Cara Memperbaiki “Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid” di Windows

Wi-Fi adalah hal yang luar biasa ketika bekerja dengan benar. Anda mungkin dapat membawa perangkat dan tetap mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi. Tetapi ketika berperilaku tidak semestinya, memperbaiki kesalahan konfigurasi Wi-Fi di Windows bisa merepotkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda coba.

Restart Komputer Anda dan Router

“Sudahkah Anda mencoba mematikan dan menghidupkannya kembali” adalah klise terbesar dalam teknologi, dan untuk alasan yang baik — me-restart komputer akan sering memecahkan banyak masalah. Dalam hal ini, Anda harus memulai ulang router dan PC Anda. Catatan: Unit router dan modem gabungan sudah umum sekarang. Itu adalah perangkat keras standar yang Anda dapatkan dari penyedia layanan internet (ISP) Anda — jika Anda tidak memiliki perute khusus, cukup mulai ulang unit kombo.

Temukan perute Anda (atau unit kombo) dan cabut kabelnya selama minimal 30 detik , lalu colokkan kembali. Pastikan untuk tidak mencabut koneksi Ethernet, fiber, atau koaksial secara tidak sengaja saat Anda mengutak-atik power.

Selanjutnya, Anda harus me-restart komputer Anda. Menu Start mengalami perubahan tampilan yang signifikan antara Windows 10 dan Windows 11. Ikuti petunjuk untuk versi Windows yang Anda miliki di PC.

Windows 10

Untuk memulai ulang Windows 10, klik tombol Start, lalu klik ikon Power di sebelah kiri, lalu klik “Restart.”

Windows 11

Klik tombol Start, klik ikon Power, lalu klik “Restart.”

Reset Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)

DHCP seharusnya menangani perolehan alamat IP dari router Anda secara otomatis, namun, tidak ada yang sempurna . Coba paksa komputer Anda untuk mendapatkan kembali alamat IP baru dari router Anda. Anda harus meluncurkan PowerShell.

yang ditinggikan Klik tombol Mulai, ketik “powershell” ke dalam bilah pencarian, lalu klik “Jalankan sebagai Administrator.”

Ketik dua perintah berikut ke dalam Powershell:

ipconfig /release
ipconfig /renew

Setelah Anda menjalankan setiap perintah Anda akan melihat banyak teks muncul terkait dengan adaptor jaringan yang berbeda. Setiap komputer akan berbeda, tergantung pada perangkat keras apa yang ada. Perintah ipconfig /renew mungkin membutuhkan waktu 10, 20, atau bahkan 30 detik untuk dijalankan sepenuhnya, jadi jangan panik jika perintah tersebut hanya diam sebentar sebelum Anda mulai melihat sesuatu muncul di PowerShell.

Coba koneksi Anda lagi.

Reset TCP/ IP Stack

Transmission Control Protocol dan Internet Protocol, paling sering disebut sebagai TCP/IP, menangani bagaimana informasi dipecah menjadi paket dan kemudian diberi label untuk pengiriman. Sangat penting untuk sebagian besar lalu lintas Internet modern, dan ketika sesuatu menjadi rusak atau kacau, hal itu dapat menyebabkan masalah koneksi. jendela untuk mereset TCP/IP stack.

netsh int ip reset

Akan ada banyak “Resetting, OK!” baris di PowerShell Window jika semuanya berjalan dengan benar.

Mulai ulang PC Anda, lalu periksa apakah kesalahan masih terjadi.

Reset WinSock

WinSock adalah bagian lain dari Windows yang memungkinkan PC Anda berkomunikasi dengan perangkat di internet. WinSock dapat bertanggung jawab atas kesalahan jaringan (termasuk Wi-Fi), dan pengaturan ulang WinSock hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Catatan: Pengaturan ulang WinSock mungkin akan menyebabkan masalah dengan beberapa program yang memodifikasi Katalog WinSock. Jika Anda memiliki masalah dengan aplikasi setelah reset, tetapi memperbaiki kesalahan Wi-Fi Anda, cukup instal ulang program. Ini akan memperbaiki masalah program.

Nyalakan Command Prompt atau PowerShell yang ditinggikan, lalu ketik netsh winsock reset ke dalam jendela.

Anda akan melihat “Successfully Reset the WinSock Catalog.” Setelah Anda menjalankan perintah, restart komputer Anda dan coba Wi-Fi Anda lagi.

Sesuaikan Pengaturan Jaringan dan Driver PC Anda

Set DHCP

Otomatis PC Anda akan diatur untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis kecuali Anda mengubahnya secara manual di beberapa titik. Jika Anda mendapatkan kesalahan “Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid”, pengaturan IP Anda secara manual bisa menjadi sumber masalahnya.

Klik tombol Mulai, ketik “lihat koneksi jaringan” ke dalam bilah pencarian, dan klik “Lihat Koneksi Jaringan.”

Anda juga dapat menavigasi ke sana melalui Panel Kontrol jika Anda mau — Panel Kontrol > Jaringan dan Internet > Jaringan dan Pusat Berbagi, lalu klik “Ubah Pengaturan Adaptor” di sudut kiri atas.

Temukan Wi-Fi Anda adapter jaringan, klik kanan, dan tekan “Properties.”

Scroll sampai Anda menemukan “Internet Protocol Version 4” (IPv4) dan “Internet Protocol Version 6” (IPv6). Mulailah dengan memilih “Internet Protocol Version 4” dan kemudian klik “Properties.”

Catatan: Itu tidak mungkin, tetapi jika Anda melihat bahwa “Internet Protocol Version 4” atau “Internet Protocol Version 6” tidak diaktifkan (mereka tidak diaktifkan jika mereka tidak memiliki tanda centang di sebelahnya) klik kotak dan aktifkan, lalu klik “OK.” Mungkin itu adalah sumber masalahnya.

Pilih opsi untuk “Dapatkan Alamat IP Secara Otomatis”, lalu klik “Ok.”

Ulangi proses untuk “Internet Protocol Version 6.” Perlu diingat bahwa pengaturan IPv6 semua akan menampilkan alamat IPv6, jadi jangan khawatir jika alamat IP terlihat berbeda.

Update Your Network Drivers

Klik tombol Start, ketik “Device Manager ” ke dalam bilah pencarian, lalu tekan “Open.”

Anda sedang mencari kategori “Network Adapters”. Setelah Anda menemukannya, klik panah dan perluas daftarnya. Apa yang Anda lihat dalam daftar sepenuhnya bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak yang Anda jalankan — jika Anda memiliki banyak hal yang memerlukan adaptor jaringan fisik atau virtual, seperti VPN, mesin virtual, port Ethernet fisik, dan Wi- Adaptor Fi — Anda akan melihat daftar yang cukup sibuk. ‘ll menemukan di laptop dan motherboard. Jika Anda telah memasang kartu Wi-Fi tertentu, seperti kartu dari TP-Link atau D-Link, cari itu saja.

Klik kanan adaptor dan klik “Perbarui Driver.”

Catatan: Jika Anda mendapatkan kesalahan khusus ini di sana adalah kesempatan baik Anda tidak bisa mendapatkan di internet untuk mendapatkan driver di tempat pertama. Jika Anda bisa, sambungkan melalui kabel Ethernet.

Pilih “Cari Secara Otomatis untuk Driver” dan biarkan mencari.

Jika disarankan Anda menginstal driver, lakukan, lalu restart komputer Anda.

Jika Anda tidak dapat mengakses internet untuk mencari untuk driver, atau driver yang diambil Windows secara otomatis tidak membantu, Anda harus mengunduh dan menginstal driver dari pabrikan.

Anda dapat menemukan driver pabrikan di situs web pabrikan. Berhati-hatilah saat mencari driver, ada banyak situs web yang menjanjikan untuk menginstal semua driver Anda dan mengoptimalkan komputer Anda untuk Anda — dalam skenario terbaik, mereka memuat banyak sekali freeware sampah yang mungkin tidak Anda inginkan. dan jelas tidak perlu.

Jika Anda memiliki kartu nirkabel Intel, Intel menyediakan utilitas untuk secara otomatis mengidentifikasi driver yang benar untuk sistem Anda.

Reset Factory Router

Rute Anda mungkin bukan sumber masalahnya, jadi jangan lakukan ini sampai Anda kehabisan semua opsi lain yang tersedia untuk Anda. Mengonfigurasi semua pengaturan jaringan Anda tidak terlalu menyenangkan, jadi sebaiknya dihindari jika memungkinkan.

Anda Jika Anda kehabisan opsi, Anda dapat mencobanya. Temukan router Anda, atau unit gabungan Anda, dan tekan tombol tersembunyi setidaknya selama 10 detik. Anda mungkin memerlukan penjepit kertas atau benda sempit lainnya untuk menekan tombol.

Jika itu tidak berhasil, Anda harus mulai mencoba solusi yang lebih tidak mungkin. Jika Anda menjalankan perangkat lunak antivirus dan firewall — baik itu antivirus pihak ketiga atau Microsoft Defender — coba nonaktifkan. Setelah itu, turun daftar dan lihat apakah salah satu dari solusi ini membantu.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki “Wi-Fi Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid” di Windows, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.