Cara Memperbaiki Streaming YouTube Yang Terus Lagging dan Buffering

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Dengan ratusan jam video yang diunggah ke situs ini setiap menitnya, YouTube telah menjadi sumber hiburan yang seolah tak ada habisnya. Dan bagi penonton setia, ada beberapa hal yang lebih menarik daripada mendapatkan notifikasi bahwa kreator favorit telah mengupload video baru. Namun, video yang terus-menerus dijeda dan buffering dapat menghilangkan semua kesenangan dari menonton YouTube.

Mari kita periksa mengapa video YouTube mungkin tertinggal dan buffering dan bagaimana masalah yang mengganggu ini dapat diperbaiki.

Cara Memperbaiki Lagging dan Buffer YouTube di Komputer

Sejak YouTube tidak menawarkan aplikasi desktop asli, pengguna terpaksa mengandalkan browser web untuk menonton video YouTube favorit mereka. Sayangnya, browser ini sering menjadi penyebab masalah pemutaran YouTube. Tapi mereka bukan satu-satunya yang bersalah. Mari kita jelajahi apa lagi yang bisa salah di komputer dan menyebabkan klien web YouTube lag. Setelah masalah teridentifikasi, beberapa langkah sederhana dapat menyelesaikannya.

Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang buruk dan kecepatan yang berfluktuasi mungkin berada di balik masalah lagging dan buffering YouTube. Pemutaran video adalah tugas intensif yang membutuhkan koneksi jaringan yang stabil dan cepat. Jadi, jika ada masalah dengan pemutaran video YouTube, mungkin bijaksana untuk memeriksa kecepatan internet untuk menentukan stabilitasnya.
Cara Memeriksa Kecepatan Internet
Menguji kecepatan internet adalah tugas sederhana yang dapat dengan cepat mengungkapkan alasan di balik masalah pemutaran video. Yang perlu dilakukan hanyalah mengunjungi situs uji kecepatan seperti situs web Fast dan tunggu hingga menampilkan kecepatan koneksi Anda.

Berikut adalah perkiraan kecepatan internet yang diperlukan untuk memutar setiap format video tanpa gangguan di YouTube:
SD 360p: 0,7 MbpsSD 480p: 1.1 MbpsHD 720p: 2.5 MbpsHD 1080p: 5 Mbps4K: 20 Mbps
Jika kecepatan internet yang diukur lebih rendah dari kecepatan yang diperlukan, ini mungkin menjelaskan mengapa ada masalah saat menonton video. Solusi terbaik adalah menghubungi penyedia layanan internet dan meningkatkan paket internet Anda. Tetapi solusi segera adalah dengan mengurangi kualitas video pemutaran agar sesuai dengan kecepatan internet saat ini.

Ubah Kualitas Video

Memilih resolusi yang lebih rendah untuk video yang sedang ditonton akan segera memperbaiki masalah lagging dan buffering, meskipun hal itu dapat memengaruhi pengalaman menonton secara keseluruhan.

Berikut caranya untuk mengubah kualitas video di YouTube:
Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela video.Buka tab “Kualitas”. Pilih resolusi yang sesuai berdasarkan kecepatan internet saat ini.
Browser Cache

Meskipun cache terutama digunakan untuk membantu memuat situs web yang dikunjungi sebelumnya lebih cepat, menyimpan terlalu banyak data di komputer dapat memiliki efek sebaliknya. Jadi, membersihkan cache browser dari waktu ke waktu dapat melakukan keajaiban untuk meningkatkan kecepatan penelusuran.
Cara Menghapus Cache Dari Google Chrome
Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus cache dan data penjelajahan dari Google Chrome:
Arahkan ke ikon tiga titik di sudut kanan atas dari jendela Chrome. Pilih “Pengaturan” dari menu tarik-turun. Ketuk tab “Privasi dan keamanan” dari panel sebelah kiri. Tekan tombol “Hapus data penjelajahan”. Buka tab “Lanjutan”. Periksa semua kotak yang tersedia kecuali “Kata sandi dan data masuk lainnya” dan “IsiOtomatis dari data.” Klik “Hapus data.”Cara Menghapus Cache Dari Mozilla Firefox
Jika menggunakan browser Mozilla Firefox, berikut cara mengosongkan cache:
Klik ikon hamburger di sudut kanan atas jendela browser.Pilih “Pengaturan” dari menu tarik-turun.Buka tab “Privasi & Keamanan” di sebelah kiri.Buka bagian “Cookie dan Data Situs”. Ketuk “Hapus Data” ”.Pilih hanya kotak centang “Konten Web Cached”. Klik “Hapus.”Cara Menghapus Cache Fro m Opera
Pengguna Opera dapat menghapus cache browser dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Tekan pintasan “CTRL + H” pada keyboard. Ketuk “Hapus data penjelajahan” di kanan atas. Centang kotak “Gambar dan file dalam cache.” Klik “Hapus data.”
Browser Kedaluwarsa

Menonton video YouTube tanpa gangguan memerlukan browser terbaru. Jika ada masalah pemutaran, browser yang digunakan mungkin sudah usang dan perlu diperbarui.
Cara Memperbarui Google Chrome
Memperbarui Google Chrome adalah proses langsung yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari beberapa menit.
Klik ikon tiga titik di bagian atas kanan.Buka opsi “Bantuan”.Pilih “Tentang Google Chrome.”Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk di layar untuk menginstalnya.Cara Memperbarui Mozilla Firefox
Anda dapat memperbarui browser Mozilla Firefox Anda ke edisi terbaru di beberapa langkah sederhana:
Ketuk ikon hamburger di sudut kanan atas. Arahkan ke bagian “Bantuan” pada menu tarik-turun. Pilih “Tentang Firefox.” Ikuti petunjuk di layar untuk memperbarui browser Anda. Setelah pembaruan selesai terinstal, klik tombol “Mulai ulang untuk memperbarui Firefox”.Cara Memperbarui Opera
Ikuti langkah-langkah ini untuk memperbarui browser Opera:
Klik tombol merah “O” di pojok kiri atas.Buka opsi “Perbarui & Pemulihan”.Jika ada pembaruan tersedia, ketuk tombol “Luncurkan ulang sekarang” untuk menginstalnya.
Driver Kedaluwarsa

Driver grafis dan jaringan yang kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah kinerja video, yang menyebabkan pemutaran terputus-putus. Untungnya, masalah ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan memperbarui driver Anda.
Cara Memperbarui Driver di Windows
Jika Anda memiliki PC Windows, ikuti langkah-langkah ini untuk memperbarui driver yang diperlukan:
Ketik “Device Manager” di kotak pencarian dan klik ikon yang sesuai.Double -klik opsi “Display Adapters”. Klik kanan pada kartu grafis Anda. Pilih “Perbarui driver.” Ketuk tombol “Cari secara otomatis untuk driver”. Ikuti petunjuk di layar untuk memperbarui driver Anda. Di Pengelola Perangkat, gandakan -klik tab “Network Adapters”. Klik kanan pada koneksi yang Anda gunakan.Ulangi langkah 4-6.Restart PC Anda.Cara Memperbarui Driver pada Mac
MacOS menangani semua pembaruan driver sekaligus, sehingga Anda dapat memeriksa apakah pembaruan tersedia dan memperbarui semua perangkat lunak Anda bersama-sama.
Click pada ikon apel di kiri atas. Ketuk tab “System Preferences”. Pilih “Software Update.” Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal pembaruan perangkat lunak, jika tersedia.
Malicious Extensions

Plugin dan ekstensi berbahaya dapat merusak browser dan, pada gilirannya, penggunaan internet Anda. Penambahan yang tidak diinginkan ini sering dipasang tanpa sepengetahuan Anda, jadi memeriksa tab Ekstensi dari waktu ke waktu dapat membantu Anda mengawasinya.
Cara Menghapus Ekstensi yang Tidak Diinginkan di Google Chrome
Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus ekstensi yang berpotensi berbahaya dari browser Google Chrome Anda:
Buka ke ikon tiga titik di sudut kanan atas jendela browser Anda. Arahkan kursor ke opsi “Alat lainnya”. Pilih “Ekstensi.” Gulir daftar ekstensi yang diinstal dan hapus yang tidak Anda kenal dengan mengklik ” Hapus” di bagian mereka.Mulai ulang browser Anda.Cara Menghapus Ekstensi yang Tidak Diinginkan di Mozilla Firefox
Pengaya yang tidak diinginkan dapat hilang dari browser Mozilla Firefox Anda dalam beberapa klik:
Buka ikon menu di kanan atas jendela.Pilih ” Add-on dan Tema.” Klik “Ekstensi.” Sisir melalui ekstensi yang Anda instal. Jika Anda menemukan ekstensi yang tidak Anda kenali, ketuk ikon tiga titik di sebelah namanya dan pilih “Hapus.” Mulai ulang browser Anda. Cara Menghapus Ekstensi yang Tidak Diinginkan di Opera
Jika Anda menggunakan Opera, berikut cara menghilangkan ekstensi yang tidak diinginkan extensions:
Tekan pintasan “CTRL + Shift + E” untuk meluncurkan “Ekstensi.” Gulir ke ekstensi yang terpasang dan tekan tombol “X” di sebelah ekstensi yang tidak Anda kenal.
Cara Memperbaiki Lagging dan Buffer YouTube di Ponsel

Jika Anda mencoba melakukan streaming video YouTube di ponsel cerdas Anda, tetapi tetap buffering, coba hentikan paksa aplikasi dan mulai ulang. Jika masalah terus berlanjut, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengatasinya.

Browser Cache

Meskipun cache browser dimaksudkan untuk membantu situs web memuat lebih cepat, terlalu banyak data dapat mengganggu operasi reguler aplikasi. Jika Anda mengalami masalah dengan pemutaran YouTube, coba bersihkan cache aplikasi di perangkat seluler Anda.
Cara Menghapus Cache di Android
Berikut cara menghapus cache YouTube di perangkat Android Anda:
Buka “Setelan.” Gulir ke bawah ke “Aplikasi. Temukan “YouTube” pada daftar. Ketuk tab “Penyimpanan”. Tekan tombol “Hapus cache”. Mulai ulang ponsel cerdas Anda. Cara Menghapus Cache di iPhone
Jika Anda memiliki iPhone, ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus cache YouTube:
Luncurkan Aplikasi “Pengaturan”. Buka “Umum.” Ketuk “Penyimpanan iPhone.” Gulir ke bawah ke “YouTube” dan buka tab. Tekan tombol “Offload App”.
Aplikasi YouTube

Jika mengosongkan cache dan memulai ulang ponsel tidak berhasil , aplikasi YouTube itu sendiri mungkin yang harus disalahkan atas keterlambatan dan buffering. Jadi, coba hapus instalan aplikasi dan instal ulang dari Play Store atau App Store.

Streaming Mulus

Menyirarkan video YouTube tanpa gangguan sangat penting untuk pengalaman menonton yang menyenangkan. Baik Anda menonton video atau mendengarkan musik di latar belakang, metode yang diuraikan dalam artikel ini akan memungkinkan Anda menikmati YouTube dengan segala kemegahannya.

Apakah Anda memiliki masalah dengan kelambatan YouTube? Bagaimana Anda menyelesaikannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.