Cara Memperbesar atau Memperkecil di Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Di banyak aplikasi, menekan Command dan + (tanda tambah) secara bersamaan akan memungkinkan Anda memperbesar, dan Perintah dengan – (minus) akan memungkinkan Anda memperkecil tampilan di Mac. Anda juga dapat memperbesar seluruh sistem atau memperbesar teks tertentu dengan mengaktifkan fitur tersebut di pengaturan Aksesibilitas.

Ketika Anda kesulitan melihat sesuatu di layar komputer, apakah Anda mencondongkan tubuh lebih dekat atau mengenakan kacamata baca? Anda dapat mempermudah melihat apa pun di layar Mac Anda menggunakan fitur Zoom.

Kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai cara untuk memperbesar dan memperkecil di MacBook atau Mac desktop. Anda dapat menggunakan pintasan keyboard, gerakan, atau keduanya. Anda bahkan dapat memperbesar teks saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya dan menyesuaikan tampilannya.

Cara Memperbesar di Mac

Untuk memperbesar jendela atau aplikasi tertentu seperti Safari, tahan Perintah dan tekan tombol Tambah (+). App yang berbeda mungkin menggunakan pintasan lain, tombol bilah alat, atau tindakan menu, jadi lihat dokumentasi aplikasi khusus Anda.

Selain itu, setelah Anda mengaktifkan opsi zoom di pengaturan Aksesibilitas, Anda dapat menggunakan pintasan, trackpad, atau gerakan gulir untuk memperbesar di jendela atau bagian mana pun dari layar:

Pintasan Keyboard: Tekan Option+Command+= (tanda sama dengan) untuk memperbesar. Anda juga dapat menggunakan Option+Command+8 untuk beralih antara tanpa zoom dan tingkat zoom terakhir Anda.Trackpad: Gandakan- ketuk trackpad dengan tiga jari untuk memperbesar. Anda juga dapat mengetuk dua kali dan menyeret trackpad untuk mengubah tingkat pembesaran. Gerakan Gulir: Tekan tombol pengubah yang Anda pilih, lalu gunakan mouse atau trackpad untuk menggulir ke atas.

Cara Memperbesar Keluar di Mac

Untuk memperkecil jendela atau aplikasi tertentu seperti Safari, Anda dapat menahan Command dan menekan tombol Minus (-). Sekali lagi, app lain mungkin menggunakan pintasan, tombol bilah alat, atau tindakan menu yang berbeda untuk memperkecil.

Dengan opsi zoom aksesibilitas diaktifkan, Anda memiliki lebih banyak opsi untuk memperkecil di Mac, apa pun app yang Anda gunakan. Bergantung pada opsi mana yang Anda aktifkan, Anda dapat menggunakan satu atau beberapa hal berikut:

Pintasan Keyboard: Tekan Option+Command+- (tanda minus). Trackpad: Ketuk dua kali trackpad Anda dengan tiga jari untuk memperkecil setelah Anda memperbesar. Gerakan Gulir: Tekan tombol pengubah yang Anda pilih, lalu gunakan mouse atau trackpad untuk menggulir ke bawah.

Cara Mengaktifkan Zoom Aksesibilitas di Mac

Untuk mulai memperbesar di mana saja di Mac, Anda harus mengaktifkan fitur Zoom di pengaturan Aksesibilitas. Dari sana, Anda akan memilih metode yang ingin digunakan.

Buka System Preferences dengan ikon Dock atau dari ikon Apple di bilah menu. Kemudian, pilih “Aksesibilitas” di sebelah kiri dan “Zoom” di sebelah kanan.

Anda akan melihat masing-masing opsi berikut yang dapat Anda gunakan untuk memperbesar di Mac Anda.

Pintasan Keyboard dan Gerakan Trackpad

Aktifkan sakelar untuk menggunakan pintasan keyboard dan/atau gerakan trackpad untuk memperbesar dan memperkecil. Dengan pengaturan ini, Anda akan melihat pintasan dan gerakan untuk digunakan langsung di bawah pengaturan.

Gerakan Gulir

Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan sakelar untuk menggunakan gerakan menggulir dengan tombol pengubah. Jika Anda mengaktifkan opsi ini, pilih kunci pengubah yang ingin Anda gunakan di kotak drop-down. Anda dapat memilih tombol Kontrol, Pilihan, atau Perintah. Anda dapat memilih dari Layar Penuh, Layar Terpisah, atau Gambar-dalam-Gambar. Bergantung pada opsi yang Anda pilih, Anda dapat menyesuaikan opsinya.

Layar Penuh: Pilih “Pilih Layar” untuk memilih monitor yang ingin Anda perbesar jika Anda menggunakan lebih dari satu layar. Layar Terpisah atau Gambar-dalam-Gambar: Pilih “Ukuran dan Lokasi” untuk memilih penempatan dan ukuran jendela.

Arahkan Teks

Opsi zoom lain yang dapat Anda aktifkan di Mac Anda adalah Hover Text. Seperti yang dapat Anda lihat dari deskripsi, Anda menahan tombol Command saat mengarahkan kursor ke teks untuk memperbesar (detail selengkapnya di bawah).

Opsional: Zoom Bilah Sentuh

Jika Anda memiliki Mac dengan Bilah Sentuh, Anda juga dapat mengaktifkan opsi ini. Anda kemudian menyentuh dan menahan Touch Bar Anda untuk melihat versi yang lebih besar di layar Anda.

MacBook ProCara Memperbesar Dengan Teks Arahkan

Jika Anda mengaktifkan opsi Arahkan Teks di pengaturan Zoom di Mac, Anda dapat menyesuaikan tampilan zoom untuk fleksibilitas penuh.

Di Preferensi Sistem > Aksesibilitas > Zoom, tekan ikon Info (huruf kecil “i”) di sebelah kanan Arahkan Teks.

Anda kemudian dapat menyesuaikan ukuran teks , gaya, dan lokasi entri beserta pengubah aktivasi dan opsi untuk menekan tiga kali pengubah untuk kunci aktivasi.

Selanjutnya, Anda dapat mengubah warna teks, titik penyisipan, latar belakang, batas, dan sorotan elemen.

Pilih “Selesai ” ketika Anda selesai dan kemudian periksa Perintah Arahkan Teks zoom.

Tahan, atau kunci pengubah yang Anda pilih jika Anda mengubahnya, dan gunakan kursor Anda untuk mengarahkan kursor ke teks. Anda akan melihat teks muncul sehingga mudah dibaca. Lepaskan kunci pengubah untuk menghapus zoom.

Menggunakan satu atau beberapa metode zoom ini dapat membantu Anda melihat apa saja di layar Mac Anda lebih besar dan lebih baik. Untuk lebih lanjut, lihat cara memperbesar layar iPhone Anda menggunakan Display Zoom.

Disadur dari HowToGeek.com.