Cara Memutar Spotify Melalui USB di Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Spotify adalah salah satu layanan streaming musik paling populer, dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin memutar konten Spotify melalui ponsel Android yang tersambung ke USB? Apakah itu mungkin? Dengan lebih dari 50 juta lagu di platform ini, selalu ada sesuatu untuk semua orang. Selain itu, aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang bersih yang memudahkan untuk menemukan musik baru.

Tetapi bisakah Anda memainkan Spotify melalui kabel USB di Android? Jawaban singkatnya adalah ya—namun hanya dengan koneksi yang benar.

Jenis kabel yang diperlukan bergantung pada apakah ponsel cerdas Anda memiliki port USB Type-C atau port micro-USB. Misalnya, jika ponsel Anda memiliki port micro-USB, Anda memerlukan kabel micro-USB untuk menyambungkannya ke sistem audio atau stereo mobil. Di sisi lain, jika ponsel Anda memiliki port Type-C (sering disebut sebagai “USB-C”), Anda memerlukan kabel Type-C yang kompatibel untuk menyambungkannya ke perangkat audio.

Dengan beberapa kabel, Android Anda perangkat dikenali sebagai perangkat penyimpanan, dan Anda hanya dapat mengakses file dan musik yang disimpan langsung di sistem file internal ponsel.

Cara Memutar Spotify ke Sistem Audio Anda Dengan Kabel USB

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki yang berikut ini:
Yang benar Kabel USB untuk perangkat Anda. Versi terbaru aplikasi Spotify terpasang di perangkat Android Anda. Setelah Anda memiliki semua item yang diperlukan, ikuti petunjuk ini untuk memulai streaming musik dari Spotify ke sistem audio Anda:
Pasang salah satu ujung kabel USB Android ke port pengisian daya ponsel atau tablet Anda. Kemudian colokkan ujung lainnya ke USB di perangkat audio Anda. Buka aplikasi Spotify dan pilih lagu, album, artis, atau daftar putar. Item yang dipilih akan mulai diputar melalui speaker apa pun yang terhubung ke perangkat Android Anda. Untuk mengontrol pemutaran tanpa membuka aplikasi setiap saat, Anda dapat menggunakan tombol fisik (jika tersedia) di speaker/perangkat audio yang terhubung. Untuk kenyamanan lebih, Anda dapat menggunakan perintah suara melalui asisten virtual seperti Asisten Google, Siri, Alexa, dll. Perlu diingat bahwa sementara Spotify bekerja melalui port AUX (juga dikenal sebagai 3,5 mm), Spotify harus menggunakan output AUX untuk memainkan suara. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kabel AUX-AUX daripada kabel USB-AUX. Meskipun Anda tidak akan memutar melalui port USB di ponsel, memutar melalui port 3,5 mm seharusnya berfungsi. saat Anda mengemudi. Tetapi jika mobil Anda tidak memiliki Bluetooth atau port tambahan, bagaimana Anda menyalakan musik? Anda dapat menggunakan perangkat USB Android untuk memutar Spotify di mobil Anda.

Mari kita lihat cara kerjanya:
Colokkan ujung micro-USB kabel ponsel Anda ke port di ponsel Anda, lalu colokkan ujung lainnya ke port USB di mobilmu. Lokasi pasti pelabuhan dapat bervariasi tergantung pada merek dan model kendaraan Anda, jadi bacalah manual pemilik Anda jika diperlukan. Setelah menyambungkan kedua ujung kabel, Anda mungkin melihat pemberitahuan di perangkat Android Anda yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan mode transfer media. Ketuk “OK” untuk mengonfirmasi. Setelah semuanya dimuat dengan benar, Anda dapat mulai mendengarkan. Pilih lagu atau daftar putar yang Anda suka dan tekan “Mainkan”. Musik sekarang akan mulai streaming melalui speaker mobil Anda. Sebagai bonus, semua kontrol biasa—penyesuaian volume, melompati trek, dll.—masih tersedia saat mendengarkan melalui stereo mobil, jadi jangan ragu untuk menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Ingatlah bahwa semua perubahan kontrol harus berasal dari aplikasi itu sendiri; itu tidak dapat dibuat di antarmuka radio di dasbor mobil Anda.

Jika radio mobil Anda tidak memiliki port USB, Anda dapat beralih ke kabel 3,5 mm dan menggunakan output audio (headphone) ponsel sebagai gantinya.

Cara Memutar Spotify di Ponsel Anda Mobil via Android Auto

Jika Anda cukup beruntung memiliki sistem stereo Android Auto di mobil Anda, memainkan Spotify sangatlah mudah:
Masuk ke aplikasi Spotify di perangkat Android Anda. Sambungkan ponsel Anda ke sistem stereo mobil Anda menggunakan USB standar yang kompatibel kabel. Buka Spotify di ponsel Anda dan putar lagu atau podcast apa saja. Jika Spotify sudah diputar saat Anda mencolokkan ponsel, Spotify akan terus diputar tanpa gangguan selama kedua perangkat tetap menyala.
Untuk menghindari masalah konektivitas, pastikan ponsel Android Anda menjalankan Android 5 (Lollipop) atau yang lebih baru.

Yang Harus Dilakukan Saat Anda Tidak Dapat Memutar Spotify Melalui USB Android

Terkadang Anda mungkin mengalami saat yang membuat frustrasi ketika daftar putar Spotify Anda tidak dapat diputar meskipun semuanya tampak baik-baik saja di bagian depan koneksi. Ini bisa sangat menjengkelkan, terutama jika Anda berada di tengah sesi jam yang hebat.

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah umum pemutaran Spotify di perangkat Android:

Perbarui Perangkat Anda

Sebelum mencoba solusi lain, penting untuk memastikan bahwa aplikasi Spotify dan perangkat lunak perangkat seluler Anda menjalankan versi terbaru yang tersedia. Perangkat lunak

yang kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah kompatibilitas yang mencegah streaming musik berfungsi dengan baik. Untuk memeriksa pembaruan, buka Google Play Store dan cari “Spotify.” Jika pembaruan tersedia, unduh dan instal di ponsel Anda.

Periksa Wi-Fi

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah Wi-Fi Anda berfungsi dengan baik. Sambungan Wi-Fi yang lemah atau terputus dapat menghentikan pemutaran Spotify melalui sambungan USB Anda.

Mulai Ulang Aplikasi Spotify

Terkadang yang diperlukan hanyalah memulai ulang aplikasi untuk memulihkan dan menjalankan semuanya. Untuk melakukannya di perangkat Android:
Buka “Pengaturan” > “Aplikasi & notifikasi” > “Lihat semua aplikasi”. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Spotify. Ketuk “Paksa Berhenti.” Buka kembali aplikasi dan coba sambungkan lagi ke Spotify. Aplikasi Tidak Digunakan

Menjalankan terlalu banyak program sekaligus dapat memicu masalah dengan pemutaran USB di Spotify.

Untuk menutup program lainnya:
Buka “Pengaturan” > “Aplikasi & pemberitahuan” > “Lihat semua aplikasi”. Pilih setiap aplikasi satu per satu dan ketuk “Paksa Berhenti ” jika terbuka (Anda tidak perlu menghentikan paksa aplikasi sistem).
Coba Kabel USB Lain

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil, mungkin ada baiknya mencoba kabel USB lain. Terkadang kabel yang rusak dapat mengganggu streaming audio dari sumber eksternal seperti smartphone atau tablet.

Mulai Ulang Perangkat Anda

Jika semuanya gagal, coba mulai ulang perangkat Anda. Ini akan membantu mengatasi masalah sementara yang menyebabkan masalah saat menghubungkan ke Spotify melalui USB.

Setelah memulai ulang, coba sambungkan lagi dan lihat apakah berfungsi.

Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Memilih Kabel

Bahkan jika sistem audio atau stereo mobil Anda mendukung koneksi USB, Anda tetap membutuhkan kabel USB yang benar. Saat memilih kabel yang akan digunakan, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya.

Pertama, pastikan kabel tersebut mendukung kecepatan transfer data berkecepatan tinggi (mis., 10 Gbps).

Kedua, pastikan kabel tersebut disertifikasi oleh pabrikan atau pihak ketiga pihak, seperti Sertifikasi USB-IF atau Sertifikasi CE (untuk pasar Eropa).

Terakhir, pastikan kabel dirancang khusus untuk perangkat seluler. Kabel generik mungkin tidak cocok dan dapat menyebabkan masalah kompatibilitas saat menghubungkan smartphone dengan sistem audio eksternal atau stereo mobil.

Berbagi Judul atau Podcast Spotify Terbaik Anda Dengan Teman dan Keluarga

Ketika ingin menikmati musik favorit, memiliki kontrol penuh atas pengalaman audio Anda dapat membuat semua perbedaan. Itulah mengapa menghubungkan Spotify langsung ke sistem audio dengan kabel USB merupakan opsi yang sangat menarik bagi pecinta musik.

Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk berpindah dari lagu ke lagu tanpa mengandalkan koneksi Bluetooth yang berpotensi tidak dapat diandalkan dan memberikan kualitas suara yang jauh lebih konsisten daripada metode alternatif.

Apakah Anda nge-jam di kamar atau menghibur teman di pesta berikutnya, menggunakan speaker melalui USB memastikan semua orang dapat berbagi pengalaman mendengarkan dan menikmati lagu favorit mereka.

Sudahkah Anda mencoba memainkan Spotify melalui USB Android menggunakan salah satu metode yang dibahas dalam artikel ini? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.