Cara Memperbaiki “Tidak Ada Kamera Ditemukan” di Google Meet

Apa aplikasi konferensi video favorit Anda? Jika jawabannya adalah Google Meet, maka Anda pasti sudah tahu semua tentang fitur unggulannya. Bagaimana Anda dapat bergabung ke rapat dengan berbagai cara, berbagi layar, dan merekam rapat itu sendiri.

Tetapi semua itu bisa menjadi rumit jika Anda mengalami masalah video. Apa yang dapat Anda lakukan jika Google Meet tidak mendeteksi kamera? Untungnya, ada beberapa solusi yang bisa Anda coba. Terkadang, perbaikan sederhana akan berhasil. Di lain waktu, ada sedikit lebih banyak upaya yang terlibat.

Periksa Kamera Anda

Jika Anda menggunakan komputer desktop dan kamera web yang terhubung ke port USB, seringkali koneksi dapat terputus. Anda harus memastikan bahwa kamera berada di port USB dengan benar dan telah dinyalakan.

Untuk berjaga-jaga, lepaskan dan pasang kembali sebelum mencoba bergabung dengan panggilan video Google Meet lagi. Jika kamera web eksternal Anda tidak merespons, saatnya untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan komputer lain. Jika perangkat lain tidak dapat mendeteksinya, mungkin perangkat tersebut rusak.

Jika Anda menggunakan kamera web terintegrasi di laptop, dan tidak muncul di video Google Meet, coba tutup video rapat terlebih dahulu, lalu buka lagi. Terkadang, trik sederhana ini akan berhasil.

Anda dapat memeriksa apakah driver kamera web juga mutakhir. Dan jika tidak, unduh pembaruan dan instal di komputer Anda. Tetapi jika ini tidak berhasil, lanjutkan ke solusi berikutnya yang mungkin.

Juga, Periksa Izin Kamera

Terkadang rasanya setiap situs web baru meminta izin untuk menggunakan mikrofon, kamera, dan banyak data lainnya. Anda terbiasa menerima semuanya atau langsung memblokirnya. Dalam kasus yang terakhir, ini dapat menyebabkan pemblokiran izin yang diperlukan di Google Meet.

Anda harus mengizinkan Google Meet memiliki akses ke kamera Anda jika ingin berpartisipasi dalam rapat. Jika tidak, kamera tidak akan muncul. Jika Anda memulai panggilan video Google Meet untuk pertama kalinya, klik “Izinkan” saat diminta untuk memberikan akses kamera.

Tetapi jika Anda tidak sengaja memblokirnya, tidak apa-apa, Anda dapat mengubahnya. Inilah yang Anda lakukan:
Buka browser web Anda dan buka Google Meet. Pilih “Mulai rapat baru”. Di sudut kanan atas, pilih “Kamera diblokir”. Pilih “Selalu izinkan https://meet.google.com untuk mengakses kamera dan mikrofon Anda”. Pilih “Selesai”. Video akan dimulai secara otomatis.

Perbarui Aplikasi Google Meet

Meskipun beberapa fitur Google Meet seperti perekaman hanya akan berfungsi di browser web, aplikasi ini berfungsi dengan baik. Tetapi Anda harus memeriksa pembaruan dari waktu ke waktu. Terkadang, ada bug dan fitur yang diperbaiki Google, sehingga versi aplikasi yang Anda miliki mungkin tidak merespons dengan baik lagi.

Salah satu masalah tersebut mungkin adalah kamera tidak dapat ditemukan. Untuk menghindari masalah ini, buka Play Store jika Anda menggunakan perangkat seluler Android dan App Store untuk iOS untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia.

Juga, jika Google Meet di perangkat pintar Anda mutakhir, tetapi Anda masih mengalami masalah dengan kamera, coba paksa hentikan aplikasi. Kemudian luncurkan kembali dan lihat apakah kamera terdeteksi.

Periksa Koneksi Internet Anda

Setiap kali program atau aplikasi bermasalah, salah satu hal pertama yang harus diperiksa adalah koneksi internet. Jenis koneksi nirkabel apa yang Anda gunakan? Jika Anda di rumah, periksa router Anda. Apakah di tempat yang tepat, dan apakah ada penghalang sinyal? Jika sudah pada tempatnya, maka reset router dan cek kembali.

Ketika sinyal internet lemah, dan koneksi tidak stabil, tidak jarang fitur kamera tidak berfungsi. Dan jika Anda tidak di rumah, Anda mungkin tidak tahu jenis koneksi yang Anda hadapi. Anda dapat melakukan tes kecepatan, dan jika lemah, coba ubah jaringan.

Hapus Cache

Menghapus cache dari browser internet dan aplikasi Google Meet adalah langkah lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Seringkali, solusi inilah yang memperbaiki banyak masalah yang terkait dengan Google Meet.

Jika Anda menggunakan Chrome untuk mengakses Google Meet, yang mungkin harus Anda lakukan karena mereka paling kompatibel, beginilah cara Anda menghapus cache:
Buka “Pengaturan” dan kemudian “Hapus data penjelajahan” di bawah “Privasi dan keamanan”. Centang kotak “Gambar dan file dalam cache”. Anda juga dapat mencentang “Cookie dan data situs lainnya” jika diinginkan. Tapi ini akan membuat Anda keluar dari sebagian besar situs. Pilih “Hapus Data”.
Sekarang Anda dapat menutup semua jendela dan memulai ulang komputer Anda. Setelah sistem dicadangkan, Anda dapat mencoba memulai atau bergabung dengan video Google Meet lainnya.

Temukan Sudut Kamera yang Sempurna

Kecuali kamera web Anda rusak, selalu ada solusi untuk masalah “tidak ditemukan kamera”. Tentu saja, itu bisa terjadi di pihak Google, tetapi itu jarang terjadi dan biasanya dengan cepat diperbaiki.

Memeriksa izin dan koneksi harus ada di urutan teratas daftar solusi. Baik Anda menggunakan Google Meet dari komputer atau perangkat seluler. Tetapi salah satu solusi yang diuraikan di atas akan membuat kamera Anda berfungsi kembali.

Apakah Anda mengalami masalah dengan kamera di Google Meet? Apakah Anda dapat memperbaikinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.