Cara Menambahkan Aplikasi ke Sony Smart TV

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Meskipun Sony TV menawarkan berbagai fitur menarik, menginstal aplikasi baru akan memungkinkan Anda membuka lebih banyak kemungkinan. Mungkin Anda tidak puas dengan program TV tradisional dan mendambakan variasi konten yang hanya dapat disediakan oleh layanan streaming seperti Netflix atau Disney Plus. Anda juga mungkin mencari musik berkualitas, produktivitas, atau aplikasi sistem. Apa pun masalahnya, Anda dapat dengan mudah menambahkan aplikasi yang diinginkan ke Sony TV, apa pun modelnya. Baca terus untuk mempelajari caranya.

Menambahkan Aplikasi di Sony Smart TV

Model Sony TV yang lebih baru adalah Smart TV, artinya mereka menggunakan sistem operasi Android dari Google. Dengan demikian, mereka datang dengan Google Play Store yang sudah diinstal sebelumnya. Memasang aplikasi di TV praktis semudah mengunduh aplikasi baru ke perangkat Android. Persyaratan dasarnya juga sama – Anda memerlukan koneksi internet yang stabil dan akun Google.

Namun, ada batasan tertentu yang perlu diingat:
Tidak semua aplikasi kompatibel dengan TV Anda.Tidak semua aplikasi gratis.Aplikasi berbayar memerlukan penautan kartu kredit ke akun Google Anda atau menggunakan kartu hadiah Google Pay prabayar.
Proses penginstalan akan sedikit berbeda bergantung pada jenis Smart TV Anda. Sony menambahkan TV Android ke jajaran mereka pada tahun 2015, sementara Google TV (jangan bingung dengan sistem operasi Google TV lama) bergabung dengan mereka pada tahun 2021. Jika aplikasi dan layanan terintegrasi mereka tidak menarik bagi Anda, Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak variasi ke Sony Android atau Google TV Anda.

Cara Menambahkan Aplikasi ke Sony Android TV

Karena Google Play sangat penting untuk menambahkan aplikasi baru ke Sony TV Anda, langkah pertama adalah mengakses toko. Bergantung pada sistem operasi Android Anda, ini mungkin membutuhkan waktu tidak lebih dari dua atau tiga klik.

Berikut cara mengakses Google Play Store di sebagian besar Sony Smart TV:
Tekan tombol “Home” pada remote TV Anda. Navigasikan ke “Apps” kategori.Pilih aplikasi “Google Play Store”.
Aplikasi ini tidak akan langsung terlihat di semua TV dengan versi Android 8.0 dan beberapa model Android 9.0. Jika TV Anda termasuk dalam kategori ini, lakukan hal berikut:
Klik tombol “Aplikasi” di layar beranda TV. Buka opsi “Dapatkan lebih banyak aplikasi”.
Setelah Anda mengakses toko, Anda dapat menelusuri aplikasi yang tersedia menggunakan tombol navigasi pada remote control TV Anda. Jika Anda sudah memiliki aplikasi dalam pikiran, gunakan ikon “Cari” untuk mencarinya.

Jika Anda tidak melihat ikon “Cari”, tekan panah atas pada remote Anda, dan ikon tersebut akan muncul di layar. Setelah mengkliknya, kolom input akan muncul di bagian atas layar Anda. Ada dua cara untuk memasukkan nama aplikasi yang ingin Anda unduh:
Pencarian suaraKeyboard di layar
Jika Anda menggunakan rute yang lebih nyaman, berikut cara menemukan aplikasi menggunakan pencarian suara:
Navigasikan ke ikon mikrofon di sisi kanan bidang input.Tekan tombol “Enter” di remote Anda.Setelah mikrofon berubah warna, sebutkan nama aplikasi yang Anda cari.
Warna dan bentuk ikon mikrofon mungkin berbeda tergantung pada model TV atau Android Versi: kapan. Biasanya, ikon akan mulai berwarna putih dan berubah menjadi merah setelah pencarian suara diaktifkan.

Jika fungsi pencarian suara tidak diaktifkan di TV Anda atau tidak memberikan hasil yang akurat, Anda dapat mencoba menggunakan keyboard di layar . Metode ini sedikit lebih membosankan karena memerlukan navigasi ke setiap huruf satu per satu.

Untuk mengakses keyboard ini, cukup masuk ke kolom input dan tekan tombol “Enter” pada remote Anda. Jika keyboard tidak muncul di bagian bawah layar, coba metode alternatif:
Jika ikon mikrofon Anda berwarna putih, tekan tombol panah kanan di remote sekali. Jika ikon mikrofon berwarna merah, tekan tombol yang sama dua kali.
Setelah memasukkan setiap huruf dari nama aplikasi dengan tombol panah dan tombol “Enter” pada remote Anda, navigasikan ke tombol “Cari” di layar Anda.

Aplikasi yang sesuai dengan input Anda akan muncul di layar, terlepas dari metode pencarian Anda. Gunakan panah navigasi pada remote untuk memilih aplikasi yang diinginkan dan tekan “Enter” untuk membuka halaman aplikasi. Dari sana, pilih opsi “Instal”.

Setelah aplikasi diinstal, Anda dapat mengaksesnya dari beranda atau melalui ikon “Aplikasi”.

Cara Menambahkan Aplikasi ke Sony Google TV                         

Di Google TV, seluruh layar beranda pada dasarnya berfungsi sebagai Google Play Store. Jadi, Anda dapat langsung mulai menelusuri aplikasi.

Jika Anda ingin menemukan aplikasi baru, ikuti langkah-langkah berikut:
Gulir ke tab “Aplikasi” di layar utama Google TV.Gunakan panah navigasi untuk menjelajahi aplikasi yang tersedia.
Aplikasi dipecah menjadi beberapa kategori, seperti Hiburan, Olahraga, dan Musik & Audio. Ada juga kategori “Aplikasi dari perangkat saya yang lain” yang praktis. Namun, jika Anda mencari aplikasi tertentu, Anda tidak perlu membuang waktu untuk menjelajahi lautan pilihan yang tersedia. Inilah yang harus dilakukan sebagai gantinya:
Tekan tombol “Asisten Google” pada remote control Anda. Ucapkan nama aplikasi yang ingin Anda instal.
Laman aplikasi akan muncul di layar Anda, asalkan aplikasi tersebut didukung oleh model TV Anda. Dari sana, cukup pilih tombol Instal untuk menambahkan aplikasi ke TV Sony Anda.

Anda juga dapat mencari aplikasi menggunakan keyboard di layar alih-alih pencarian suara:
Tekan tombol “Home” di remote Anda.Navigasikan ke “ Cari” di bagian atas halaman. Pilih bidang input dan tekan “Enter” untuk menampilkan keyboard. Gunakan tombol panah untuk mengetik nama aplikasi. Pilih aplikasi yang diinginkan dan klik “Enter.”
Tambahkan Aplikasi ke Sony TV Tanpa Google Play

Jika Anda tidak dapat mengakses Google Play Store atau aplikasi menampilkan pesan kesalahan, ada cara alternatif untuk menambahkan aplikasi ke TV Sony Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah PC yang terhubung ke internet, stik USB, dan file Paket Android (APK) aplikasi.

Anda dapat mengunduh file APK dari Google Play Store dengan dua cara:
Menggunakan ekstensi browser, seperti Pengunduh APKMenggunakan situs web APKPure
Jika Anda menginstal ekstensi, opsi “Unduh APK” akan muncul di halaman aplikasi di Google Play Store. Atau, Anda dapat menyalin alamat URL aplikasi dan menempelkan tautan ke kotak pencarian di sudut kanan atas situs web app.

Anda juga dapat mengunjungi situs web pihak ketiga seperti APKMirror dan mengunduh file yang diinginkan secara langsung.

Setelah Anda mengunduh yang diperlukan APK, transfer ke TV Sony Anda menggunakan stik USB. Setelah stik USB dimasukkan, folder file akan muncul di layar. Klik pada file tersebut, dan penginstalan akan dimulai secara otomatis.

Tambahkan Aplikasi ke TV Sony Lama

Tidak seperti Smart TV, model Sony lama tidak dilengkapi dengan OS Android dan akibatnya, Google Play Store. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengunduh aplikasi Google Play ke model ini. Namun, Anda dapat menemukan solusinya dengan menggunakan beberapa dongle atau kotak streaming yang menawarkan kemampuan untuk menginstal dan menikmati berbagai aplikasi di TV Sony Anda. Metode alternatif untuk menambahkan aplikasi ini hanya mengharuskan TV Anda memiliki port HDMI.

Amazon Fire TV Stick

Fire TV Stick adalah perangkat streaming media yang mengubah TV biasa menjadi Smart TV. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan streaming video, memutar musik, dan menginstal aplikasi baru di Sony TV.

Roku Streaming Stick

Roku Streaming Stick adalah perangkat portabel yang menawarkan beragam opsi streaming. Di antara banyak fitur, Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan aplikasi ke TV Sony Anda. Perlu dicatat bahwa pabrikan mengklaim bahwa perangkat ini harus kompatibel dengan TV apa pun dengan port HDMI. Namun, beberapa pengguna mengalami masalah saat menggunakan Roku Streaming Stick 4K di TV non-4K. Jadi, Sony TV yang lebih lama mungkin memerlukan versi stik yang lebih lama.

Chromecast

Chromecast adalah adaptor media streaming Google yang dirancang untuk mentransmisikan konten apa pun dari ponsel cerdas, tablet, PC, atau laptop ke TV Anda. Intinya, dongle praktis ini memungkinkan Anda menggunakan perangkat sekunder sebagai remote control untuk Sony TV.

Meskipun Chromecast tidak mengizinkan Anda memasang konten di TV secara permanen, ini adalah cara terbaik untuk menikmati aplikasi favorit di layar lebar.

Berpikir di Luar Kotak

Dengan aplikasi baru dan menarik yang keluar setiap hari, mengapa membatasi diri Anda pada pilihan bawaan di TV Sony Anda? Meskipun TV Anda tidak dilengkapi dengan aplikasi apa pun, Anda dapat dengan cepat mengubahnya menjadi kumpulan konten dengan perangkat streaming media. Metode apa pun untuk menambahkan aplikasi baru yang dibutuhkan TV Anda, prosesnya sederhana, dan hasil akhirnya adalah hiburan yang tiada habisnya. Sudahkah Anda mencoba mengunduh aplikasi di TV Anda? Aplikasi TV apa yang harus Anda miliki? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.