlu diganti untuk mengatasi masalah tersebut.

Memulai Ulang Sepanjang Hari, Setiap Hari

Me-restart ponsel Android dapat disebabkan oleh berbagai masalah. Untungnya, ada banyak solusi potensial untuk Anda coba.

Apakah Anda dapat memperbaiki ponsel Android yang terus melakukan booting ulang? Solusi mana yang berhasil untuk Anda? Beri tahu kami semuanya di bagian komentar di bawah.