Cara Memperbaiki Saat Terhubung ke Wi-Fi Tapi Tidak Ada Koneksi Internet di

Meskipun sistem operasi Windows 11 telah dirancang untuk menawarkan pengalaman pengguna yang sempurna, Anda masih dapat mengalami masalah dengan koneksi Wi-Fi Anda. PC atau laptop dapat mengidentifikasi dan terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, tetapi tidak dapat memuat situs web dan menggunakan aplikasi berbasis web. Kabar baiknya adalah Anda dapat memulihkan akses Anda dengan mengubah beberapa pengaturan pada PC atau laptop Anda.

Terus membaca untuk mempelajari cara memastikan bahwa komputer Windows 11 Anda selalu dapat mengakses internet.

Wi-Fi Terhubung Tanpa Internet di Windows 11

Masalahnya biasanya disebabkan oleh perangkat keras internet Anda, dalam hal ini Anda hanya perlu me-restart router atau modem Anda. Atau, pengaturan nirkabel pada PC tidak akan memberikannya akses web. Memodifikasi pengaturan akan menghapus semua hambatan dan memungkinkan Anda menjelajahi web tanpa kesulitan.

Reboot PC dan Restart Router atau Modem

Ketika sistem mengalami masalah dalam membuat koneksi yang stabil, yang terbaik adalah me-reboot PC. Tindakan ini menghilangkan gangguan sementara, sehingga mungkin memulihkan koneksi. Namun terkadang, masalahnya terletak pada router atau modem. Jika me-reboot PC tidak menyelesaikan masalah, memulai ulang router atau modem akan memungkinkan PC untuk terhubung ke jaringan dengan sukses. Untuk melakukan ini, temukan tombol “Restart” di bagian belakang router atau modem dan tekan. Lampu pada perangkat akan berkedip, menandakan Anda telah memulai ulang.

Sesuaikan Pengaturan Jaringan

Jika PC menggunakan alamat IP yang salah, Anda tidak dapat mengakses internet. Untuk mengubah alamat IP Anda:
Arahkan ke menu Start dan klik kanan. Ketuk “Pengaturan” dan pilih “Jaringan dan Internet.” Klik opsi “Wi-Fi” dan pilih nama jaringan Wi-Fi Anda. Ganti “Pengaturan Jaringan” ke “Pribadi” dan pergi ke “Pengaturan IP.” Tekan “Pribadi” dan pilih “Manual.” Nyalakan “IPv4” dan buka jendela Command Prompt. Tempelkan “ipconfig / all” ke dalam jendela dan pergi ke “DHCP Server.” Jendela Command Prompt akan menampilkan alamat IP Anda. Salin nomor ini. Kembali ke Pengaturan Wi-Fi PC, gulir ke bawah, dan ketuk “Pengaturan IP.” Tekan “Edit” dan tempel alamat IP di bidang yang sesuai. Hapus nomor terakhir dari alamat IP dan masukkan nomor apa pun antara 5-30. Temukan “Subnet mask” dan rekatkan yang berikut: “255.255.255.0”. Klik pada “Gateway Field” dan tempel alamat IP yang disalin dari jendela Command Prompt. Tempelkan “8.8.8.8.” di kotak “Preferred DNS”. ​​Tempelkan “8.8.8.4.” di kotak “Alternate DNS”. Pilih “Simpan.”
Alamat IP yang dimodifikasi harus memungkinkan PC mengenali koneksi internet.

Jalankan Pemecah Masalah

Windows menawarkan beberapa fitur bawaan yang mendeteksi dan memperbaiki masalah dalam sistem. Salah satu alat ini adalah Pemecah Masalah Jaringan, sebuah program yang dirancang untuk menjaga koneksi internet yang aman. Untuk menggunakan program:
Arahkan kursor ke menu Start dan klik kanan. Tekan “Pengaturan” dan temukan “Sistem” di Panel Navigasi Kiri. Ketuk “Sistem” dan klik opsi “Pemecahan Masalah”. Pilih “Pemecah Masalah Lainnya. ”Temukan “Network Adapter” dan pilih “Run.” Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses. Tekan “Close.” Nyalakan kembali PC untuk menerapkan perubahan. tanpa kesulitan.

Instal Ulang Adaptor

Jika PC terhubung ke internet tetapi tidak dapat mengakses web, Anda dapat menginstal ulang adaptor jaringan. Untuk melakukannya:
Buka menu Start dan klik kanan.Pilih Device Manager.Klik pada bagian “Network Adapters” untuk memperbesarnya.Arahkan kursor ke nama adaptor jaringan Anda dan klik kanan.Tekan tombol “Uninstall device” button.Tekan “Uninstall” untuk mengkonfirmasi keputusan Anda. PC akan menghapus driver. Ketika proses selesai, reboot PC. Windows akan secara otomatis menginstal ulang adaptor.
Reset Adapter

Anda juga dapat memecahkan masalah akses internet dengan mengutak-atik jaringan Anda pengaturan adaptor. Berikut cara menyetel ulang adaptor Anda:
Buka menu Start. Ketik “cmd” di kolom pencarian. Ketika “CMD” muncul di hasil pencarian, klik kanan padanya untuk meluncurkan Command Prompt. Pilih “Run as administrator.” jendela Command Prompt, rekatkan perintah ini: “netsh winsock resetipconfig /releasenetsh int ip resetipconfig /flushdnsipconfig /renew”. Tekan “Enter.” Sistem sekarang akan mengatur ulang adaptor jaringan. Mulai ulang komputer.
Matikan Alat Lain

Beberapa alat jaringan dapat mencegah sistem operasi dari bekerja dengan benar dan mengakses internet. Mematikan alat-alat ini akan mencegahnya mengganggu koneksi internet. Alat paling umum yang menyebabkan masalah akses internet adalah Mode Pesawat, Firewall perangkat, dan “koneksi terukur”.

Berikut cara mematikan Mode Pesawat di Windows 11:
Tekan tombol “Mulai”. Ketuk “Pengaturan”. Opsi Jaringan dan Internet. Pastikan “Mode Pesawat” dimatikan. Jika tidak, batalkan pilihannya.
Once dinonaktifkan, opsi “Mode Pesawat” akan berwarna abu-abu.

Menonaktifkan Windows Firewall juga membatasi gangguan akses web. Untuk melakukannya di Windows 11:
Pilih ikon “Windows” dari bilah tugas. Buka “Pengaturan.” Ketuk “Privasi dan Keamanan.” Pilih “Keamanan Windows.” Tekan “Firewall & perlindungan jaringan.” Klik “Jaringan Publik.” Ketuk penggeser “Microsoft Defender Firewall” untuk menonaktifkannya.
Coba jelajahi web untuk memeriksa apakah Windows Firewall memblokir akses internet Anda.

Perhatikan bahwa ini adalah cara untuk menonaktifkan Firewall untuk sementara. Jika Anda menentukan alat ini telah memblokir koneksi internet Anda, Anda memiliki opsi untuk mematikannya secara permanen. Berikut cara melakukannya:
Ketuk ikon “Windows”. Klik “Pengaturan.” Ketuk “Privasi dan Keamanan.” Pilih “Keamanan Windows” dan pilih “Buka Keamanan Windows.” Tekan “Firewall & perlindungan jaringan.” Ketuk “Publik jaringan.” Arahkan ke tab “Microsoft Defender Firewall” dan tekan sakelar untuk menonaktifkannya secara permanen.
“Koneksi terukur” di Windows 11 membatasi penggunaan data, yang berguna saat bepergian. Namun, saat Anda menandai koneksi sebagai “berukur”, sistem operasi Anda menjeda operasi latar belakang tertentu, terkadang mencegah Anda mengakses web. Untuk menonaktifkan “koneksi terukur”:
Ketuk ikon “Windows” dan pilih “Pengaturan.” Pilih “Jaringan dan Internet.” Tekan “Wi-Fi” dan klik “Kelola jaringan yang dikenal.” Ketuk nama jaringan Anda dan tekan “Properti.” Pastikan bahwa penggeser “Tetapkan sebagai koneksi terukur” dimatikan. Jika tidak, ketuk untuk menonaktifkannya.
Ketika Anda mengatur ulang pengaturan jaringan ini, PC tidak akan mengalami masalah saat memuat halaman web.

Ubah Pengaturan Router

Pengaturan router mungkin juga menghalangi akses internet Anda. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan “MAC Filtering” dan melanjutkan menjelajahi web. Untuk melakukannya:
Buka “Pengaturan Router.” Pilih “Firewall.” Ketuk “Pengaturan Lanjutan.” Arahkan ke tab “Pemfilteran MAC” dan lihat apakah itu dimatikan. Jika tidak, ketuk untuk menonaktifkannya.
Jaringan Anda sekarang akan menangani lebih sedikit lalu lintas dan dengan cepat menanggapi permintaan Anda untuk mengunjungi situs web mana pun.

Memperbarui Sistem Operasi

Kesalahan dalam sistem operasi juga dapat mengganggu koneksi Anda. Pembaruan biasanya berisi perbaikan untuk masalah sistem umum dan memuluskan masalah jaringan nirkabel.

Untuk menginstal peningkatan Windows 11:
Ketuk “Mulai.” Pilih “Pengaturan.” Pilih “Pembaruan Windows.” Klik “Periksa pembaruan.”
Jika tersedia pembaruan, Anda dapat memilih untuk menginstalnya segera atau di lain waktu.

Hubungi Profesional

Jika Anda masih mengalami kesulitan dengan koneksi nirkabel, hubungi penyedia internet Anda. Terkadang perubahan dalam sistem mereka berdampak negatif pada banyak pelanggan, mengganggu kekuatan koneksi mereka. Setelah Anda memberi tahu mereka tentang masalah tersebut, mereka tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengaktifkan dan menjalankan internet Anda kembali.

Tetap Terhubung Tanpa Gangguan

Akses internet tanpa gangguan telah menjadi sangat diperlukan, memungkinkan kami untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega serta meningkatkan kualitas kami kehidupan. Meskipun Windows 11 adalah sistem operasi yang kuat, mungkin masih mengalami kesulitan mengakses web, bahkan jika perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Namun, Anda dapat dengan cepat memperbaiki masalah dengan me-restart router atau modem atau menyesuaikan beberapa pengaturan nirkabel PC.

Apakah Anda memiliki masalah akses internet di Windows 11? Manakah dari metode di atas yang Anda gunakan untuk memperbaiki koneksi? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.