Cara Memperbesar Disk Mesin Virtual di VirtualBox atau VMware

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Saat Anda membuat hard disk virtual di VirtualBox atau VMware, Anda menentukan ukuran disk maksimum. Jika Anda ingin lebih banyak ruang pada hard disk mesin virtual Anda nanti, Anda harus memperbesar hard disk dan partisi virtual.

Perhatikan bahwa Anda mungkin ingin mencadangkan file hard disk virtual Anda sebelum melakukan operasi ini — selalu ada kemungkinan sesuatu bisa salah, jadi selalu baik untuk memiliki cadangan. Namun, prosesnya bekerja dengan baik untuk kita.

Update: Gunakan Virtual Media Manager di VirtualBox

VirtualBox 6 menambahkan opsi grafis untuk memperbesar dan mengubah ukuran disk virtual. Untuk mengaksesnya, klik File > Virtual Media Manager di jendela VirtualBox utama.

Pilih hard disk virtual dalam daftar dan gunakan penggeser “Ukuran” di bagian bawah jendela untuk mengubah ukurannya. Klik “Terapkan” setelah selesai.

Anda masih harus memperbesar partisi pada disk untuk memanfaatkan ruang tambahan. Partisi tetap berukuran sama meskipun ukuran disk meningkat. Lihat instruksi di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang memperbesar partisi.

Memperbesar Disk Virtual di VirtualBox dengan Command Line

Untuk memperbesar disk virtual di VirtualBox, Anda harus menggunakan perintah VBoxManage dari jendela Command Prompt. Pertama, matikan mesin virtual — pastikan statusnya disetel ke Dimatikan, bukan Disimpan.

Catatan: Sebelum melanjutkan, Anda juga harus menghapus snapshot apa pun yang terkait dengan mesin virtual jika Anda menggunakan fitur snapshot di VirtualBox. Ini akan memastikan Anda memodifikasi file disk virtual yang benar dan semuanya akan berfungsi dengan baik sesudahnya.

Kedua, buka jendela Command Prompt dari Start Menu Anda dan ubah direktori ke folder file program VirtualBox. Jalankan perintah:

cd “C:Program FilesOracleVirtualBox”

Perintah berikut akan beroperasi pada virtual disk VirtualBox yang terletak di “C:UsersEquinoxVirtualBox VMsWindows 10Windows 10.vdi”. Ini akan mengubah ukuran disk virtual menjadi 81920 MB (80 GB).

VBoxManage memodifikasi “C:UsersChrisVirtualBox VMsWindows 10Windows 7.vdi” –resize 81920Catatan: Gunakan dua tanda hubung sebelum mengubah ukuran pada perintah di atas.

Ganti jalur file pada perintah di atas dengan lokasi disk VirtualBox yang ingin Anda ubah ukurannya dan nomor dengan ukuran gambar yang ingin Anda perbesar (dalam MB).

Catatan: Di VirtualBox 6.0+, dirilis pada 2019, Anda dapat perlu menggunakan perintah berikut sebagai gantinya:VBoxManage memodifikasi disk media “C:UsersEquinoxVirtualBox VMsWindows 10Windows 10.vdi” –resize 81920

Perhatikan bahwa proses ini tidak memperbesar partisi pada hard disk virtual, jadi Anda tidak akan memiliki akses ke ruang baru — lihat bagian Perbesar Partisi Mesin Virtual di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Memperbesar Disk Virtual di VMware

Untuk memperbesar hard disk mesin virtual di VMware, matikan mesin virtual, klik kanan , dan pilih Pengaturan Mesin Virtual.

Se pilih perangkat hard disk virtual dalam daftar, klik tombol Utilities, dan klik Expand untuk memperluas hard disk.

Masukkan ukuran disk maksimum yang lebih besar dan klik tombol Expand. VMware akan meningkatkan ukuran disk virtual Anda, meskipun partisinya akan tetap berukuran sama — lihat di bawah untuk informasi tentang memperbesar partisi.

Memperbesar Partisi Mesin Virtual

Anda sekarang memiliki hard disk virtual yang lebih besar. Namun, partisi sistem operasi pada hard disk virtual Anda berukuran sama, jadi Anda belum dapat mengakses ruang ini.

Sekarang Anda perlu memperluas partisi sistem operasi tamu seolah-olah Anda memperbesar partisi pada hard disk nyata di komputer fisik. Anda tidak dapat memperbesar partisi saat sistem operasi tamu berjalan, sama seperti Anda tidak dapat memperbesar partisi C: saat Windows berjalan di komputer Anda.

Anda dapat menggunakan live CD GParted untuk mengubah ukuran partisi mesin virtual Anda — cukup boot image ISO GParted di mesin virtual Anda dan Anda akan dibawa ke editor partisi GParted di lingkungan Linux langsung. GParted akan dapat memperbesar partisi pada hard disk virtual.

Pertama, unduh file ISO live CD GParted dari sini.

Muat file ISO ke mesin virtual Anda dengan masuk ke jendela pengaturan mesin virtual, pilih drive CD virtual Anda, dan browsing ke file ISO di komputer Anda.

Boot (atau restart) mesin virtual Anda setelah memasukkan citra ISO dan mesin virtual akan boot dari citra ISO. Live CD GParted akan menanyakan beberapa pertanyaan saat booting — Anda dapat menekan Enter untuk melewati opsi default.

Setelah GParted di-boot, lihat bagaimana drive virtual dipartisi.

Warning: Tidak semua sistem operasi akan menghasilkan drive yang dipartisi dengan cara ini, namun ada kemungkinan besar Anda akan melihat sesuatu yang serupa. Pastikan Anda memperhatikan partisi yang ada saat melakukan ini — mengubah ukuran, memformat ulang, atau menghapus partisi secara sembarangan dapat mengakibatkan mesin virtual tidak dapat dioperasikan.

Penataan partisi sangat penting. Ada tiga partisi pada drive, ditambah 30 gigabyte ruang yang tidak terisi.

Partisi pertama, sda1, adalah sektor boot atau Partisi Sistem EFI. Partisi kedua, sda2, adalah “partisi utama.” Ini adalah ruang yang dialokasikan untuk sistem operasi Windows — itulah partisi yang ingin kita perluas. Hal ini ditandai dengan panah merah dan kotak merah pada gambar di atas.

Tip: Secara umum, Anda dapat mengidentifikasi partisi utama Anda berdasarkan ukurannya — itu akan mendekati ukuran total drive virtual asli yang Anda buat.

Pastikan untuk perhatikan bahwa ada partisi ketiga, sda3, langsung di antara partisi yang ingin Anda ubah ukurannya dan ruang yang tidak terisi yang kami buat sebelumnya. Posisi sda3 berarti kita tidak bisa begitu saja memperluas sda2 ke ruang yang tidak terisi. Partisi ketiga benar-benar menghalangi, dan kita harus memindahkannya terlebih dahulu.

Klik kanan pada sda3, lalu klik “Ubah Ukuran/Pindahkan.”

Catatan: Ini mungkin bukan sda3 untuk Anda. Anda hanya mencari partisi apa pun yang berada di antara partisi utama dan ruang yang tidak terisi.

Sebuah jendela baru akan muncul yang memungkinkan Anda memindahkan partisi.

Perhatikan apa yang tertulis di layar. Ada 30.722 megabyte ruang setelah partisi msftres. Jika Anda ingin sda3 menyingkir, kita perlu memindahkan sda3 sepenuhnya ke sisi lain dari ruang yang tersedia. Klik pada kotak “Free Space Preceding”, masukkan “30722” ke dalam kolom, lalu klik “Resize/Move.” Seharusnya terlihat seperti ini:

Sekarang sda3 diantrekan untuk dipindahkan ke ujung ruang yang tidak terisi, dan kita juga dapat mengatur sda2 untuk diubah ukurannya. Klik kanan sda2, lalu klik “Ubah Ukuran/Pindahkan”.

Masukkan angka setelah “Ukuran Maksimum” ke dalam kolom “Ukuran Baru”, atau seret sisi kanan penggeser ke kanan.

Jika sudah melakukannya dengan benar, Anda harus nilai untuk “Ukuran Maksimum” di kotak “Ukuran Baru” sekarang. Klik “Ubah Ukuran/Pindahkan” untuk menyelesaikan perubahan.

Klik tombol tanda centang hijau di dekat bagian atas untuk menerapkan semua perubahan yang Anda buat. Menerapkan perubahan dapat memakan waktu beberapa menit, tergantung pada berapa banyak operasi pemindahan atau pengubahan ukuran yang telah Anda antrekan, dan seberapa cepat komputer Anda. Jangan khawatir jika Anda harus menunggu beberapa saat.

Setelah operasi pengubahan ukuran selesai, restart mesin virtual Anda dan hapus file ISO GParted. Windows akan memeriksa sistem file di mesin virtual Anda untuk memastikannya berfungsi dengan baik — jangan ganggu pemeriksaan ini.

Partisi mesin virtual sekarang akan mengambil seluruh hard disk virtual, jadi Anda akan memiliki akses ke ruang tambahan.

Perhatikan bahwa ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan — Anda dapat menambahkan hard disk virtual kedua ke mesin virtual Anda dari jendela pengaturannya. Anda dapat mengakses konten hard disk lain di partisi terpisah — misalnya, jika Anda menggunakan mesin virtual Windows, hard disk virtual lainnya akan dapat diakses pada huruf drive yang berbeda di dalam mesin virtual Anda.

Itulah berita seputar Cara Memperbesar Disk Mesin Virtual di VirtualBox atau VMware, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.