Cara Memperbaiki TV LG Tidak Terhubung ke Wi-Fi

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada koneksi internet yang buruk, terutama ketika itu mencegah Anda menonton TV pintar Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi internet di LG TV, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menyelesaikannya dengan cepat dan efisien. Tindakan sederhana seperti memulai ulang router dapat memperbaiki koneksi Wi-Fi Anda. Tetapi jika itu tidak berhasil, Anda harus menggunakan tindakan lain yang lebih teknis.

Artikel ini akan menguraikan apa yang dapat Anda lakukan ketika LG TV Anda tidak terhubung ke Wi-Fi rumah Anda. Kami juga akan membahas faktor umum yang dapat menyebabkan koneksi Wi-Fi yang buruk di smart TV.

Mengapa TV LG Saya Tidak Terhubung ke Wi-Fi?

Mungkin ada banyak alasan mengapa TV LG Anda tidak dapat terhubung ke rumah Anda Jaringan Wi-Fi, apakah itu ada hubungannya dengan perangkat lunak atau perangkat keras. Ini biasanya sesuatu yang sederhana seperti jaringan yang sibuk, kekuatan internet yang lemah, atau gangguan umum. Kabar baiknya adalah bahwa jenis masalah ini dapat diselesaikan dengan cepat.

Ketika TV pintar Anda tidak memiliki koneksi internet, ada dua hal yang dapat menyebabkannya. Entah ada yang salah dengan TV atau koneksi internet. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu mengapa TV LG Anda tidak terhubung ke Wi-Fi Anda. Berikut adalah beberapa alasan paling umum hal ini terjadi:
Terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Jika seluruh keluarga menggunakan jaringan rumah Anda, kemungkinan besar setiap perangkat seluler, komputer, dan laptop terhubung ke jaringan tersebut, serta TV pintar Anda. Ada yang salah dengan router/modem, dan perlu diperbaiki atau diganti. TV LG Anda mungkin terlalu jauh dari router, sehingga koneksi internet tidak cukup kuat. Barang-barang di rumah Anda dapat menyebabkan gangguan. Jika Anda memiliki router lain pada frekuensi yang sama, mereka dapat mencegah TV LG Anda terhubung ke Wi-Fi. Elektronik rumah tangga standar lainnya bisa disalahkan. Bisa jadi pengaturan zona waktu LG TV Anda. Jika pengaturan tanggal dan waktu tidak benar, TV tidak akan dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda. Anda mungkin telah memasukkan kata sandi Wi-Fi yang salah. Meskipun ini tidak mungkin, hal-hal seperti ini bisa terjadi. Ini bisa menjadi kesalahan sederhana. Jika ini adalah bug umum, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menunggu beberapa menit hingga masalah teratasi dengan sendirinya. Jika tidak ada yang berubah, Anda mungkin harus menghubungi dukungan pelanggan.
Cara Memperbaiki LG TV Tidak Terhubung ke Wi-Fi

Apakah LG TV atau router Anda yang menyebabkan masalah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memecahkan masalah koneksi internet yang buruk di TV Anda:

Periksa Koneksi Internet

Ketika perangkat Anda tidak dapat terhubung ke internet, baik itu smart TV atau ponsel Anda, hal pertama yang harus selalu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet. Tidak perlu untuk mendapatkan teknis belum. Cukup buka router Anda dan pastikan semua lampu berkedip. Mereka semua harus hijau. Jika Anda melihat lampu merah, berarti ada yang tidak beres.

Cara cepat lain untuk mengetahui apakah TV atau router yang menyebabkan masalah adalah dengan memeriksa perangkat Anda yang lain. Jika Anda melihat bahwa ponsel dan komputer Anda memiliki koneksi internet, tetapi TV pintar Anda tidak, masalahnya ada pada TV. Di sisi lain, jika tidak ada perangkat Anda yang dapat terhubung ke internet, router/modem adalah pelakunya.

Mulai Ulang dan Cabut Semuanya

Tidak peduli seberapa umum langkah ini terdengar, sebagian besar waktu, itu berhasil. Anda dapat memulai dengan mematikan smart TV Anda. Tunggu satu atau dua menit, lalu hidupkan kembali.

Jika Anda menyalakannya dan melihat bahwa masih tidak ada koneksi internet, nyalakan ulang router juga. Saat Anda di sana, cabut router dan modem. Pastikan untuk menunggu beberapa menit sebelum menyambungkannya kembali. Jika masih tidak ada internet, cabut juga TV.

Anda juga dapat mencoba menyetel ulang modem dan router dengan keras. Jika Anda tidak terbiasa dengan proses ini, Anda akan dapat menemukan instruksi di manual pemilik modem/router Anda. Setelah Anda menyetel ulang modem dan router dengan susah payah, Anda perlu mengatur pengaturan Wi-Fi Anda lagi dan menghubungkan kembali semua perangkat Anda ke internet.

Coba Hubungkan TV ke Hotspot Ponsel Anda

Cara lain untuk mengetahui apakah itu TV atau router yang menyebabkan masalah adalah dengan mencoba menghubungkan LG TV Anda ke jaringan data seluler Anda. Jika masih tidak memiliki koneksi, itu pertanda jelas ada yang salah dengan TV. Ini bisa berupa kartu Wi-Fi yang rusak, masalah pengkabelan, adaptor Wi-Fi TV internal yang tidak berfungsi, atau yang lainnya.

Ubah Waktu dan Tanggal

Jika zona waktu di TV Anda salah, mungkin LG TV Anda tidak dapat terhubung ke TV Anda. Wifi. Untungnya, Anda dapat mengubah pengaturan waktu dan tanggal di LG TV Anda dengan mudah. Begini caranya:
Nyalakan LG TV.Tekan tombol Pengaturan pada remote.Buka “Semua Pengaturan.”Lanjutkan ke “Umum.”Pilih “Waktu & Tanggal.”Setel zona waktu yang benar.
Periksa Jumlah Router Connections

Setiap router memiliki jumlah perangkat terbatas yang dapat dihubungkan ke jaringannya. Router modern memungkinkan banyak koneksi secara bersamaan, tetapi Anda mungkin memiliki model yang ketinggalan zaman. Jika demikian, Anda harus memutuskan beberapa perangkat di rumah Anda dari jaringan Wi-Fi.

Perbarui Firmware Anda

Masalah koneksi dapat disebabkan oleh perangkat keras yang sudah usang. Jika ini masalahnya, itu tidak hanya akan mencegah TV terhubung ke internet tetapi juga beberapa masalah lainnya. Ini bahkan dapat menyebabkan TV LG Anda tidak berfungsi.

Menonaktifkan Fitur QuickStart

Beberapa model TV LG memiliki fitur QuickStart, yang memungkinkan mereka untuk tetap dalam mode siaga setelah dimatikan. Saat Anda menghidupkan kembali TV, fitur QuickStart akan mempercepat seluruh proses. Fitur ini mungkin mengganggu koneksi Wi-Fi Anda, jadi inilah cara mematikannya:
Nyalakan LG TV Anda.Tekan tombol Pengaturan pada remote control Anda.Buka “Semua Pengaturan” di menu utama.Lanjutkan ke “ Umum” pada daftar opsi. Temukan opsi “Mulai Cepat”. Pilih “Nonaktif” untuk menonaktifkan fitur ini.
Setelah Anda selesai melakukannya, matikan TV, router, dan modem. Tunggu beberapa menit sebelum menghidupkan kembali perangkat.

Minta Bantuan

Jika tidak ada langkah-langkah ini yang membantu, hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi dukungan pelanggan. Coba hubungi produsen modem/router Anda untuk meminta bantuan. Anda juga dapat memanggil teknisi untuk datang dan memperbaiki LG TV Anda.

Memulihkan Koneksi Wi-Fi Anda di LG TV

Anda dapat melakukan banyak hal untuk memulihkan konektivitas internet di LG TV Anda. Apa pun yang menyebabkan masalah koneksi biasanya dapat diselesaikan dengan cepat. Ini mungkin sesuatu yang sederhana seperti kesalahan sementara atau koneksi internet yang lemah. Jika ada yang lebih rumit, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi dukungan pelanggan.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan TV LG Anda yang tidak tersambung ke Wi-Fi? Bagaimana Anda menyelesaikannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.