Cara Memutar Layar PC Anda (atau Memperbaiki Layar Samping)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Windows dapat memutar layar Anda tanpa perangkat lunak tambahan. Ini sangat berguna jika Anda memiliki monitor desktop yang berputar. Banyak PC memiliki tombol pintas yang juga dapat memutar layar Anda, dan tombol ini mudah ditekan secara tidak sengaja.

Update, 18/7/22:  Kami telah meninjau keakuratan artikel ini dan dapat mengonfirmasi bahwa artikel ini masih berfungsi pada Windows 10 versi terbaru. Anda juga dapat memutar layar Anda di Windows 11 dengan cara yang sama

Cara Memutar Layar Anda di Windows 10 atau 7

Untuk memutar layar Anda di Windows 10, klik kanan desktop Anda, lalu pilih perintah “Pengaturan Tampilan”. Di Windows 7, klik kanan perintah “Resolusi Layar”. Pada Windows 7, Anda akan berada di Control Panel > Appearance and Personalization > Display > Display Settings.

Temukan opsi Orientation di bawah Resolution, klik menu dropdown di bawahnya, lalu pilih orientasi layar yang Anda inginkan — Landscape, Portrait, Landscape ( terbalik), atau Potret (dibalik.)

Jendela ini terlihat berbeda di Windows 7, tetapi memiliki opsi Orientasi yang sama.

Jika Anda tidak melihat opsi orientasi layar di aplikasi Pengaturan di Windows 10 atau Panel Kontrol di Windows 7, coba memperbarui driver grafis komputer Anda. Opsi ini mungkin hilang jika Anda menggunakan driver video generik yang tidak sesuai untuk perangkat keras grafis komputer Anda.

Cara Memutar Layar Anda Dengan Tombol Pintas

Beberapa PC memiliki tombol pintas yang dengan cepat memutar layar saat ditekan. Ini disediakan oleh driver grafis Intel dan hanya diaktifkan pada beberapa PC. Jika tampilan PC Anda tiba-tiba berputar saat Anda menekan sesuatu pada keyboard, Anda mungkin memicu hotkey secara tidak sengaja.

Untuk memutar layar Anda dengan hotkeys, tekan Ctrl+Alt+Arrow. Misalnya, Ctrl+Alt+Panah Atas mengembalikan layar ke rotasi tegak normalnya, Ctrl+Alt+Panah Kanan memutar layar 90 derajat, Ctrl+Alt+Panah Bawah membaliknya terbalik (180 derajat), dan Ctrl+Alt+ Panah Kiri memutarnya 270 derajat.

Anda dapat mengubah hotkey ini — atau menonaktifkannya, jika Anda mau — menggunakan alat Hot Key Manager di Intel Graphics Control Panel atau Intel Command Center di PC Anda. Untuk mengaksesnya, klik ikon biru kecil di Task Bar Anda, luncurkan dari Start Menu, atau tekan Ctrl+Alt+F1 untuk membuka Intel Command Center. Klik Opsi, lalu buka Dukungan (Empat kotak kecil) > Hot Key Manager.

Jika Anda tidak melihat alat Pengaturan Grafis Intel di PC, Anda mungkin tidak menggunakan grafis Intel. Jika Anda tidak melihat pintasan rotasi layar di layar Hot Key Manager, pintasan tersebut tidak tersedia di PC Anda.

Cara Menonaktifkan Rotasi Layar Otomatis di Windows 10

PC dan tablet yang dapat dikonversi yang menjalankan Windows 10 secara otomatis memutar layarnya saat orientasi perangkat berubah . Ini berfungsi seperti iPhone modern dan smartphone Android. Untuk menghentikan layar agar tidak berputar secara otomatis, Anda dapat mengaktifkan Rotation Lock.

Untuk melakukannya, buka Pusat Tindakan dengan mengeklik ikon notifikasi di sisi kanan bilah tugas, atau dengan menekan Windows+A.

Klik atau ketuk “Kunci Rotasi” ubin tindakan cepat untuk mengunci layar Anda dalam orientasi saat ini. Klik atau ketuk ubin lagi untuk menonaktifkan Kunci Rotasi.

Opsi Kunci Rotasi juga tersedia di Pengaturan > Sistem > Tampilan.

Jika Anda tidak melihat opsi di kedua tempat, perangkat Anda tidak mendukung rotasi layar otomatis karena tidak tidak memiliki perangkat keras akselerometer bawaan.

Jika ubin Kunci Rotasi tampak berwarna abu-abu, Anda harus mengalihkan PC konvertibel ke mode tablet — misalnya, dengan memutar layarnya atau dengan melepaskan layarnya dari keyboard. Kunci Rotasi tidak tersedia dalam mode laptop standar, karena layar tidak akan pernah otomatis berputar sendiri dalam mode laptop standar.

Cara Memutar Layar Anda Dengan Panel Kontrol Driver Grafis

Opsi untuk memutar layar PC Anda mungkin juga tersedia di Intel atau NVIDIA, tergantung pada perangkat keras grafis apa yang dimiliki PC Anda. Namun, opsi Windows bawaan harus berfungsi di semua PC. Jika Windows tidak dapat mengubah rotasi layar Anda karena alasan tertentu, Anda mungkin dapat melakukannya dengan panel kontrol driver grafis Anda.

Catatan: Pada PC dengan grafis AMD, opsi ini tidak lagi muncul di versi terbaru Catalyst Control Center . Itu sebelumnya terletak di bawah “Tugas Tampilan Umum” di aplikasi ini, tetapi Anda sekarang harus mengubah rotasi layar Anda dari aplikasi Pengaturan Windows standar atau Panel Kontrol sebagai gantinya.

Pada PC dengan grafis Intel, luncurkan Pusat Perintah Intel dari Menu Mulai, atau dengan mengklik ikon biru kecil di Task Bar. Pilih tab Display, yang merupakan ikon monitor kecil, dan pilih orientasi tampilan. Opsi ini tidak tersedia di salah satu PC kami dengan grafis Intel, jadi kami harus menggunakan aplikasi Pengaturan Windows standar. Ini hanya akan ada di sini pada beberapa PC.

Catatan: Komputer lama dengan Intel Graphics perlu menggunakan Panel Kontrol Intel alih-alih Pusat Perintah. Itu dapat diluncurkan dengan mengklik kanan ruang kosong di desktop dan mengklik “Pengaturan Grafis Intel,” atau yang serupa.

Pada PC dengan grafis NVIDIA, klik kanan desktop dan pilih “Panel Kontrol NVIDIA.” Pilih “Putar Tampilan” di bawah Tampilan dan pilih orientasi layar Anda.

Panel Kontrol NVIDIA memaksa Anda untuk mengonfirmasi pilihan Anda, sehingga Anda tidak secara tidak sengaja membalikkan layar Anda dengan cara yang membuatnya sulit digunakan.

Memutar tampilan Anda adalah salah satunya Skenario “Jika Anda memberi mouse cookie” — begitu seseorang belajar mengarahkan tampilan dengan cara yang berbeda, mereka akan memiliki satu dari dua pemikiran. Yang pertama biasanya “Akan lucu untuk membalikkan tampilan teman saya sehingga mereka tidak dapat menggunakan komputer mereka dengan benar.” Yang kedua adalah “Sekarang saya membutuhkan monitor untuk mode potret!”

Jika Anda akan meletakkan monitor dalam mode potret, pastikan Anda mendapatkan monitor yang memiliki dudukan yang memungkinkannya berputar.

Itulah berita seputar Cara Memutar Layar PC Anda (atau Memperbaiki Layar Samping), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.