Cara Memperbaiki “Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau” ERR_ADDRESS_UNREACHABLE di Chrome

Kita semua pernah mengalami kesalahan sesekali dari Google Chrome, termasuk “Situs ini tidak dapat dijangkau”, tetapi apa yang Anda lakukan jika kesalahan tetap ada setelah memulai ulang browser Anda? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah.

Apa Penyebab “Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau” dan ERR_ADDRESS_UNREACHABLE?

Pesan kesalahan ini dari Google Chrome — seperti banyak pesan kesalahan lainnya — cukup ambigu. Itu tidak mengarahkan Anda ke masalah tertentu, dan itu bisa memiliki banyak penyebab. Sayangnya, itu berarti memecahkan masalah biasanya melibatkan pendekatan wastafel dapur — pada dasarnya, cobalah sesuatu sampai sesuatu berhasil. Namun, kami dapat mempersempitnya sedikit.

Cara Mengisolasi Penyebab Masalah

Anda harus mencoba menyambungkan ke situs web, atau situs web, melalui jaringan yang berbeda. Jika Anda memiliki ponsel, matikan Wi-Fi ponsel Anda dan coba sambungkan melalui data seluler. Jika tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya bukan pada perangkat atau jaringan Anda. Anda juga dapat memasukkan alamat ke IsItDownRightNow dan melihat apakah orang lain melaporkan masalah yang sama.

Jika berhasil, bagaimanapun, itu berarti masalahnya mungkin ada di pihak Anda, bukan situs webnya. Kami dapat mempersempit sedikit lebih jauh dengan memeriksa untuk melihat apakah setiap perangkat di jaringan terpengaruh, atau hanya satu. Gunakan perangkat lain, seperti komputer, laptop, ponsel, atau tablet tambahan, dan lihat apakah perangkat tersebut juga tidak dapat terhubung. Jika semua perangkat terpengaruh, maka masalah Anda ada pada modem atau router Anda. Gulir ke bawah ke sub-bagian berjudul “Jika Semua Perangkat Terpengaruh” untuk beberapa solusi yang mungkin.

Jika hanya satu perangkat yang terpengaruh, Anda terjebak dengan pendekatan wastafel dapur.

Cara Memperbaiki “Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau” Jika Semua Perangkat Terpengaruh

Hanya ada tiga kemungkinan penjelasan jika setiap perangkat di jaringan Anda terpengaruh.

Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda mengalami masalah Router Anda mengalami masalahModem Anda mengalami masalahIklan

Kemungkinan pertama— masalah dengan ISP Anda — bukanlah sesuatu yang Anda bisa memperbaiki. Jika Anda mengetahui salah satu tetangga Anda memiliki penyedia layanan yang sama, Anda dapat menanyakan apakah mereka juga mengalami pemadaman listrik. Jika ya, Anda harus menunggu hingga masalah teratasi.

Restart

Modem dan router, seperti semua komputer, dapat mengalami gangguan. Mulai ulang modem dan router Anda dengan mencabutnya selama minimal 30 detik. Jika Anda ingin benar-benar yakin, cabut kabelnya selama beberapa menit, lalu sambungkan kembali.

Jika Anda berpikir, “Tunggu! Saya tidak punya modem dan router, saya hanya punya satu ini yang dikirimkan ISP saya, ”jangan khawatir. Itu mungkin unit yang menggabungkan modem dan router menjadi satu perangkat — mereka sangat umum sekarang. Cabut saja selama beberapa menit lalu sambungkan kembali.

Berikan modem dan router Anda (atau unit gabungan) sekitar lima menit untuk memulai lagi, lalu coba sambungkan ke situs web yang bermasalah dengan Anda. Jika tidak berhasil, Anda perlu mencoba beberapa langkah pemecahan masalah lainnya.

Periksa Kabel dan Sambungan Anda

Peringatan: Pastikan Anda tidak terlalu menekuk atau menarik kabel atau sambungan apa pun saat memeriksa. Mereka tidak super rapuh, tetapi mereka biasanya tidak dirancang untuk menerima pukulan, baik.

Kabel Ethernet, koaksial (membujuk), atau saluran serat optik yang rusak juga dapat menyebabkan kesalahan “Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau”, meskipun itu mungkin akan terbukti bahwa internet Anda benar-benar terputus. Buka modem, router, atau unit gabungan Anda dan periksa kabel secara visual dan dengan tangan Anda. router. Unit gabungan akan memiliki satu kabel yang masuk dari luar, dan kabel Ethernet yang keluar sebanyak yang Anda miliki dengan perangkat berkabel. Pastikan tidak ada konektor yang rusak atau kendor, dan semua konektor terpasang dengan kuat pada soketnya.

Tidak boleh ada tekukan atau lipatan tajam pada kabel yang dapat Anda lihat atau rasakan. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki saluran serat optik yang langsung masuk ke rumah Anda — konduktor tembaga yang terdapat pada kabel coax dan Ethernet umumnya jauh lebih mudah memaafkan daripada serat kaca atau plastik yang terdapat pada kabel serat optik.

Insulasi di bagian luar kabel harus halus dan tidak rusak. Lecet dan goresan permukaan baik-baik saja, tetapi luka yang dalam, sobek, atau isolasi yang terkunyah dapat berarti bahwa kabel — dan pasangan terpilin di dalamnya — telah rusak parah. Perhatikan juga area di mana insulasi lebih putih dari insulasi sekitarnya — ini dapat menunjukkan bahwa kabel tertekuk ke sudut yang ekstrem atau terjepit, dan kemudian ditekuk kembali ke bentuk semula.

Factory Reset Modem dan Router Anda

Jika me-restart modem dan router Anda tidak memperbaiki masalah, dan Anda tidak dapat menemukan masalah fisik apa pun, hal terakhir yang dapat Anda coba adalah reset pabrik sepenuhnya. Menyetel ulang modem dan router ke setelan pabrik mungkin akan memperbaiki bug perangkat lunak apa pun yang mungkin menyebabkan masalah koneksi, tetapi juga akan menghapus semua setelan pribadi yang Anda miliki, seperti nama dan sandi jaringan Wi-Fi.

Buka modem, router , atau unit gabungan dan lihat bagian belakang perangkat. Tombol factory reset biasanya berukuran kecil dan tersembunyi di badan perangkat sehingga tidak bisa ditekan secara tidak sengaja. Ambil penjepit kertas — alat yang paling berguna untuk kutu buku — dan tekuk lurus. Kemudian tekan tombol reset dan tahan selama minimal 10 detik. Beberapa perangkat memerlukan waktu selama 30 detik untuk memicu reset pabrik, dan Anda tidak akan rugi menahan tombol lebih lama dari yang diperlukan. Lakukan ini untuk modem dan router jika Anda memiliki unit terpisah.

Setelah disetel ulang, diperlukan waktu beberapa menit untuk menginisialisasi semuanya, jadi bersabarlah.

Jika Hanya Satu Perangkat yang Terpengaruh

Sayangnya, ada lebih banyak opsi pemecahan masalah untuk masing-masing perangkat daripada jika semua perangkat Anda terpengaruh. Jadi ini dia: semuanya dan wastafel dapur.

Restart Perangkat Anda

Hal pertama yang harus Anda coba adalah restart penuh. Restart komputer Anda dapat memecahkan berbagai macam masalah, dan merupakan solusi termudah yang mungkin. Antarmuka pengguna (UI) berubah di antara versi Windows, jadi memulai ulang Windows 10 sedikit berbeda dari memulai ulang Windows 11, tetapi proses umumnya sama.

Klik “Mulai,” lalu klik ikon daya, lalu klik “Mulai ulang.”

Tunggu sampai restart selesai, lalu coba sambungkan lagi.

Masalah Google Chrome

Browser semakin baik seiring waktu, tetapi tidak ada perangkat lunak yang sempurna. Ada banyak cara pengaturan atau cache browser sendiri dapat mencegahnya bekerja dengan benar.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghapus riwayat, cookie, dan cache Anda, lalu mulai ulang Google Chrome dan coba sambungkan lagi.

Pemasangan bersih Google Chrome juga dapat membantu. Pastikan untuk mencadangkan kata sandi atau bookmark penting, untuk berjaga-jaga.

Pengaturan Jaringan Komputer

Masalah dengan pengaturan DNS PC Anda, Cache DNS, Protokol Konfigurasi Host Dinamis (DHCP), Winsock, atau pengaturan TCP/IP Stack dapat menyebabkan kesalahan, dan tidak ada cara untuk menjamin Pemecah Masalah Jaringan otomatis akan memperbaikinya. Inilah cara Anda dapat mencoba memperbaikinya secara manual.

Luncurkan Command Prompt sebagai Administrator. Jika Anda mau, PowerShell atau Terminal Windows akan berfungsi juga.

Anda dapat melakukan langkah-langkah ini satu per satu untuk mencoba dan mengisolasi masalahnya, atau Anda bisa langsung ke daftar dan mencoba semuanya sekaligus. Idealnya, Anda harus melakukannya satu per satu. Ada kemungkinan bahwa kesalahan koneksi terjadi karena sesuatu yang Anda lakukan, dan mengetahui sumber masalahnya memungkinkan Anda untuk mencegahnya di masa mendatang.

Catatan: Semua perintah berikut harus dijalankan di Command Prompt, PowerShell, atau Terminal Jendela. Setelah itu, Anda harus mencoba menghubungkan lagi.

Klik tombol Start, ketik “Command Prompt” ke dalam bilah pencarian, lalu klik “Run as Administrator.”

Reset (Flush) DNS Cache

Cache DNS PC Anda harus direset setiap kali komputer Anda restart, karena disimpan dalam RAM — yang merupakan memori yang mudah menguap — dan bukan di hard drive Anda. Cache DNS dapat rusak secara tidak sengaja oleh bug atau masalah dengan Server DNS yang Anda gunakan, atau mungkin telah diracuni dengan sengaja. Anda dapat mengatur ulang cache DNS secara manual dengan command.

Type atau menempelkan ipconfig /flushdns ke Command Prompt.

Jika berhasil dengan benar, Anda akan melihat pesan “Successfully flushed the DNS Resolver Cache” di jendela.

Reset DHCP Assignment

Dynamic Host Configuration Protocol — lebih sering disebut sebagai DHCP — adalah bagaimana router Anda memberikan perangkat Anda alamat IP lokal. Setiap perangkat di jaringan lokal Anda diberi alamat IP sehingga router Anda dapat melacak lalu lintas internet (atau LAN) apa yang perlu masuk ke setiap perangkat.

Ini mungkin bukan asal dari masalah Anda, terutama jika hanya satu situs web yang terpengaruh. Namun, setidaknya beberapa orang dilaporkan telah memecahkan kesalahan “Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau” dengan melepaskan dan memperbarui alamat IP lokal mereka.

Ketik perintah berikut ke Command Prompt yang ditinggikan satu per satu:

ipconfig /release ipconfig /update

Command Prompt akan menampilkan banyak informasi yang akan berkedip cukup cepat – selama Anda tidak melihat pesan kesalahan seperti “Tidak dapat memperbarui alamat IP”, itu berhasil. Coba sambungkan ke internet lagi dan lihat apakah kesalahan masih ada.

Reset TCP/IP Stack

TCP/IP Stack sangat penting dalam menentukan bagaimana informasi dirutekan di internet. Setiap komputer mempertahankan pengaturan TCP/IP-nya sendiri. Anda dapat mengeditnya secara manual melalui RegEdit jika Anda mau, tetapi dalam kasus ini, menyetel ulang ke default sudah cukup untuk memperbaiki masalah yang terjadi.

Buka Command Prompt yang ditinggikan dan ketik perintah berikut:

netsh int ip reset

Anda akan melihat daftar item yang telah disetel ulang, diikuti dengan: “Mulai ulang komputer untuk menyelesaikan tindakan ini.”

Mulai ulang komputer Anda, lalu lihat apakah Google Chrome masih melaporkan kesalahan.

Reset Winsock

Winsock adalah antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang ada di Windows yang memungkinkan berbagai komponen perangkat lunak jaringan Windows berkomunikasi, seperti tumpukan TCP/IP dan browser Anda.

Menyetel ulang Winsock dapat menyelesaikan beberapa masalah koneksi. Masalah Winsock sering kali disebabkan oleh malware atau program yang tidak dicopot dengan benar yang membuat perubahan pada Katalog Winsock Windows.

Type netsh reset winsock ke Command Prompt yang ditinggikan, dan kemudian restart komputer Anda. Setelah memulai ulang, coba sambungkan ke situs web atau situs web yang memberi Anda kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau”.

Ikuti Petunjuk untuk “Jika Semua Perangkat Terpengaruh”

Jika hanya satu perangkat yang terpengaruh, masalah tertentu — seperti saluran rusak yang masuk ke rumah Anda — dapat dikesampingkan sepenuhnya. Namun, ada banyak masalah, seperti kesalahan konfigurasi router atau masalah dengan koneksi, yang hanya dapat memengaruhi satu perangkat.

Jika Anda telah melalui semua langkah tersebut dan masih mengalami kesulitan dengan Chrome, Anda harus mencoba menonaktifkan Windows Firewall dan hapus instalan sepenuhnya perangkat lunak Jaringan Pribadi Virtual (VPN) yang mungkin Anda miliki di komputer.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki “Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau” ERR_ADDRESS_UNREACHABLE di Chrome, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.